Teori-Teori Manajemen

Teori-Teori Manajemen

  1. Aliran Klasik

                Aliran klasik mendefinisikan manajemen  sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen. Perhatian dan kemampuan manajemen diarahkan pada penerapan fungsi-fungsi tersebut.

  1. Aliran Perilaku

                Aliran ini juga sering disebut aliran manajemen hubungan manusia.Aliran ini memusatkan kajiannya pada aspek manusia dan perlunya manajemen memahami manusia. Aliran ini menggunakan disiplin ilmu psikologi dan sosiologi dalam menerapkan teori-teorinya.

  1. Aliran Manajemen Ilmiah

                Aliran ini menggunakan ilmu matematika dan ilmu statistika untuk mengembangkan teori-teorinya. Menurut aliran ini,pendekatan kuantitatif merupakan sarana utama dan sangat berguna untuk  menjelaskan masalah manajemen.

  1. Aliran Analisis Sistem

                Aliran ini memfokuskan pemikiran pada maslaah yang berhubungan dengan bidang lain dalam mengmbangkan teorinya .

  1. Aliran Manajemen Berdasarkan Hasil

                Aliran manajemen berdasarkan hasil (manajement by objective ) diperkenalakan pertama kali  oleh Peter Dructer pada awal tahun 1950-an. Aliran ini,memfokuskan pemikiran pada hasil-hasil yang dicapai,bukan pada interakksi kegiatan karyawan.

  1. Aliran Manajemen Mutu

                Aliran manajemen mutu memfokuskan pemikiran pada usaha-usaha untuk mencapai kepuasan pelanggan (konsumen). Fokus utama aliran manajemen mutu adalah pelanggan,sebagai pihak yang berhak mengatakan apakah barang atau jasa yang dihasilkan bermutu atau tidak.

sumber :