SMK Agrobisnis Pamer Produk di Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan

SMK Agrobisnis Pamer Produk di Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan

SMK Agrobisnis Pamer Produk di Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan
SMK Agrobisnis Pamer Produk di Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan

Depok, Kemendikbud — Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK)

yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjadi ajang unjuk kebolehan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Salah satunya SMK yang berpartisipasi dalam pameran di RNPK 2018 adalah SMK Negeri 2 Metro, Lampung, SMK bidang keahlian agrobisnis. SMK ini membawa sekitar 250 bibit dari 12 jenis tanaman buah untuk dipamerkan, seperti durian, kelengkeng, mangga madu, nangka mini, cempedak, dan jambu kristal merah.

Rizky Eka Ramadhani, siswa kelas XII SMKN 2 Metro menjadi salah satu peserta pameran mewakili sekolahnya. Ia mengatakan, tanaman yang menjadi sekolahnya adalah bibit kelengkeng sapu jari. “Pohon kelengkeng ini lebih cepat berbuah hanya dengan ditanam dalam waktu satu tahun. Tinggi pohonnya juga relatif rendah, yaitu hanya sekitar dua sampai tiga meter saja,” ujar Rizky. Ia menambahkan, buah kelengkeng yang dihasilkan itu lebih manis, biji kecil dan daging buah yang tebal.

Tidak hanya membawa bibit tanaman buah saja, untuk pameran RNPK 2018, SMKN 2 Metro

Lampung juga membawa buah-buahan hasil panennya. Ada tujuh jenis buah yang dibawa, yaitu mangga, durian, cempedak, manggis, nangka, jambu kristal dan jambu biji merah.

Olahan hasil pertanian juga dipamerkan pada stannya, seperti keripik buah nangka, kripik singkong, serbuk minuman jahe, telur bebek, bandeng presto, nata de coco, dan nugget ikan. Semua olahan dilakukan oleh siswa jurusan Teknik Hasil Pertanian (THP). Produk olahan yang menjadi unggulan adalah nata de coco, karena mereka menggunakan limbah air kelapa sebagai bahan utama pembuatan nata de coco. Semua produk olahan dijual dan dipasarkan ke masyarakat sekitar sekolah sampai pasar lokal.

Beberapa sekolah lainnya yang mengikuti pameran bidang agrobisnis di RNPK 2018

ntara lain SMKN 1 Pacet Cianjur, SMKN 9 Kota Bandung, dan IHS (International Hotel Management School) Solo. Mereka menampilkan produk unggulan sekolahnya dalam pameran yang diselenggarakan selama tiga hari, yakni pada tanggal 5 s.d. 8 Februari 2018 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) pegawai Kemendikbud, Sawangan, Depok, Jawa Barat. Selain agrobisnis, bidang keahlian SMK lain yang juga hadir di pameran RNPK 2018 adalah tata boga, tekstil, kecantikan, otomotif, pariwisata, teknologi informatika, kemaritiman, kriya kayu, logam, budaya, dan literasi. (Prima Sari/Desliana Maulipaksi)

 

Sumber :

https://www.kaskus.co.id/thread/5d2e2d6f018e0d73cd7336bf/