Sumber Energi Alternatif Dan Manfaatnya

Apa itu sumber energi alternatif? Apakah bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari? Lalu apa jenis-jenis sumber energi yang bisa dijadikan sebagai alternatif? Berikut ulasannya.
Sumber energi seperti bahan bakar minyak dan batu bara termasuk kepada sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Tidak terkontrolnya pemakaian terhadap sumber energi konvensional ini dan pemakaian secara berlebihan dapat menyebabkan kelangkaan atau habis sama sekali.
Jika ingin memperlama keberadaan sumber energi konvensional tersebut, kita harus mulai menggunakan berbagai jenis energi alternatif.

Sumber Energi Alternatif

Sumber energi alternatif adalah semua sumber energi yang dapat menggantikan fungsi dari sumber energi konvensional. Tidak semua sumber energi pengganti dapat dikatakan sebagai sumber energi alternatif.
Sumber energi itu dapat dikatakan sebagai sumber energi jika ketersedian sumber energi itu melimpah di alam atau keberadaannya dapat diperbaharui. Pengolahan sumber energi tersebut tidak berbahaya untuk manusia dan aman untuk kelestarian lingkungan, atau dengan kata lain ramah lingkungan.

Jenis-Jenis Energi Alternatif

Berikut terbaru.co.id akan membagikan beberapa jenis-jenis sumber energi alernatif, yang mungkin bisa bermanfaat. Apabila kalian mempunyai keahlian, mungkin bisa mencobanya di rumah.

Matahari

Dengan menggunakan solar panel, maka sinar matahari dapat disimpan dan diubah menjadi sebuah sumber energi baru. Sumber energi matahari dapat digunakan untuk untuk pemanas air, kalkulator bahkan mobil bertenaga surya.

Air

Air sudah lama dimanfaatkan menjadi sebuah sumber energi. PLTA salah satu contoh pemanfaatan air menjadi sebuah sumber energi. Kekuatan aliran air bisa menggerakkan turbin. Hasil kekuatan aliran air tersebut bisa menghasilkan energi listrik.

Angin

Gerakan angin dapat menghasilkan energi kinetik. Energi kinetik inilah yang kemudian digunakan untuk menggerakkan turbin. Negara Belanda sudah lama memanfaatkan angin sebagai sebuah sember energi.

Gelombang Permukaan Laut atau Ombak

Di Yogyakarta sudah ada PLTO (Pembangkit Listrik Tenaga Ombak). Sama seperti pemanfaatan air dan angin sebagai sumber energi, gerakan ombak dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin yang kemudian digunakan untuk membangkit tenaga listrik.

Bio Energi

Sumber energi yang berasal dari tanaman, seperti tanaman jarak. Tanaman ini diolah untuk diambil minyaknya. Bio solar adalah salah satu hasil sumber energi dari tamanan jarak.

Bio Gas

Sampah organik juga bisa dimanfaatkan sebagai sebuah sumber energi alternatif. Sampah organik diolah untuk dijadikan gas methan. Maksud dari diolah di sini adalah sampah yang mengandung bahan organik diuraikan oleh bakteri anaerobik, sehingga menghasilkan gas methan. Proses ini bisa terjadi secara alamiah, seperti ledakan gas di tempat pembuangan sampah, Lewi Gajah, Kabupaten Bandung.

Panas Bumi

Kekayaan Indonesia akan sumber panas bumi, bisa juga digunakan sebagai sumber energi. Energi panas dalam dapur magma dapat diubah menjadi energi listrik.
Berdasarkan jenis-jenis energi alternatif di atas, energi alternatif dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu energi alternatif untuk pembangkit tenaga listrik dan energi alternatif pengganti minyak bumi.
Itulah tulisan mengenai macam-macam dan jenis sumber energi alternatif. Semoga bermanfaat.

Share:

admin

Halo, perkenalkan saya merupakan owner dari Terbaru Online. Silahkan kontak kami untuk bekerjasama melalui website ini

Leave a Reply