Connect with us

Hi, what are you looking for?

Teknologi

Tommorow Menjadi Fitur Baru Twitter, Hadirkan Info Cuaca

Tommorow Menjadi Fitur Baru Twitter

Dalam waktu dekat, twitter akan memperkenalkan fitur terbarunya yaitu berupa informasi cuaca lokal. Fitur baru twitter ini dinamakan Tommorow. Prakiraan cuaca pun akan muncul pada beranda twitter nantinya.

Fitur ini diluncurkan atas kerjasama twitter dengan para jurnalis senior dan meteorologis bernama Eric Holthaus. Fitur berupa layanan cuaca ini, bisa diakses secara gratis maupun berbayar. Twitter akan mengenakan biaya sebesar US$10 untuk layanan berbayar.

Ini adalah kumpulan penulis dan pakar terbesar yang pernah kami luncurkan bersama,” kata Wakil Presiden Produk Twitter, Mike Park, seperti dikutip Axios.

Holthaus akan menjadi pengisi konten cuaca besutan Twitter ini. Dahulunya ia sering menulis terkait cuaca selama bertahun-tahun untuk publikasi seperti Grist, The Wall Street Joural, Slate.

Saat ini dia merupakan satu-satunya pegawai untuk mengurus konten cuaca Twitter. Namun, ke depan ia akan merekrut 20-20 penulis cuaca dan 4 staf paruh waktu dan 18 meteorologis lokal.

Mereka akan membuat dan produksi buletin dan konten eksklusif berbentuk long-form di Twitter melalui platform buletin (news-letter) Revue yang baru diakuisisi layanan media sosial ini.

Sementara konten pendek akan disiarkan lewat sesi audio dan live audio di Twitter Spaces. Layanan Spaces ini juga menyediakan layanan tanya jawab dengan peserta.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Saat layanan tanya jawab dibuka, pelanggan bisa mengajukan pertanyaan tanpa batas jika ada berita cuaca terbaru, misal jika terjadi badai dan hurikan. Pertanyaan akan dijawab oleh ahli meteorologi dan pakar iklim.

Strategi ini disebut sebagai strategi Twitter untuk mendapat sumber pendapatan selain dari iklan yang selama ini jadi pemasukan utama perusahaan itu.

Bulan lalu, Twitter membuat layanan sistem tiket buat para pembuat konten di layanan itu untuk mendapat uang dari konten Spaces mereka.

Twitter juga disebut akan meluncurkan layanan berbayar Twitter Blue kepada pengguna. Dengan berlangganan Twitter Blue, pengguna tak akan melihat iklan dan bisa membatalkan cuitan yang sudah terkirim, seperti dilaporkan TechSpot.

Layanan ini diluncurkan hari ini di 16 kota di Amerika Utara seperti Amerika Serikat (Boston, New York City, Atlanta, San Francisco, Washington D.C., Detroit, San Antonio, Dallas/Ft. Worth, Houston, Chicago, Minneapolis, Philadelphia, Portland), Kanada (Toronto) dan Republik Dominika, seperti dilaporkan pertama oleh Axios.

Pada masa awal ini, pertanyaan dari pelanggan harus dikirim lewat email, tapi ke depan Holthaus menyebut sistem Revue bisa digunakan ke depannya. Tidak dijelaskan akan seperti apa konten cuaca gratis yang akan diberikan Twitter.

Layanan ini diluncurkan sebab Twitter sejak lama memang digunakan sebagai platform yang paling dicari untuk mencari berita terbaru (breaking news). Perbincangan tentang cuaca di Twitter juga sudah menjadi perbincangan yang intensif dilakukan di platform ini.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Park menyebut bisa membuat lebih banyak kolaborasi dengan para jurnalis ke depannya. “Kami ingin membuat menulis online jadi menyenangkan kembali,” jelasnya.

Layanan Tomorrow ditargetkan bisa diakses ada di 50 negara pada akhir tahun. Twitter juga menargetkan untuk hadir di negara dimana layanan cuaca kurang populer seperti India dan Brasil pada 2022.

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

Jangan Terlewatkan

Advertisement