Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Teks Deskriptif: Pengertian, Ciri, Tujuan Dan Contohnya

Pengertian Teks Deskriptif

Teks deskriptif masuk ke kelompok teks nonfiksi. Di mana teks nonfiksi ialah teks yang isinyua memiliki sifat aktual. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, deskripsi maknanya pembeberan atau penggambaran dengan kalimat yang pasti dan terinci.

Taufiqur Rahman dalam Teks dalam Pengkajian Struktur dan Kebahasaan (2017) mengatakan kata deskrispsi berawal dari bahasa Latin describere yang maknanya memvisualisasikan atau memberi suatu hal.

Dari sisi istilah, deskripsi ialah satu wujud cerita yang menggambarkan suatu hal sesuai kondisi yang sesungguhnya.

Pembaca bisa menyaksikan, dengar, mencium, dan rasakan apa yang digambarkan itu sesuai citra penulisnya.

Ringkasannya, pemahaman teks deskripsi ialah paragraf yang berisi pelukisan satu objek, tempat, atau kejadian tertentu ke pembaca dengan jelas dan terinci.

Hingga pembaca seakan-akan menyaksikan dan rasakan sendiri apa yang digambarkan oleh penulis.

Deskripsi bisa juga disimpulkan sebagai kisah berkenaan satu hal yang digambarkan dengan keadaan atau kondisi yang sesungguhnya.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Berisi pelukisan satu objek, tempat, atau kejadian tertentu hingga bisa dirasa, disaksikan, di cium, dan didengarkan oleh pembaca.

Teks Tanggapan preskriptif

Teks tanggapan preskriptif ialah teks deskripsi yang berisi kisah mengenai satu tempat, situasi, sikap seorang, atau wujud fisik benda hidup dan benda mati.

Teks tanggapan preskriptif sesungguhnya kerap dilaksanakan di kehidupan setiap hari. Seperti saat menanyakan di mana rumah seorang rekan, karena itu rekan itu akan menjawab dengan jelas dan detil.

Jawaban dari rekan itu bisa digolongkan sebagai teks tanggapan preskriptif, karena memvisualisasikan tempat dan situasi sebuah bangunan tempat tinggal.

Teks tanggapan preskriptif terdiri jadi tiga tipe yang terbagi dalam:

  • Teks preskriptif spasial ialah teks yang menggambarkan ruangan atau tempat berjalannya satu kejadian.
  • Teks preskriptif objektif ialah teks yang menggamabrkan satu hal atau orang dengan mengutarakan identitasnya.
  • Teks preskriptif subjektif ialah teks preskriptif yang memvisualisasikan objek seperti tafsir atau kesan-kesan hati penulis.

Teks deskripsi, eksposisi, sampai eksplanasi dan beberapa teks lain sebagai beberapa materi yang diberikan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Tiap teks memiliki beberapa ciri yang membandingkan di antara satu teks dengan teks yang lain. Dalam edisi tulisan ini, Zenius Website kupas segala hal yang terkait dengan teks deskripsi.

Saat belajar Bahasa Indonesia ada beberapa tipe teks yang kamu dalami dan kamu jumpai setiap hari saat kamu membaca. Tetapi kadang bila kita ditanyakan terhitung di dalam tipe teks apa yang kita baca, kita kerap salah dan perlu beberapa waktu untuk berpikiran saat sebelum menjawab. Ini kali Zenius Website mengulas mengenai salah satunya tipe teks dalam Bahasa Indonesia yakni teks deskripsi komplet dengan beberapa ciri dan macamnya.

Pengertian Teks Deskriptif

Pengertian Teks Deskriptif

Teks deskriptif ialah salah teks yang ide intinya ditingkatkan dengan digambarkan atau dikembangakan dengan sejelas mungkin. Dalam artian lain, teks deskripsi bisa disimpulkan sebagai sebuah paragraf yang menguraikan dengan jelas kejadian, object, atau lokasi yang dalam bacaan itu sebagai topik pembaca. Teks deskripsi digambarkan secara sejelas mungkin dengan arah supaya pembaca dapat rasakan langsung atau seakan-akan ada pada teks narasi itu, hingga apa yang dikatakan oleh penulis ke pembaca dapat dimengerti dengan gampang. Secara umum penulis menerangkan teks memakai satu contoh rasa seperti, warna, rasa, kondisi atau kesan-kesan yang ada sesuai topik yang ingin dikatakan. Kesuksesan dari teks deskripsi ini dapat diukur saat sang pembaca dapat rasakan, menyaksikan atau dengar object dan kejadian yang digambarkan.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Susunan Teks Deskriptif

Untuk bikin teks deskripsi yang bagus, penulis harus memerhatikan susunannya. Berikut ialah susunan yang dapat jadi contoh saat menulis teks deskripsi.

Analisis

Di bagian analisis penulis harus tentukan komponen-komponen yang bakal tercantum dalam teks deskripsi itu sesuai topiknya, pada step ini penulis mulai tentukan identitas dari figur di dalam teks itu, benda, kejadian dan tempat sebagai object yang bakal digambarkan.

Kategorisasi

Di bagian ini penulis mulai tentukan pengaturan kalimat dalam sebuah barisan yang mempunyai ketentuan dan sesuai aturan dan standard yang sudah diputuskan. Teks yang sudah dibikin secara struktural ini mempunyai tujuan untuk bikin penulis lebih mudah saat menulis ide-ide yang ingin dikatakan oleh sang penulis.

Deskripsi

Di bagian ini, penulis mulai membuat gambaran-gambaran atau beberapa bagian yang bakal diulas dalam teks itu. Dengan membuat suatu penjabaran ini, object dalam topik itu dapat ditulis secara gampang hingga mudah dimengerti oleh pembaca.

Citi Ciri Teks Deskriptif

Ciri Ciri Teks Deskriptif

Supaya kamu dapat dengan gampang mengenali teks deskripsi kamu dapat menyaksikan dari ciri-cirinya. Adapun beberapa ciri dari teks deskripsi diantaranya ialah:

  • Memvisualisasikan atau menggambarkan suatu hal
  • Topik yang berbentuk object atau benda dilukiskan sejelas mungkin dengan mengikutsertakan kesan-kesan indera, seperti pandangan, pendengaran, penciuman dan lain-lainya
  • Membuat pembaca atau pendengar rasakan sendiri atau alami sendiri dengan seakan-akan mereka terikut dalam situasi saat membacanya
  • Banyak diketemukan kalimat karakter didalamnya dan kalimat yang dipakai sebagai kalimat yang wajar atau memakai bahasa yang kerap dipakai di kehidupan setiap hari
  • Memakai frasa yang memiliki kandungan kata benda, misalnya seperti beliau ialah seorang kepala negara yang rendah hati
  • Memiliki kandungan kata info yang mempunyai tujuan untuk memberi info tambahan berkenaan satu object misalnya seperti pada pasar, di kantin, di dalam rumah, dengan lamban dan lain-lain
  • Memakai beberapa bahasa majas seperti perumpamaan atau metafora
  • Dalam keteranganya menjelaskan karakter object atau beberapa ciri fisik tertentu seperti wujud, ukuran, warna, dan personalitas dengan jelas dan terinci

Tujuan Teks Deskriptif

Tujuan dari teks deskriptif adalah agar orang yang membacanya sanggup seolah olah melihat sendiri benda yang diceritakan tersebut. Dalam paragraph deskriptif itu sendiri menggunakan pola yang subjektif namun hal ini kalau si penulis paragraph tersebut menambahkan opini atau kesan pada sebuah objek yang telah sedang dijelaskan tersebut.

Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskriptif 1:

Gunung Merbabu

Indonesia sebagai negara yang mempunyai banyak gunung. Ada banyak gunung berapi yang aktif seperti Gunung Merapi dan Gunung Semeru. Ada pula gunung-gunung yang tidak aktif. Diantaranya ialah Gunung Merbabu.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Gunung Merbabu ialah gunung yang berada di Jawa tengah. Gunung ini cukup terkenal di kelompok pendaki. Untuk mendaki gunung berketinggian 3142 MDPL ini, pendaki bisa melalui lajur Selo, Wekas, dan beberapa lajur lain. Di hari liburan, gunung ini umumnya akan ramai didatangi oleh beberapa pendaki. Lajurnya yang tidak begitu terjal dan panoramanya yang cantik jadi argumen untuk beberapa pendaki untuk menjadikan sebagai tujuan pendakian.

Contoh Teks Deskriptif 2:

Harimau

Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing besar” itu ialah binatang pemangsa dan pemakan daging. Harimau sanggup mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi taringnya berpengaruh dan tajam untuk mengoyak daging. Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang berpengaruh untuk menerkam mangsanya. Harimau gampang menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Harimau sanggup hidup di hutan, padang rumput, dan tempat payau atau hutan bakau. Di Indonesia harimau sanggup ditemukan di hutan dan hutan bakau di Pulau Sumatera dan Jawa.

Jenis Teks Deskripsi

Berikut beberapa jenis dari teks deskriptif atau teks deskripsi

Paragraf Deskripsi Sugestif

Paragraf sugestif ialah tipe cerita yang dalam keteranganya usaha membuat satu penghayatan pada subyek atau object yang dilukiskan lewat sebuah khayalan dari si pembaca.

Tipe paragraf deskripsi sugestif ini memvisualisasikan sebuahpengalaman atas satu object atau kejadian yang membuat sebuah interpretasi atau sebuah kesan-kesan dari pembaca.

Secara umum tipe kalimat yang dipakai oleh penulis ialah kalimat yang memvisualisasikan karakter, karakter, ciri-ciri dari sebuah object itu hingga sanggup membuat sugesti tertentu atau sebuah penghayatan ke pembaca.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Contoh dari paragraf teks preskriptif sugestif:

Hari ialah hari awal saya berkunjung museum, saat sampai di museum saya dikenalkan dengan pemandu yang bakal mengantar dan menerangkan mengenai beberapa objek yang ada pada museum itu. Pemandu itu kelihatan benar-benar semangat menyongsong saya dengan kumisnya yang dengan tebal rumput ilalang. Ia tersenyum bersahaja ke ku membuatku berasa makin semangat dan hangat di tengah-tengah lingkungan museum itu.

Paragraf Deskripsi Ekspositoris

Tipe paragraf deskripsi ekspositoris ialah tipe paragraf deskripsi yang dicatat dengan arah untuk bikin pembaca mengenal jika berjumpa, menyaksikan atau bertemu dengan sebuah object. Pada tipe paragraf ini penulis menerangkan beberapa unsur yang menempel dalam sebuah object yang mempunyai arah untuk menambahkan wacana sang pembaca, untuk pahaminya dengan gampang umumnya penulis menerangkan dengan setahap dari beberapa bagian object itu.

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

Jangan Terlewatkan

Advertisement