Struktur Nodus Limfa

Struktur Nodus Limfa

Struktur Nodus Limfa

Struktur Nodus Limfa

Nodus limfa dikelilingi oleh kapsul fibrosa yang terdiri dari jaringan ikat, 2 bagian utama nodus limfa ialah korteks dan medula. Pada korteks terdapat sel limfosit B juga sel limfosit T dan pada medula terdapat plasma sel, makrofag dan sel limfosit T.

Antara satu limfa dengan yang lainnnya dihubungkan oleh pembuluh limfa, struktur yang mirip dengan pembuluh darah, berikut ini ialah bagian-bagian nodus limfa yang diantaranya:


  1. Kapsul Nodus Limfa

Kapsul nodus limfa ialah bagian terluar dari nodus limfa yang berfungsi untuk melindungi bagian dalamnya. Kapsul terdiri atas jaringan ikat tak beraturan dan serat kolagen tipis, bersama-sama membentuk struktur seperti membran.


  1. Subkapsula Nodus Limfa

Subkapsula Nodus Limfa ialah bagian nodus limfa berupa ruangan untuk memudahkan pergerakan cairan limfa, Subkapsula nodus limfa ini sering juga disebut dengan sinus limfa atau sinus margninal, bagian ini penting dalam mendeteksi tahap awal tumor yang tumbuh pada nodus limfa.


  1. Korteks Nodus Limfa

Korteks ialah bagian utama yang terletak setelah subkapsula, bagian luar korteks disusun oleh sel limfosit B yang membentuk folikel. Sedangkan bagian dalam korteks disusun oleh sel limfosit T. Kedua bagian ini berperan penting saat terjadinya infeksi.


  1. Medulla Nodus Limfa

Medula ialah bagian terdalam dari nodus limfa yang terdiri dari pembuluh darah, saluran sinus dan struktur seperti batang berisi sel yang mensekresikan antibodi.


Sumber: https://www.cyberpost.co.id/2020/04/24/magisto-video-editor-apk/