Sumber energi alternatif

Sumber energi alternatif

Ada berbagai bentuk energi alternatif : energi bebas yang tersedia.

Salah satunya adalah energi matahari. Energi matahari ditenagai oleh sel fotovoltaik, yang semakin murah dan canggih. Energi matahari dapat digunakan untuk listrik, pemanas, dan persiapan air panas. Energi matahari tidak menimbulkan pencemaran lingkungan karena kontribusinya seluruhnya berasal dari sinar matahari. Namun, jalan yang harus ditempuh masih panjang agar kita bisa menggunakan energi matahari secara ekonomis. Saat ini sumber daya agak terlalu bersyarat – baterai penyimpanan diperlukan untuk digunakan sebagai cadangan di malam hari dan pada hari-hari buruk.

Energi angin saat ini merupakan sumber energi alternatif yang paling banyak diinvestasikan (oleh investor swasta dan pemerintah digabungkan). Pengaturan turbin angin tiga bilah besar ditempatkan di mana-mana seperti “ladang angin” untuk merekam pergerakan angin dan menggunakan energi kinetiknya untuk mengubahnya menjadi energi mekanik atau listrik. Tentu saja konsep turbin angin untuk memanfaatkan energi bukanlah hal baru. Turbin angin modern hanyalah variasi yang lebih maju dari tema lama. Kelemahan dari tenaga angin tentu saja … apa yang anda lakukan ketika ada hari yang tenang dan sunyi? Tak perlu dikatakan bahwa pada masa-masa inilah perusahaan listrik memasok listrik ke rumah atau kantor Anda. Energi angin tidak sepenuhnya independen.

Tenaga air tersedia sebagai sumber energi alternatif dan dapat menghasilkan listrik dalam jumlah besar. Sederhananya, tenaga air menggunakan gerakan air – alirannya sebagai respons terhadap gravitasi, yaitu menuruni bukit – untuk memutar turbin, yang kemudian menghasilkan tenaga listrik. Tentu saja air ada dimana-mana. Oleh karena itu, mencari sumber untuk menggerakkan turbin pembangkit listrik tenaga air bukanlah masalah besar. Namun, tenaga air sebagai sumber energi alternatif bisa jadi rumit dan mahal untuk diproduksi. Bendungan sering dibangun untuk mengontrol aliran air secara memadai untuk menghasilkan listrik yang diperlukan. Membangun bendungan untuk menyimpan dan mengontrol potensi dan energi kinetik air membutuhkan banyak pekerjaan, dan pengoperasian bendungan juga kompleks dan semakin diperhatikan oleh para pecinta lingkungan. Tentunya bendungan tidak selalu diperlukan, kecuali jika Anda berusaha memenuhi kebutuhan listrik kota atau daerah padat penduduk lainnya. Ada pembangkit listrik tenaga air kecil yang bagus untuk menyalakan lingkungan atau satu kantor atau satu rumah.

Mungkin bentuk energi alternatif yang paling diremehkan dan diremehkan adalah energi panas bumi, yang merupakan energi alam yang dihasilkan oleh pemanasan air artesis tepat di bawah kerak bumi. Panas ini ditransfer dari inti dalam tanah cair ke dalam air. Air diekstraksi dengan berbagai metode – ada “pembangkit listrik tenaga uap kering”, “pembangkit listrik petir” dan “pembangkit listrik biner” untuk penggunaan energi panas bumi. Tujuan penyedotan air panas adalah untuk mengumpulkan uap. Geyser, sekitar 100 mil sebelah utara San Francisco, mungkin yang paling terkenal dari semua medan kekuatan panas bumi. Ini adalah contoh pabrik kering.