Don't Show Again Yes, I would!

Tujuan Koperasi

Table of contents: [Hide] [Show]

Terbaru.co.id, Tujuan Koperasi. Koperasi adalah kegiatan berlandaskan ekonomi kerakyatan, yaitu dibentuk oleh warga masyarakat (dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk kepentingan rakyat). Koperasi harus bermanfaat orang banyak, karena asas koperasi sendiri adalah asas kekeluargaan, yaitu harus ada rasa saling percaya antara antaranggota koperasi itu sendiri.
Pendirian koperasi tentu saja dilatarbelakangi oleh beberapa hal. Salah satunya adalah keinginan pemerintah agar terciptanya kemendirian warga masyarakan di bidang ekonomi. Pemerintah tentu sudah memikirkan apa fungsi koperasi bagi masyarakat. Karena tidak mungkin mendirikan sebuah badan usaha tanpa menimbang manfaat kedepannya. Bahkan, fungsi koperasi itu kemudian dilegalkan dalam UU No. 25 tahun 1992 Pasal 4 tentang fungsi koperasi.
Biasanya para anggota koperasi memanfaatkannya untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari sehingga memudahkan pencapaian kesejahteraan hidup. Oleh karena itu, sebelum menjadi anggota koperasi sebaiknya memiliki beberapa pengetahuan mengenai sejarahnya ataupun hal lain berkaitan dengannya.
Pengetahuan mengenai sejarah koperasi maupun hal lain dapat kita peroleh serta ketahui melalui berbagai sumber, baik sumber online maupun non-online.  Dengan alasan memiliki arti penting bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, koperasi mengalami perkembangan secara cepat dan menerima tanggapan positif.
Koperasi telah dikenal dan dikembangkan di berbagai wilayah, baik di dalam negeri (Indonesia) maupun luar negeri. Alasannya yaitu awal didirikannya koperasi berasal dari ide/pemikiran oranng-orang di luar Indonesia. Namun demikian, perkembangan koperasi bak jamur di musim hujan di berbagai wilayah negara-negara di dunia ini, utamanya di negara industri maupun berkembang.

Tujuan Koperasi

Tujuan utama Koperasi Indonesia adalah mengembangkan kesejahteraan anggota, pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Koperasi Indonesia adalah perkumpulan orang-orang, bukan perkumpulan modal sehingga laba bukan merupakan ukuran utama kesejahteraan anggota. Manfaat yang diterima anggota lebih diutamakan daripada laba. Meskipun demikian harus diusahakan agar koperasi tidak menderita rugi. Tujuan ini dicapai dengan karya dan jasa yang disumbangkan pada masing-masing anggota.
“Keanggotaan Koperasi Indonesia bersifat sukarela dan didasarkan atas kepentingan bersama sebagai pelaku ekonomi. Melalui koperasi, para anggota ikut, secara aktif memperbaiki kehidupannya dan kehidupan masyarakat melalui karya dan jasa yang disumbangkan. Dalam usahanya, koperasi akan lebih menekankan pada pelayanan terhadap kepentingan anggota, baik sebagai produsen maupun konsumen. Kegiatan koperasi akan lebih banyak dilakukan kepada anggota dibandingkan dengan pihak luar. Oleh karena itu, anggota dalam koperasi, bertindak sebagai pemilik sekaligus pelanggan.”(SAK,1996:27.1)
Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Pasal 3 tujuan koperasi Indonesia adalah “koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945”.

Share:

Jordan Permana (Editor)

Halo, perkenalkan saya merupakan owner dari Terbaru Online. Silahkan kontak kami untuk bekerjasama melalui website ini

Leave a Reply