Connect with us

Hi, what are you looking for?

Budaya

Tinjauan Ilmu Sosial Dasar Dan Pengertiannya

ilmu sosial dasar

Ilmu sosial dasar merupakan suatu organisasi atau manajemen bentuk dari pengetahuan yang bersumber dari masalah-masalah sosial yang yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. Ilmu sosial dasar memiliki skop ilmu tersendiri dan tidak termasuk dalam penggabungan ilmu-ilmu sosial lainnya dalam satu kesempatan bahasan.

Tindakan dan perilaku sosial yang terjadi di masyarakat secara nyata merupakan bentuk abstrak dari tingkah pola kehidupan sosial yang pada pembelajaran ilmu sosial dasar dikupas secara teperinci dan poin-per poin dalam bentuk deskriptif.

Pengertian Ilmu Sosial Dasar

Pengertian sosial

Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori-teori (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah).

Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.

Sasaran dari Mempelajari Ilmu Sosial dasar

  • Untuk mengetahui sekaligus meneliti aspek-aspek masalah sosial dalam kehidupan nyata yang dialami oleh masyarakat bahwa kemudian segala rutinitas yang dilakukan oleh masyarakat dalam ilmu sosial dasar meupakan masalah sosial yang tidak terbantahkan sama sekali.
  • Dalam contoh kehidupan bermasyarakat di Indonesia tentunya yang di bangun dalam kemajemukan bangsa yang kompleks. Penting sekali meletakkan tujuan dari pola pikir dan tindakan yang ada di masyarakat yang menyebabkan perselisihan karena adanya keanekaragaman kelompok-kelompok dan kesatuan sosial lainnya yang mempunyai kepentingan masing-masing.

Ilmu sosial budaya dasar mempelajari itu semua untuk menemukan formulasi yang mampu di terapkan dalam kehidupan majemuk tadi sehingga tercapainya tujuan masyarakat berbudaya dan berkehidupan sosial yang baik.

Berbagai Masalah yang Terjadi pada Ruang Lingkup Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat

sosial dasar

Dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara, perlu dibangun sekiranya sikap berbudaya dalam keseharian kehidupan bermasyarakat secara menyeluruh.

Masalah-masalah budaya pada pengertiannya yang bisa kita pahami secara sederhana adalah keseluruhan sistem dari kehidupan yang dijalani oleh masyarakat. Hal tersebut berdasar pada tatanan nilai atau sikap mental individu atau kelompok masyarakat, pola pikir yang dikembangkan, dan tingkah laku yang menjadi cerminan dalam berbagai segi kehidupan yang boleh jadi tidak memuaskan bagi masyarakat secara menyeluruh.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Secara lebih mudah, dalam memahami masalah budaya yang ada dalam masyarakat yang merupakan tata nilai kehidupan yang berjalan yang dapat menimbulkan persoalan-persoalan kehidupan bermasyarakat serta timbulnya dehumanisasi dari akibat itu semua. Dalam literatur, masalah budaya selanjutnya ditemukan masalah-masalah budaya yang mencakup:

  • Sadar atau tidak sadar bahwa berbagai aspek kehidupan yang sedang kita jalani merupakan rangkaian masalah budaya dan kemasyarakatan yang di ungkapkan secara menyeluruh.
  • Hakikat kehidupan manusia yang katanya universal mengalami masalah dalam perwujudannya.

Keanekaragaman menyebabkan timbulnya persamaaan dan perbedaan sehingga menghasilkan kelompok-kelompok yang merasa dirinya lebih baik serta kelompok-kelompok lainnya yang merasa diri mereka lebih kurang beruntung atau tidak unggul. Masalah budaya ini dapat di lihat dalam ungkapan pikiran dan tingkah laku yang ada.

Taylor, seorang ahli kebudayaan menyimpulkan budaya sebagai peradaban. Beliau menjelaskan bahwa setiap individu masyarakat yang ada diperoleh pemahaman budaya yang cakupannya meliputi kepercayaan, ilmu, moral dan etika, seni, serta hukum baik formal maupun berbentuk adat istiadat yang ada dalam satu wilayah tertentu.

Oleh karena itu, masyarakat berbudaya dapat dinilai dari faktor itu semua. Yang pada dasarnya, semua unsur yang dimaksud telah melekat dalam diri manusia sebagai makhluk sosial yang berbudaya.

Unsur Unsur Kebudayaan

Kebiasaan atau kebudayaan yang dilakukan terus menerus dan berkelanjutan, menentukan arah peradaban yang dapat dibangun oleh masyarakat tadi. Yang di dalamnya terdapat nilai-nilai yang terkandung dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, untuk melihat lebih kompleks kebudayaan tadi kita perlu meninjau unsur-unsur yang ada dalam kehidupan masyarakat yang berbudaya, ini penting sekali sebelum kita memulai mempelajari ilmu sosial dasar. Dan itu semua dapat dijabarkan sebagai berikut:

  • Unsur kebudayaan yang meliputi peraturan dan perlengakapan hidup manusia yang bersifat sekunder, primier, dan tersiar seperti pakaian, tempat tinggal, dan lain-lain yang membentuk pola kebudayaan dalam masyarakat.
  • Unsur kebudayaan yang meliputi sistem-sistem ekonomi yang di terapkan termasuk di dalamnya pemilihan dalam menentukan mata pencaharian untuk menunjang kehidupan yang ada.
  • Unsur kebudayaan yang meliputi sistem kepercayaan atau agama serta kebiasaan-kebiasan yang timbul dari itu semua.
  • Unsur kebudayaan yang meliputi sistem pengetahuan.Ilmu yang dicapai manusia merupakan bagian dari pembangunan kebudayaan seprti ilmu fisika, kimia, matematika, dan lain sebagainya.
  • Unsur kebudayaan yang meliputi penggunaan bahasa baik tulisan dan dengan pengucapan lisan.
  • Unsur kebudayaan yang meliputi nilai-nilai kesenian,misalnya seni tari,seni rupa,seni gerak,dan seni musik.
  • Unsur kebudayaan yang meliputi sistem kehidupan bermasyarakat yang di bangun.

Boleh jadi, ini juga unsur kebudayan yang menyangkut tentang negara di antaranya sistem hukum, sistem kekerabatan, dan lain-lain.

Dalam pengelompokan kebudayaan,masyarakat percaya bahwa dalam setiap tatanan kehidupan bermasyarakat yang ada, maka budaya dapat dilihat bentuk dan perwujudannya dalam beberapa kategori, yakni:

  • Wujud kebudayaan yang meliputi keseluruhan hasil fisik dari akibat perbuatan manusia dalam masyarakat yang digolongkan ke dalam wujud kebudayaan yang berbentuk kegiatan fisik. Wujud kebudayan ini bersifat kongkret sesuai apa yang bisa dihasilkan oleh masyarakat, seperti bangunan, kendaraan, dan alat-laat kebutuhan lainnya yang berhasil diciptakan oleh manusia.
  • Dalam kebudayaan dikenal juga wujud yang bersifat sosial yang merupakan produk dari tindakan terorganisasi dari manusia itu sendir. Wujud sosial dari kebudayan ini merupakan suatu sistem dari kegiatan-kegiatan setiap hari yang dilakukan oleh manusia, seperti kegiatan sekolah, kegiatan di pasar, di kantor, dan lain-lain.
  • Wujud kebudayaan selanjutnya merupakan yang bersifat abstrak atau tidak tampak. Segala sesuatu yang diyakini dan diikuti dalam hal ini tidak dapat dilihat dan diraba, serta mempunyai posisi di alam pikiran manusia masing-masing, misalnya adat istiadat, aturan-aturan tradisional yang mengikat, dan lain-lain.

Dalam konteks kehidupan bermasyarakat yang terus menerus berkembang, begitupun budaya yang terus mengalami perubahan. Hal ini dapat didasarkan pada adanya penyebaran terhadapat unsur kebudayan yang satu pada unsur kebudayaan lainnya yang dilakukan secara individu, kelompok, atau bangsa.

Perubahan Kebudayaan

Perubahan kebudayaan yang terjadi juga dapat dilihat dari penerimaan kebudayan luar terhadap kebudayaan yang sudah ada sebelumnya dan dengan kreativitas yang dimiliki oleh manusia, menjadikannya sebagai kebudayan yang baru. Perubahan kebudayaan ini sering disebut sebagai akulturasi.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Perubahan kebudayaan juga terjadi karena adanya masyarakat yang mempunyai pola kebudayan yang tidak sama dengan tempat tinggalnya sekarang, namun mampu berbaur satu sama lain sehingga tanpa disadari cepat atau lambat akan menemukan bentuk kebudayaan baru karena kedekatan yang dibangun tadi.

Nah, kesimpulannya kita dapat mengambil dapat mengambil kegunaan dari mempelajari ilmu sosial budaya dasar yang mendorong kita semua untuk lebih peka dengan membangun wawasan budaya yang lebih luas yang disesuaikan dengan pilihan profesi yang kita jalani nantinya.

Sudah sepatutnya kita lebih mengapresiasi terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dengan pendekatan budaya sehingga didapat pola yang ideal untuk membangun masyarakat yang majemuk yang hidup rukun dan santun.

Inilah yang sebenarnya kita harapkan bersama. Diperlukan dewasa ini satu sikap dari para intelektual yang ada untuk mengkaji masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan berbangsa.

Hasil kajian tersebut nantinya bisa jadi rujukan buat kita semua, terutama pemangku kekuasaan yang ada untuk mengatur pergerakan-pergerakan yang membahayakan kesatuan hidup berbangsa. Diharapkan tidak ada lagi masalah-masalah sosial yang timbul hanya karena kurangnya pemahaman terhadap nilai-nilai kebudayaan yang ada.

Penting sekali untuk selanjutnya membangun kesadaran bersama menciptakan kehidupan yang jauh dari sifat-sifat yang tidak mebangun sama sekali, contohnya anarkis, tawuran, konflik yang berujung pada kematian dan lain sebagainya. Peran pemerintah pun dijadikan penengah dalam solusi menyelesaikan persoalan-persoalan sosial yang timbul di tengah-tengah masyarakat.

Sudah sepantasnya amanah yang diberikan rakyat pada negara dalam hal ini pemerintah,dijalankan dengan penegakan hukum yang tegas, agar cita-cita sebagai bangsa yang berperadaban bisa kita wujudkan bersama-sama.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Ilmu sosial dasar yang pada kesempatan ini mengetengahkan masalah-masalah budaya sebagai pembahasan mudah-mudahan memberikan kita gambaran yang lebih jelas untuk bertindak dan bersikap sebagai negara yang berbudaya.

Ruang Lingkup Studi Ilmu Sosial Dasar

Ilmu Sosial Dasar meliputi dua kelompok utama; studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga-lembaga sosial. Yang terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yang kemudian terdiri atas ekonomi dan politik.

Sasaran Ilmu Sosial Dasar

Sasaran Studi Ilmu Sosial Dasar adalah aspek-aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah-masalah yang terwujud dari padanya.

Tujuan Ilmu Sosial Dasar

Ilmu Sosial Dasar membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dlm menghadapi manusia-manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia-manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan secara timbal balik.

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

Jangan Terlewatkan

Pendidikan

Ilmu sosial merupakan ilmu yang mempelajari berbagai masalah sosial, khususnya yang dipersepsikan oleh warga lewat memanfaatkan ilmu seperti bukti dan ide teoritis. Seperti mengambil...

Pendidikan

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon mengimbau setiap sekolah yang mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK), agar menggunakannya sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku....

Advertisement