Ultraviolet, Sistem Anti-pembajakan Baru

Ultraviolet, Sistem Anti-pembajakan Baru

Ultraviolet, Sistem Anti-pembajakan Baru

Sebuah tim besar yang terdiri dari pemain-pemain teknologi, film, dan industry kelas kakap telah bergabung untuk memulai standar system baru anti pembajakan. Digital Entertainment Content Ecosystem (DECE), saat ini sedang menguji coba teknologi “loker digital”.

Teknologi baru ini diberi nama UltraViolet dan pengujian beta akan mulai musim gugur ini, sedangkan rincian spesifikasi dan perizinan diharapkan akan siap pada akhir 2010. DECE telah bekerja sejak tahun 2008, tetapi baru bisa mengumumkannya awal tahun ini pada ajang Consumen Electronics Show (CES).

Pada ajang CES, DECE menggambarkan rencana untuk menetapkan standar enkripsi video yang akan memungkinkan pengguna untuk mengambil konten dari perangkat ke perangkat, tanpa harus mengorbankan DRM.

Idenya adalah membiarkan pengguna untuk menggunkan konten mereka pada sejumlah perangkat, sementara otentikasi dilakukan setiap kali pengguna ingin menonton video pada perangkat baru di Digital Right Locker berbasiskan komputasi awan.

Konsep ini akan membebaskan pengguna dari ketidakmampuan menggunakan kontennya pada perangkat lain. Konsep ini juga masih memungkinkan penyedia konten mengatur bagaimana, dan kapan konten dikonsumsi.

Kelompok DECE beranggotakan pemain kelas berat industri hiburan,  seperti Warner Bros, NBC Universal, Sony, Fox, Microsoft, Intel, Cisco, Netflix, Adobe, DivX dan sebagainya.

Hanya Apple dan Disney yang belum bergabung. Keduanya adalah pemain kunci di dunia distribusi digital yang berkembang pesat. Disney bekerja pada format otentikasi portable yang disebut KeyChest, dan Apple sangat setia pada skema DRM-nya sendiri (Fairplay). Aliansi ini telah merambah ke hampir 60 perusahaan. Mudah-mudahan perusahaan yang berpartisipasi ini mampu menciptakan sebuah system yang elegan dan mudah digunakan untuk mencapai tujuan ambisius mereka.

Lagipula, format video platform agnostic yang tidak tergantung pada teknologi streaming kelihatannya menarik. Tapi tanpa partisipasi dari media player portable yang paling populer di pasar, UltraViolet diperkirakan umurnya tidak akan lama.

Baca Juga :