Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Virus Covid B1617 Jenis Baru Ada Di Palembang Sejak Januari

Virus Covid B1617 Jenis Baru Ada Di Palembang Sejak Januari

Palembang, Variasi Covid B1617 asal India dijumpai sudah berada di Palembang, Sumatera Selatan semenjak Januari 2021.

Wakil Ketua Penyakit Infeksi Emerging RSUP Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang Harun Hudari menjelaskan, pengecekan laboratorium pada variasi covid B1617 itu lewat cara yang panjang hingga baru dipublikasikan belakangan ini oleh Kementerian Kesehatan.

“Empat pasien dengan perubahan Covid B1617 ini telah dirawat semenjak Januari di RSMH. Tetapi karena pengecekan untuk pastikan variasi ini panjang, karena itu baru dipublikasikan pada 8 Mei ini. Pasiennya orang Sumsel, saat ini telah bagus, telah pulang,” tutur Harun, Senin (10/5).

Harun menerangkan variasi B1617 ini mempunyai tingkat beresiko dan fatalitas yang serupa, tetapi bisa lebih cepat menebar karena perubahan double yang mengakibatkan dapat menebar 2x bisa lebih cepat dibanding variasi yang lain.

“Tetapi selama ini mereka yang sudah terkena variasi baru ini dapat pulih cukup dengan karantina mandiri. Untuk umur rawan dan pasien penyakit komorbid mempunyai risiko tinggi kematian jika terkena sama dengan Covid-19 yang lain,” lebih Harun.

Orang yang pernah pulih dari Covid-19 atau orang yang telah divaksinasi juga masih rawan terkena bergantung efikasi vaksin yang diterimanya.

“Karena telah ada semenjak Januari, kemungkinan variasi ini telah banyak menebar. Tetapi ada atau tidaknya variasi ini, jika kita lupa masih tinggi tingkat kematian Sumsel ini,” tutur ia.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Kepala Seksi Imunisasi dan Surveylans Dinas Kesehatan Sumsel Yusri berkata, pihaknya masih lakukan penyidikan dan check silang data berkaitan kisah penyebaran, tanda-tanda, dan contact paling dekat.

“Kami tidak dapat pastikan ada berapakah variasi B1617 di Sumsel, yang jelas ada 4 orang yang diverifikasi Kemenkes. Kita tidak dapat memprediksi karena harus berbasiskan riset laboratorium,” tutur Yusri.

Pihaknya juga masih menanti laporan dari team Satuan tugas Pengatasan Covid-19 Palembang berkenaan tracing yang dilaksanakan pada empat kasus variasi baru Covid-19 itu.

Terpisah, Kasi Penangkalan dan Pengaturan Penyakit Menyebar Dinkes Palembang Yudhi Setiawan mengutarakan, selama ini proses tracing ke contact paling dekat dari 4 orang yang terkena variasi Covid-19 B1617 itu belum jalan karena belum mempunyai informasi sah berkaitan variasi baru itu.

“Masih juga dalam proses pembuatan sisi surveylans, tehnis pencarian tidak dapat dilaksanakan. Bila menyaksikan dari data Dinkes Sumsel, selama ini proses pencarian pada pihak sekitaran belum jalan karena verifikasi terang tidak dapat dirincikan . Sehingga tracing tidak bisa diumumkan dari sisi surveylans,” ungkap ia.

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

Jangan Terlewatkan

Ramadhan

Sampai saat ini pandemi covid-19 belum menunjukan akan segera berakhir, apalagi dalam kondisi di akhir ramadhan 2021 ini. Maka untuk memutus mata rantai penularan,...

Umum

PEKANBARU – Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Kabar duka ini langsung disampaikan oleh dr Diana Tabrani, pengelola Rumah Sakit Tabrani, Pekanbaru, bahwa Ustadz...

Advertisement