Tilt-Shift Photografi

Tilt-Shift Photografi

Tilt-Shift Photografi

Tilt-shift photografi adalah teknik dalam foto yang dapat membuat dunia kita yang besar terlihat seperti satu set mainan miniatur kecil. Tp ini semua asli, bukan mainan.

Teknik Tilt-Shifting dalam photography adalah menggunakan lensa yang didesain khusus. Lensa jenis ini bisa digeser ke kiri kanan (tilt) atau atas bawah (shift) sehingga menjadi tidak linier lagi. Tujuan utama dalam teknik ini adalah untuk mendapatkan ruang tajam yang sempit. Selain itu, dengan menggunakan shift lense, kita dapat menghindari effek perspektif, atau istilahnya Perspective Correction. Dengan ruang tajam yang sempit dipadu dengan photo aerial, maka dapat diperoleh hasil gambar seperti sebuah miniatur.

Karena lensanya mahal, kita bisa membuat tilt-shift dengan kamera biasa. Caranya?? tentu saja manggunakan Photoshop.heheheheh.. Untuk tutorialnya bisa dilihat DISINI

Atau buat yang males ngedit, bisa pakai tiltshiftmaker

perhatikan tips berikut untuk penggunaan tiltshiftmaker :
1. Foto pemandangan (terutama yang berjarak jauh) memiliki hasil yang lebih baik daripada foto-foto close up.
2. Sudut pandang foto sebaiknya diatur sedemikian rupa sehingga bagian yang dekat dengan fotografer berada di bagian bawah foto, dan pemandangan yang jauh berada di bagian atas foto.

Contoh foto yang sudah jadi :

Sumber : https://cloudsoftwareprogram.org/