Connect with us

Hi, what are you looking for?

Business

Said Aqil Diangkat Jadi Komisaris Utama PT KAI

Said Aqil Jadi Komisaris Utama PT KAI

Terbaru-co-id, Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan pemilihan Ketua PBNU Said Aqil Siradj jadi komisaris utama merangkap komisaris Independen PT Kereta Api Indonesia (Persero) mempunyai tujuan untuk mengurai rumor utama dalam pembangunan infrastruktur perkeretaapian. Diantaranya, berkenaan rumor pembebasan lahan.

“Saat kami angkat NU jadi bagian untuk membangun ekonomi kita. Ini hal positif toh memang di industri KA itu ada dua rumor yang besar satu sosial, pembebasan lahan LRT, KA cepat, dan rumor ganda trek,” katanya di Gedung Kementerian BUMN, Rabu (2/6).

Menurut Erick, desas-desus sosial itu tidak dapat dituntaskan cukup dengan keterangan keekonomian. Oleh karenanya, kehadiran Saiq Aqil diinginkan dapat memberi pendekatan sosial.

“Harus ada keterangan sosial, ini lho Nahidin, di wilayah ini harus ini, atau mendadak hal ini, itu juga harus kami kerjakan dan banyak pula asset dari KAI yang ini hari belum juga optimal, ini sedang kami kerjakan,” paparnya.

Dia memperjelas pemilihan barisan komisaris dan direksi BUMN sudah lewat petimbangan yang masak. Sosok-sosok yang diputuskan diinginkan dapat menggerakkan alih bentuk BUMN yang akan datang jadi lebih efektif hingga memberi banyak sumbangsih pada negara.

“Semua figur-figur ini yakin tranformasi yang berada di Kementerian BUMN dan beberapa BUMN-nya tadi maksudnya, jika dapat 12 cluster ini ibarat perbankan seperti Telkom dan memberi dividen sebanyaknya,” ucapnya.

Disamping itu, performa BUMN yang lebih bagus bisa juga membuat Kementerian Keuangan mempunyai alternative sumber penghasilan lain, selainnya pajak, di tengah-tengah minus bujet yang besar.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Pemilihan Said Aqil berdasar Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-64/MBU/03/2021 di awal Maret kemarin.

Pemilihan Said Aqil sempat pernah memetik kritikan diantaranya dari mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu.

Dia mengomentari membagi-bagi kursi komisaris perusahaan plat merah yang sudah dilakukan pemerintahan. Karena, beberapa figur yang ditaruh di kedudukan itu dilihat tidak mempunyai kemampuan dan kompetensi yang cukup.

Diantaranya, pemilihan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj sebagai Komisaris Utama KAI merangkap Komisaris Independen.

“Bagaimana logikanya komisaris utama kereta api ketua PBNU. Bagaimana logikanya komisaris PT Waskita Kreasi (Persero) doktor sosial politik . Maka tujuan saya bisa lah, tetapi carikan tempat yang ada fungsinya. Janganlah sampai tidak ada fungsinya dan justru jadi bahan tertawaan khalayak,” katanya dalam dialog yang diadakan Cerita Institute, Jumat (9/4).

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

Jangan Terlewatkan

Finance

Setelah lama tidak terlihat, kini Abdee Slank diangkat menjadi Komisaris Telkom. Abdi Negara Nurdin atau yang lebih dikenal dengan Abdee Slank kini mempunyai jabatan...

Advertisement