Connect with us

Ekonomi

Sejarah Akuntansi Internasional Dan Tren Kebijakan Sektor Keuangan

Published

on

Sejarah Akuntansi Internasional Dan Tren Kebijakan Sektor Keuangan

Terbaru.co.id, Sejarah Akuntansi Internasional. Awalnya, Akuntansi dimulai dengan sistem pembukuan berpasangan (double entry bookkeeping) di Italia pada abad ke 14 dan 15. Sistem pembukuan berpasangan (double entry bookkeeping), dianggap awal penciptaan akuntansi. Akuntansi modern dimulai sejak double entry accounting ditemukan dan digunakan didalam kegiatan bisnis yaitu sistem pencatatan berganda (double entry bookkeeping) yang diperkenalkan oleh Luca Pacioli (tahun 1447).

Luca Pacioli lahir di Italia tahun 1447, dia bukan akuntan tetapi pendeta yang ahli matematika, dan pengajar pada beberapa universitas terkemuka di Italia. Lucalah orang yang pertama sekali mempublikasikan prinsip-prinsip dasar double accounting system dalam bukunya berjudul :Summa the arithmetica geometria proportioni et proportionalita di tahun 1494.

Banyak ahli sejarah yang berpendapat bahwa prinsip dasar double accounting system bukanlah ide murni Luca namun dia hanya merangkum praktek akuntansi yang berlangsung pada saat itu dan mempublikasikannya. Hal ini diakui sendiri oleh Luca (Radebaugh, 1998) “Pacioli did not claim that his ideas were original, just that he was the one who was trying to organize and publish them. He objective was to publish a popular book that could be used by all, following the influence of the venetian businessmen rather than bankers”. Praktek bisnis dengan metode venetian yang menjadi acuan Luca menulis buku tersebut telah menjadi metode yang diadopsi tidak hanya di Italia namun hampir disemua negara eropah seperti Jerman, Belanda, Inggris. Luca memperkenalkan 3 (tiga ) catatan penting yang harus dilakukan:

  • Buku Memorandum, adalah buku catatan mengenai seluruh informasi transaksi bisnis
  • Jurnal, dimana transaksi yang informasinya telah disimpan dalam buku memorandum kemudian dicatat dalam jurnal.
  • Buku Besar, adalah suatu buku yang merangkum jurnal diatas. Buku besar merupakan centre of the accounting system (Raddebaugh, 1996).

Perkembangan perdagangan internasional di Italia Utara selama masa akhir abad pertengahan dan keinginan pemerintah untuk menemukan cara dalam mengenakan pajak terhadap transaksi komersial. Sistem akuntansi “ Pembukuan ala Italia “ kemudian beralih ke Jerman untuk membantu para pedagang zaman Fugger dan kelompok Hanseatik. Pada saat bersamaan filsuf bisnis Belanda mempertajam cara menghitung pendapatan periodic dan pemerintah Perancis menerapkan keseluruhan sistem dalam perencanaan dan akuntabilitas pemerintah. Tahun 1850-an double entry bookkeepingmencapai Kepulauan Inggris yang menyebabkan tumbuhnya masyarakat akuntansi dan profesi akuntansi publik yang terorganisasi di Skotlandia dan Inggris tahun 1870-an.

Baca Juga  Teks Deskriptif (Pengertian, Ciri, Tujuan, Contoh)

Praktik akuntansi Inggris menyebar ke seluruh Amerika Utara dan seluruh wilayah persemakmuran Inggris. Selain itu model akuntansi Belanda diekspor antara lain ke Indonesia, Sistem akuntansi Perancis di Polinesia dan wilayah-wilayah Afrika dibawah pemerintahan Perancis. Kerangka pelaporan sistem Jerman berpengaruh di Jepang, Swedia, dan Kekaisaran Rusia.

Advertisement

Sejarah akuntansi internasional pada paruh Pertama abad 20, seiring tumbuhnya kekuatan ekonomi Amerika Serikat, kerumitan masalah akuntansi muncul bersamaan. Kemudian Akuntansi diakui sebagai suatu disiplin ilmu akademi tersendiri. Setelah Perang Dunia II, pengaruh Akuntansi semakin terasa di Dunia Barat. Bagi banyak negara, akuntansi merupakan masalah nasional dengan standar dan praktik nasional yang melekat erat dengan hukum nasional dan aturan profesional.

Sejarah akuntansi merupakan sejarah internasional. Kronologi berikuk ini menunjukkan bahwa akuntansi telah meraih keberhasilan besar dalam kemampuanya untuk diterapkan dari satu kondisi ke kondisi lainnya sementara di pihak lain memungkinkan timbulnya pengembangan teres-menerus dalam bidang teori dan praktik di seluruh dunla. Sebagai permulaan, sistem pembukuan berpasangan (doithfe-entru Lookkreping), yang umumnya dianggap sebagai awal penciptaaan akuntansi seperti yang kita ketahui selama ini, berawal dari negam-negah kota di Italia pida abad ke-14 dan 15.

Perkerkembangannya didorong oleh pertumbuhan perdagangan intemasional di Italia Utara selama masa akhir abad pertengahan dan keinginan pemerintah untuk menemukan cara dalam mengenakan pajak terhadap transaksi komersial. ”Pembukuan Italia” kemudian berilih ke Jerman untuk membantu para pedagang pada zaman Fugger dan Kelompok Hanseatik. Pada waktu yang hampir bersamaan, para filsuf hitvis di Belanda mempertajam cara menghitung pendapatan periodik dan aparat pemerintah di Prancis menemukan keuntungan menerapkan keseluruhan sistem dalam perencanaan dan akuntabilitas pemerintah.

Perkembangan Inggris Raya menciptakan kebutuhan yang tak terelakkan lagi bagi kepentingan komersial Inggris untuk mengelola dan mengendalikan perusahaan di daerah koloni, dan untuk pencatatan perusahaan kolonial mereka yang akan diperiksa ulang dan diverifikasi. Kebutuhan-kebutuhan mi menyebabkan tumbuhnya masyarakat akuntansi pada tshun 1850-an dan suatu profesi akuntansi publik yang terorganisasi di Skotlandia dan Inggris selama tahun 1870-an. Paktik akuntansi laggris memyebar luas tidak hanya di seluruh Amerika Utara, tetapi juga di seluruh wilayah Persemakmuran Inggris yang ada waktu itu.

Baca Juga  Pengertian Pasar Tenaga Kerja

Perkembangan pembukuan pencatatan berpasangan. Perkembangan tersebut meliputi hal-hal berikut ini :

Advertisement
  • Sekitar abad ke-16 terjadi beberapa perubahan di dalam teknik-teknik pembukuan. Perubahan yang patut dicatat adalah diperkenalkan jurnal-jurnal khusus untuk pencatatan berbagai jenis transaksi yang berbeda.
  • Pada abad ke-16 dan 17 terjadi evolusi pada praktik laporan keuangan periodik. Sebagai tambahan lagi, di abad ke-17 dan abad ke-18 terjadi evolusi pada personifikasi dari seluruh akun dan transaksi, sebagai suatu usaha untuk merasionalisasikan aturan debit dan kredit yang digunakan pada akun-akun yang tidak pasti hubungannya dan abstrak.
  • Penerapan sistem pencatatan berpasangan juga diperluas ke jenis-jenis organisasi yang lain.
  • Abad ke-17 juga mencatat terjadinya penggunaan akun-akun persediaan yang terpisah untuk jenis barang yang berbeda.
  • Dimulai dengan East India Company di abad ke-17 dan selanjutnya diikuti dengan perkembangan dari perusahaan tadi, seiring dengan revolusi industri, akuntansi mendapatkan status yang lebih baik, yang ditunjukkan dengan adanya kebutuhan akan akuntansi biaya, dan kepercayaan yang diberikan kepada konsep-konsep mengenai kelangsungan, periodisitas, dan akrual.
  • Metode-metode untuk pencatatan aktiva tetap mengalami evolusi pada abad ke-18.
  • Sampai dengan awal abad ke-19, depresiasi untuk aktiva tetap hanya diperhitungkan pada barang dagangan yang tidak terjual.
  • Akuntansi biaya muncul di abad ke-19 sebagai sebuah hasil dari revolusi industri.
  • Pada paruh terakhir dari abad ke-19 terjadi perkembangan pada teknik-teknik akuntansi untuk pembayaran dibayar di muka dan akrual, sebagai cara untuk memungkinkan dilakukannya perhitungan dari laba periodik.
  • Akhir abad ke-19 dan ke-20 terjadi perkembangan pada laporan dana.
  • Di abad ke-20 terjadi perkembangan pada metode-metode akuntansi untuk isu-isu kompleks, mulai dari perhitungan laba per saham, akuntansi untuk perhitungan bisnis, akuntansi untuk inflasi, sewa jangka panjang dan pensiun, sampai kepada masalah penting dari akuntansi sebagai produk baru dari rekayasa keuangan (financial engineering).

Continue Reading
Advertisement
Comments

Ekonomi

Tjahjo Kumolo Imbau Berikan Pesangon Untuk Honorer Yang Diberhentikan

Published

on

By

Tjahjo Kumolo Imbau Berikan Pesangon Untuk Honorer Yang Diberhentikan
Ilustrasi tenaga honorer (Istimewa)

Terbaru.co.id, Jakarta — Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) menghimbau untuk memberikan pesangon untuk honorer yang diberhentikan.

Harapan Tjahjo Kumolo agar intansi pemerintah bisa memberikan apresiasi atau penghargaan bagi para tenaga honorer yang tidak melanjutkan tugasnya.

“Sedangkan bagi yang tidak melanjutkan diharapkan instansi (kementerian/lembaga/pemda) yang bersangkutan untuk mempertimbangkan pemberian apresiasi dan penghargaan sesuai ketentuan perundang-undangan dan kemampuan instansi masing-masing,” Tutur Tjahjo Kumolo, Selasa (25/1).

Tjahjo menungkapkan agar instansi pemerintahan bisa melalukan perhitungan analisis jabatan dan beban kerja secara komprehensif untuk menyelesaikan tenaga honorer di tahun 2022 dan 2023.

Advertisement

Sehingga nantinya akan mendapatkan kebutuhan yang objektif baik itu untuk CPNS maupun CPPPK. Nantinya Pemerintah bisa menetapkan jumlah kebutuhan CPNS dan CPPPK sesuai formasi yang dibutuhkan.

“Dengan jumlah kebutuhan yang tepat, diharapkan terbuka ruang untuk tenaga honorer mengikuti seleksi sebagai CPNS maupun CPPPK sesuai formasi yang akan ditetapkan,” tutur Tjahjo.

Sementara untuk tenaga kerja lainnya, tenaga outsourcing seperti pramusaji, tenaga kebersihan dan satuan pengamanan, bisa terus direkrut sesuai dengan kebutuhan. Caranya bisa melalui mekanisme pembayaran tenaga alih daya dengan menggunakan beban biaya umum.

Sebelumnya, Pemerintah akan memastikan tidak ada lagi tenaga honorer di intansi pemerintahan setelah tahun 2023.

Kebijakan ini menganut kepada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Advertisement

Jika masin mengalami kesulitan dalam menerapkan aturan tersebut, pegawai Non-PNS masih bisa melaksanakan tugas paling lama 5 tahun setelah peraturan berlaku atau dengan kata lain sampai tahun 2023.

“Terkait tenaga honorer, melalui PP (peraturan pemerintah), diberikan kesempatan untuk diselesaikan sampai dengan tahun 2023,” kata dia.

Baca Juga  Obyek kajian dan kajian Filsafat Hukum Islam

Menurut Tjahjo Kumolo nantinya status pegawai pemerintah setelah tahun 2023 hanya terdapat 2 jenis yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Kedua status tersebut semuanya menyandang status Aparatus Sipil Negara (ASN).

Advertisement
Continue Reading

Business

Naikan UMP 2022 Tidak Sesuai Aturan, Anies Baswedan Disemprot Menaker

Published

on

By

Naikan UMP 2022 Tidak Sesuai Aturan, Anies Baswedan Disemprot Menaker
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengendarai sepeda di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (16/6/2020). Anies Baswedan bersepeda keliling Ibu Kota dalam rangka mengajak warga agar selalu menggunakan face shield atau masker saat beraktivitas di luar ruangan

Terbaru.co.id, Jakarta — Naikan UMP 2022 Tidak Sesuai Aturan, Anies Baswedan Disemprot Menaker. Bukan hanya Gubernur DKI Jakarta, tetapi gubernur yang menetapkan kenaikan Upah Minimum Provinsi yang tidak sesuai dengan aturan akan kena semprot Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Bawsedan memutuskan untuk menaikan UMP 2022 sebesar 5,1 persen atau setara dengan nilai Rp. 225.367 dari upah rata-rata nasional.

Kementrian Ketenagakerjaan terus menhimbau para Gubernur untuk melihat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan sebagai pedoman untuk menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) yang ada di daerahnya. Rata-rata UMP 2022 mengalami kenaikan sebesar 1,09 persen.

Menurut Ida Faiuziyah, pihaknya telah melakukan berbagai langkah untuk merespons dan menyikapi para Gubernur yang menetapkan UMP 2022 tidak sesuai dengan aturan itu.

Advertisement

Hal yang pertama adalah melakukan koordinasi dengan Kementrian Dalam Negeri untuk menyikapi Penetapan UMP 2022 yang dilakukan oleh para Gubernur yang tidak sesuai aturan.

“Menyikapi keputusan Gubernur yang menetapkan UMP tidak sesuai PP 36, kami terus berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri,” katanya dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI di Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Senin (24/1/2022).

Menurut Ida Fuziyah, pihaknya juga telah mengirimkan surat resmi secara langsung kepada para Gubernur untuk kembali merevisi dan menetapkan UMP agar sesuai dengan Peraturan dan Ketentuan yang berlaku.

“Surat kepada Gubernur (tersebut) dengan menjelaskan kembali tentang ketentuan upah minimum dalam PP 36. Dan mohon agar tetap comply (mematuhi) pada PP 36,” terangnya.

Yang terakhir menurut Menaker, pihaknya akan melakukan pengawasan yang lebih kuat agar memastikan pelaksanaan UMP 2022 sudah sesuai dengan ketentuan. “Yakni, sesuai PP Nomor 36,” tutupnya.

Advertisement

Keputusan Yang Diambil Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebelumnya memutuskan untuk merevisi dan menaikkan upah minimum provinsi (UMP) 2022 di Jakarta sebesar 5,1 persen atau senilai Rp. 225.667. Dengan demikian, UMP DKI Jakarta pada tahun 2022 berdasarkan revisi tersebut menjadi sebesar Rp. 4.641.854.

Baca Juga  Tahap Mengembangkan Inisiatif

Anies mengatakan, kenaikan UMP 2022 ini dimaksudkan untuk tetap menjaga daya beli masyarakat.

“Kami menilai kenaikan 5,1 persen ini suatu kelayakan bagi pekerja dan tetap terjangkau bagi pengusaha,” ucap Anies dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/12). Dilansir dari Merdeka.com, hal ini sudah mengonfirmasi pihak Humas Pemprov DKI Jakarta untuk mengutip rilis terkait UMP tersebut.

Menurut Anies, kenaikan UMP 2022 ini diambil setelah adanya kajian ulang dan pembahasan kembali dengan berbagai kepentingan terkait. Azas keadilan menjadi dasar yang sangat penting bagi Anies Baswedan untuk merevisi kenaikan upah bagi para buruh.

Kenaikan upah ini, diharapkan bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari seperti beras, ayam, telur dan susu di wilayah DKI Jakarta.

Advertisement

Anies Baswedan kembali menegaskan kalau kenaikan upah ini sebagai bentuk apresiasi bagi para buruh atau pekerja yang ikut berkontribusi dalam perekonomian di Jakarta selama masa pandemi.

“Ini wujud apreasi bagi pekerja dan juga semangat bagi geliat ekonomi dan dunia usaha. Harapan kami ke depan, ekonomi dapat lebih cepat derapnya demi kebaikan kita semua,” tutur Anies.

Continue Reading

Business

Ibu Kota Negara Baru Akan Memiliki Tol Bawah Laut

Published

on

By

Ibu Kota Negara Baru Akan Memiliki Tol Bawah Laut

Terbaru.co.id, Jakarta — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR merencanakan membuat tol bawah air di Ibu kota negara baru atau Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Bahkan juga nanti terowong atau tol bawah air itu akan disambungkan pada jalan tol Balikpapan-Samarinda.

“Bapak Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian inginkan jika teknologi yang kita gunakan itu ialah tehnologi yang terbaik, terhitung satu diantaranya ialah pendayagunaan terowong penyeberangan bawah air atau submersible crossing,” tutur Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit melansir dari Antara, di Jakarta, Senin (24/1/2022).

Kepala BPJT itu menerangkan lokasi terowong penyeberangan bawah air yang hendak terhubung pada jalan tol Balikpapan-Samarinda.

Advertisement

Kementerian PUPR sedang mempersiapkan rencana tehnis terincinya atau Detil Engineering Desain (DED).

“Kelak bakal ada satu tempat di mana akan terhubung ke IKN dan di sanalah kelak di saat akan seberang sungai, maka memakai terowong penyeberangan bawah air,” terang ia.

Dalam peluang sama, Juru Berbicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja menjelaskan jika gagasan pembangunan tol bawah air itu mempunyai tujuan membuat perlindungan teritori tempat lindung disekitaran IKN.

“Sehingga kita tidak ingin tempat lindung itu dirusak, selanjutnya ada tempat rawa disekelilingnya. Hingga akses sambungan jalannya lewat tol bawah air,” kata Endra.

Awalnya Ketua Satuan tugas Penerapan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara Danis H Sumadilaga mengutarakan infrastruktur dasar akan jadi fokus utama dalam pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

Advertisement

Menurut Danis, infrastruktur sumber daya air jadi infrastruktur dasar yang dipersiapkan untuk pembangunan IKN.

Pembangunan Infrastruktur sumber daya air di IKN ini sudah pasti mengutamakan dua hal yaitu bagaimana mempersiapkan pengaturan kekuatan banjir lewat pembangunan drainase teritori. Dan fokus ke-2 nya pastikan bagaimana sumber air baku untuk IKN dapat tercukupi dengan bertahap.

Baca Juga  2 Pasien Positif Omicron Meninggal Dunia

Dan bicara berkaitan sambungan, satu tempat development harus disambungkan dengan beberapa tempat lainnya karena itu dihubungkan dengan pembangunan infrastruktur jalan, sudah pasti infrastruktur jalan ini yang paling mempermudah sambungan ke arah IKN.

Disamping itu, pembangunan Ibu Kota Negara sendiri konsentrasi ke Teritori Pokok Pusat Pemerintah atau KIPP, di mana akan dipersiapkan land development lebih dulu yang kelak disokong oleh utilitas, drainase lingkungan dan lain-lain.

DPR RI dan Pemerintahan setuju akan mengalihkan Ibu Kota Negara Indonesia ke arah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, atau yang hendak dinamakan jadi Nusantara. Ada dua akses yang bisa dilakukan untuk sampai ke situ.

Advertisement

Menteri Koordinator Ekonomi Airlangga Hartarto memperjelas dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2022 sejumlah Rp 401,64 triliun tidak dipakai untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Ia menerangkan, berkaitan dengan ibukota baru bujet ada di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Memang diprediksi untuk babak pertama pembangunan IKN diperlukan dana sejumlah Rp 45 triliun. Tetapi, dana ini dengan bertahap bergantung pada keperluan dan perkembangan.

“Jadi barusan saya berikan jika dana itu yang berada di PUPR dan dana PEN saat saat ini tidak ada topik untuk IKN,” kata Airlangga dalam pertemuan jurnalis pengatasan wabah Covid-19, Senin (24/1/2022).

Selanjutnya, Airlangga menjelaskan kembali, dana PEN telah ditetapkan sejumlah Rp 401,64 triliun yang didistribusikan untuk tiga sektor. Pertama, sektor kesehatan sejumlah Rp 125,97 triliun, pelindungan warga Rp 150,8 triliun dan pengokohan ekonomi sejumlah Rp 174,87 triliun.

Advertisement

Dari 3 sektor itu, khususnya yang ekonomi diperuntukkan untuk pembangunan dan peningkatan infrastruktur, ketahanan pangan, UMKM, investasi pemerintahan dan perpajakan.

Baca Juga  Hari Ini Kasus Omicron Di Indonesia Bertambah Jadi 572

Continue Reading

Trending