Connect with us

Pendidikan

Teks Deskriptif (Pengertian, Ciri, Tujuan, Contoh)

Published

on

Teks Deskriptif (Pengertian, Ciri, Tujuan, Contoh)

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Selamat datang di web terbaru.co.id. Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal Teks / Paragraf Deskriptif (Deskripsi) dalam Bahasa Indonesia mencakup Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, dan Contoh Teks Deskriptif.

1. Pengertian Teks Deskriptif

Teks deskriptif / paragraph deskriptif adalah sebuah teks atau paragraph yang berisi perihal suatu citra atau lukisan dari sebuah benda yang sedang diceritakan dalam bentuk tulisan. Paragraph itu sendiri merupakan kumpulan dari beberapa rangkaian kalimat. Kaprikornus paragraph deskriptif merupakan sebuah rangkaian kalimat yang menceritakan perihal sifat dari benda yang sedang diceritakan, paragraph tersebut sanggup menggambarkan dari benda tersebut sehingga mambuat pembacanya seolah olah melihat secara pribadi benda yang diceritakan tersebut.

2. Ciri-ciri Teks Deskriptif

Ciri-ciri teks deskriptif ialah sebagai berikut :

Menggambarkan atau melukiskan sesuatu.

Penggambaran tersebut dituangkan dalam sebuah paragraph yang dilakukan secara terperinci dan melibatkan kesan pada sebuah indera

Gambaran tersebut membawa pembaca menjadi seolah olah sanggup melihat secara pribadi perihal obyek yang digambarkan atau diceritakan tersebut

Menceritakan ciri ciri khususnya ciri fisik menyerupai bentuk, ukuran, warna dan lain lain.

3. Tujuan Teks Deskriptif

Tujuan dari teks deskriptif adalah agar orang yang membacanya sanggup seolah olah melihat sendiri benda yang diceritakan tersebut. Dalam paragraph deskriptif itu sendiri menggunakan pola yang subjektif namun hal ini kalau si penulis paragraph tersebut menambahkan opini atau kesan pada sebuah objek yang telah sedang dijelaskan tersebut.

4. Contoh Teks Deskriptif

Contoh Teks Deskriptif 1

HARIMAU

Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing besar” itu ialah binatang pemangsa dan pemakan daging. Harimau sanggup mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi taringnya berpengaruh dan tajam untuk mengoyak daging. Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang berpengaruh untuk menerkam mangsanya. Harimau gampang menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Harimau sanggup hidup di hutan, padang rumput, dan tempat payau atau hutan bakau. Di Indonesia harimau sanggup ditemukan di hutan dan hutan bakau di Pulau Sumatera dan Jawa.

Baca Juga  Bentuk Dan Jenis Koperasi

Halo perkenalkan saya owner sekaligus penulis di terbaru.co.id, semoga artikel dari kami bermanfaat

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pendidikan

Sekolah Dan Siswa Wajib Miliki Akun LTMPT, Ini Alasannya

Published

on

Sekolah Dan Siswa Wajib Miliki Akun LTMPT, Ini Alasannya

Terbaru.co.id, Jakarta – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengharuskan sekolah dan siswa untuk membikin dan miliki akun LTMPT. Akun ini penting untuk registrasi di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).

Ketua LTMPT Prof Mochamad Ashari menjelaskan, langkah awal untuk ikuti penyeleksian akseptasi mahasiswa baru di PTN di bawah koordinir LTMPT memang sekolah dan siswa harus mempunyai akun LTMPT.

Tahun ini, ucapnya, penyeleksian akseptasi mahasiswa baru di bawah LTMPT akan buka peluang beberapa siswa untuk mendaftarkan 75 PTN (kampus dan institut), 39 politeknik negeri dan 11 perguruan tinggi keagamaan islam negeri yang lewat SNMPTN dan SBMPTN.

Ashari yang memegang sebagai Rektor ITS ini menerangkan, register akun yang perlu dibikin sekolah telah diawali semenjak 4 Januari kemarin. Dan untuk siswa dipersilakan membuat akun awal hari ini, Senin (10/1/2022).

“Untuk siswa diawali pada 10 Januari kelak sore . Maka siswa kelas 12 anda mulai bisa membuat akun kelak sore jam 15.00 WIB di LTMPT,” ucapnya pada Publikasi Register Akun LTMPT dan Verval Data dalam PMB 2022 di Youtube LTMPT, Senin (10/1/2022).

Selanjutnya, kenapa sekolah dan siswa diharuskan membuat akun LTMPT? Ashari menjawab, sekolah diharuskan karena sekolahlah harus mengupload data pelajar-siswinya yang eligible mendaftarkan ke SNMPTN.

Ia menerangkan, sekolah nanti akan membuat penilaian siswa berdasar legalisasinya. Untuk sekolah legalisasi A, ucapnya, diambil 40% terbaik di sekolahnya, legalisasi B 25 % dan legalisasi C 5 % terbaik di sekolahnya.

Selanjutnya untuk siswa kelas 12, katanya, wajib buat buka akun LTMPT karenanya akun itu siswa akan dibolehkan untuk pilih program study dan PTN yang diharapkan.

Baca Juga  Pengertian Politik Dan Strategi Keamanan Nasional

“Jika memang ingin turut di penyeleksian masuk PTN, harus anda semua buka akun di LTMPT. Kelak untuk mendaftarkan di SNMPTN dan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) SBMPTN,” katanya.

Ashari memberi pesan, supaya lancar saat membuat akun diharap telah pahami tata langkah membuat yang telah diumumkan oleh LTMPT. Selanjutnya signal internet dan piranti computer harus juga dipersiapkan secara baik.

Disamping itu, Ashari minta, supaya tiap peserta tidak boleh lakukan registrasi di beberapa akhir periode registrasi. Dijumpai, pembikinan akun siswa akan ditutup pada 15 Februari 2022.

“Hingga bila ada kesusahan, ada data yang kurang betul karena itu masih mempunyai waktu untuk lakukan revisi sampai account-nya itu kelak maka ” ujarnya.

Continue Reading

Pendidikan

Pertanyaan Tentang Hukum Taklifi

Published

on

Pertanyaan Tentang Hukum Taklifi

Pertanyaan Tentang Hukum Taklifi – Beberapa ahli usul fikih membagikan hukum taklifi jadi tiga kelompok: perintah, larangan, dan pilihan, untuk jalankan suatu hal atau meninggalkannya.

Dari ke-3 kelompok itu, mereka selanjutnya membagikan kembali jadi lima jenis, yakni wajib, haram, mandub (sunnah), mubah, dan makruh.

Satu perintah termasuk wajib atau fardhu jika perintah itu disertai dengan janji pemberian pahala untuk yang jalankan dan ancaman siksaan untuk yang tinggalkan.

Perintah wajib ini berdasar pada dalil-dalil yang telah qath’i atau pasti, yang tidak diragukan kembali keabsahannya.

Pengertian Hukum Taklifi

Hukum takhlifi adalah hukum yang berisi tuntutan kepada mukallaf untuk meninggalkan atau melakukan sesuatu, atau memilih diantara keduanya.

Pembagian

Al-ijab (wajib)

Yaitu suatu tuntutan secara pasti dari syari’at untuk dilaksanakan dan tidak boleh ditinggalkan, karena jika meninggalkan akan dikenai hukuman.

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.

Para ulama ushul fiqh mengemukakan pembagian hukum wajib bisa dilihat dari beberapa segi, yaitu, dari segi waktu pelaksanaan, dari segi kandungan perintah, dari segi orang yang dibebani kewajiban hukum, dan dari segi kuantitasnya.

Dari segi waktu pelaksanaan :

  • Muaqqat( Terikat waktunya ) sesuatu yang dituntut oleh syar’i untuk dikerjakan dengan pasti pada waktu tertentu, contoh : sholat 5 waktu, yang mana shalat itu tidak wajib sebelum datang waktunya.
  • Muthlaq (Tidak terikat waktu ) sesuatu yang dituntut oleh syar’i dengan pasti, namun tidak ditentukan waktu pelaksanaanya, contoh : Ibdah haji, yang manawajib bagi orang yang mampu, namun untuk melaksanakannya tidak dibatasi waktu tertentu.
Baca Juga  Bentuk Dan Jenis Koperasi

Dari segi kandungan perintah:

  • wajib mu’ayyan, yaitu kewajiban yang telah ditentukan perbuatanya, seperti membaca fatihah atau tahiyat dalam sholat.
  • wajib mukhayyar, yaitu kewajiban yang objeknya dapat dipilih dengan alternatif yang ada. Seperti membayar kafarat.

Dari segi orang yang dibebani kewajiban hukum, dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Wajib aini, yaitu kewajiban yang dibeban kepada semua orang yang sudah baligh tanpa terkecuali. Seperti shalat fardhu.
  • Wajib kifayah, yaitu perbuatan yang dapat dilakukan secara kolektif, seperti menyelenggarakan sholat jenzah.

Dari segi kuantitasnya:

  • Wajib muhaddad, yaitu wajib yang ditentukan batas kadarnya (jumlahnya), seperti jumlah zakat yang harus dikeluarkan.
  • wajib qhairu muhaddad, yaitu kewajiban yang tidak ditentukan batas kadarnya, seperti membelanjakan harta dijalan Allah.

Continue Reading

Pendidikan

4 Tips Memulai Conversation

Published

on

4 Tips Memulai Conversation

Apakah kamu mengalami kesulitan berbicara bahasa Inggris? Terkadang bagian tersulit dari belajar bahasa Inggris adalah memulai percakapan. Pelajari ungkapan-ungkapan ini untuk memulai percakapan dalam bahasa Inggris dalam situasi apa pun – formal atau informal, di tempat kerja, sekolah, atau konteks lainnya! Jika hal tersebut sudah berhasil kita akan ke tahap berikutnya, yaitu tentang cara melanjutkan percakapan. Belajar bahasa Inggris dari dasar apalagi mengenai percakapan memang bukan hal yang mudah, tetapi kamu bisa merasakan hasilnya kelak.

Semua itu dapat dilakukan secara otodidak, tetapi jika kamu ingin di pandu oleh profesional, kamu bisa ikut kursus pada lembaga yang terpercaya. Misalnya adalah English First atau EF, mereka sudah banyak memiliki cabang dan juga memiliki program belajar yang menarik. Tidak percaya? Kamu bisa membacanya sendiri disini https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/courses/beginner/. Namun jika kamu lebih nyaman belajar sendiri secara otodidak, itu pun tidak menjadi masalah.

Lalu, bagaimana sih caranya untuk memulai melakukan conversation english? Atau percakapan bahasa Inggris. Berikut adalah yang bisa kamu lakukan :

1. Pembukaan

Langkah pertama adalah memecahkan kebekuan (memulai percakapan). Kamu dapat memperkenalkan diri dengan: “Halo, nama saya…” atau coba pendekatan yang lebih santai seperti “Hai, saya…” kamu dapat melanjutkan sapaan dengan pertanyaan sederhana seperti “Dari mana kamu berasal?” Ada baiknya untuk memulai dengan sesuatu yang mudah dan impersonal untuk membantu kamu membangun kepercayaan diri

2. Topik yang Cocok

Cara yang baik untuk menjaga percakapan tetap berjalan adalah dengan membicarakan sesuatu yang kamu miliki bersama. Misalnya, jika kamu bertemu seseorang di sebuah pesta, kamu dapat menanyakan bagaimana mereka mengenal tuan rumah

Baca Juga  4 Tips Memulai Conversation

3. Tanggapan yang Sesuai

Agar percakapan tetap berjalan, penting untuk menanggapi apa yang orang katakan, misalnya, “Itu pasti menarik!” atau “Benarkah? Saya belum pernah mencobanya.”

4. Teknik Mendengarkan

Bercakap-cakap di ‘dunia nyata’ selalu lebih menantang daripada berbicara di dalam kelas. Tapi jangan menyerah! Ingat, kamu tidak harus memahami setiap kata: berkonsentrasilah pada kata-kata yang kamu pahami alih-alih terpaku pada kata-kata yang tidak kamu pahami.

Itulah tips yang bisa kami berikan, jika kamu menginginkan tips atau pun contoh lainnya kamu bisa mengunjungi website kami loh. Disana kamu banyak menulis tentang belajar bahasa Inggris dari yang pemula sampai fasih. Silahkan kunjungi link berikut, https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/courses/conversation/ selamat membaca!

Continue Reading

Trending