UNSUR MANAJEMEN BISNIS

UNSUR MANAJEMEN BISNIS

UNSUR MANAJEMEN BISNIS

UNSUR MANAJEMEN BISNIS

Dalam menjalankan suatu bisnis

terdapat enam unsur manajemen yang berpengaruh besar untuk mencapai keberhasilan. Keenam unsur tersebut berkaitan satu sama lain. Jika salah satu tidak terpenuhi maka mempersulit perusahaan mencapai visi dan misi serta targetnya. Oleh karena itu semua unsur manajemen bisnis ini tidak dapat dipisah-pisahkan.

Unsur utamanya yakni manusia yang memegang kontrol penting terhadap unsur lainnya. Tanpa sumber daya manusia, perusahaan tidak dapat membuat tujuan dan rencana bisnis. Tidak ada perusahaan di dunia ini yang berjalan tanpa sumber daya manusia. Sebab, sumber daya manusia dapat berfikir dan berdiskusi untuk mengambil keputusan penting dalam bisnis.

Unsur kedua yakni uang yang digunakan sebagai modal mendirikan bisnis. Modal merupakan hal krusial sebagai langkah awal membangun usaha. Selain itu, uang berfungsi sebagai alat tukar dan alat pengukur nilai. Tingginya nominal keuntungan yang didapat dalam bisnis umumnya merupakan salah satu target pelaku usaha.

Keberhasilan target bisnis umumnya diukur dari besarnya income berupa uang dan yang beredar dalam kas perusahaan. Uang membantu pelaku bisnis memperhitungkan pendapatan secara rasional. Unsur kedua tersebut juga digunakan untuk membeli alat pendukung bisnis barang atau jasa dan gaji karyawan.

Unsur ketiga yakni bahan yang diproduksi jika itu berkaitan dengan perusahaan barang. Berbeda dengan perusahaan jasa, bahan merupakan pendukung dalam melayani konsumen. Bahan sendiri dibedakan menjadi dua yaitu bahan jadi dan bahan setengah jadi. Sehingga perusahaan atau pelaku usaha dapat memprediksi kesusahan atau keuntungan diperoleh dari bahan tersebut.

Unsur keempat yakni metode bisnis yang ditetapkan oleh perusahaan atau pelaku bisnis. Metode kerap kali disamakan dengan strategi. Metode digunakan manajemen dalam bidang bisnis agar mendukung kegiatan bisnis lebih efektif dan efisien. Antar divisi satu dengan yang lain harus menerapkan metode yang berkesinambungan agar seluruh karyawan dapat bekerja berdampingan.

Unsur kelima yakni pasar merupakan unsur terakhir dan sering disebut sebagai target. Dengan mengetahui kondisi pasar, pebisnis atau perusahaan dapat menemukan permintaan konsumen. Analisis pasar barang atau jasa harus menggambarkan permintaan masyarakat. Sehingga proses produksi menyesuaikan dengan pasar dan membuat strategi untuk menggaet konsumen.


Sumber: https://www.inntrance.net/patchwork-apk/