Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuliner

Resep Takjil, Kolak Manis Untuk Berbuka Puasa

Resep Kolak Manis

Kolak Manis Untuk Berbuka Puasa – Ketika berpuasa, sudah tentu makanan pembuka dengan rasa manis sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Dimana zat gula pada makanan manis tersebut kaya akan karbohidrat yang bermanfaat bagi tubuh. Akan tetapi, tetap saja tidak semua makanan yang manis bagus dikonsumsi untuk tubuh. Makanan manis yang bermanfaat adalah makanan yang merupakan karbohidrat kompleks. Dimana karbohidrat kompleks dalam makanan manis tersebut akan bermanfaat untuk mengganti kebutuhan energi yang hilang selama puasa.

Ketika kita berpuasa, kebutuhan akan energi diserap tubuh dari cadangan glikogen serta lemak. Dimana pada siang hari lemak akan terus mengalami perombakan. Hal itu mengakibatkan bagian tubuh yang terlapisi lemak akan bernapas dengna lega, karena timbunan lemak yang banyak dan berbahaya bagi tubuh menjadi mengikis. Ketika kita makan kembali pada saat berbuka puasa, maka energi yang digantikan oleh makanan-makanan manis, seperti kolak manis, akan tersimpan kembali. Hal ini sangat bagus bagi tubuh karena dapat mengakibatkan terjadinya peremajaan sel.

Beda lagi halnya pada otak kita. Otak manusia memiliki jaringan lemak atau lipid atau lemak. Lemak pada otak ini tentunya berbeda dengan lemak yang berada pada otot. Ketika jaringan lemak di otak menjadi terkuras, maka akan terjadi kerusakan pada jaringan otak tersebut. Otak mendapatkan energi dari zat gula. Untuk itu makanan manis sangat bermanfaat bagi otak dalam mendapatkan energi pengganti.

Pada saat kita melakukan ibadah puasa, maka zat gula yang berasal dari karbohidrat tidak akan ada pada siang hari. Untuk itu, zat gula akan diambil dari hati. Apabila zat gula pada hati telah habis, organ hati akan mengolah zat-zat lain untuk menjadi zat gula yang dibutuhkan otak. Itulah mengapa kita perlu mengonsumsi makanan manis ketika berbuka puasa. Makanan manis ini akan menjadi sumber karbohidrat pengganti zat gula yang telah habis. Hal itu menyebabkan tubuh akan kembali bertenaga dan otak menjadi lebih segar.

Kandungan Kolak Manis

Kolak pisang kolang kaling

Salah satu makanan manis yang sangat tepat untuk berbuka puasa adalah kolak. Selain memakai bahan bahan yang cukup sederhana, kandungan pada bahan-bahan tersebut juga sangat bagus untuk memperbaiki stamina dan mengisi energi dalam tubuh. Umumnya kolak terbuat dari campuran labu kuning, pisang kepok dan kolang kaling. Untuk rasa manis dan gurih pada kolak, menggunakan gula jawa, santan, daun pandan serta mutiara. Dimana bahan-bahan tersebut dicampur sehingga membuat kolak terasa segar dan beraroma.

Mengonsumsi kolak manis ketika berbuka puasa sangat bagus untuk tubuh kita. Bayangkan saja, ketika Anda dari subuh hingga sore menahan lapar dan haus, kemudian di siang hari yang menyengat sudah sangat menghabiskan energi, semangkuk kolak saja bahkan sudah cukup untuk mengganti energi yang hilang tadi. Kenapa bisa begitu? Karena adanya kandungan glukosa pada kolak yang manis sangat bagus menjadi penghasil energi untuk tubuh yang sudah kehilangan tenaga. Selain itu, bahan-bahan dari kolak juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Manfaat dari Bahan Dasar Kolak Manis

Kolak pisang labu

Mengonsumsi kolak manis mempunyai manfaat tersendiri untuk tubuh kita. Hal itu karena kolak manis terdiri dari baban-bahan yang mempunyai kandungan zat yang diperlukan oleh tubuh. Untuk itu, marilah kita simak satu persatu manfaat dari bahan dasar kolak manis ini, yaitu sebagai berikut.

1. Labu Kuning

Labu kuning adalah salah satu makanan pengganti nasi yang mengandung karbohidrat. Selain itu, pada labu kuning yang kaya akan serta alami juga terkandung vitamin C dan A. Kandungan gizi pada labu kuning sangat tinggi, yaitu dengna adanya pro-vitamin A. Bahkan 70 gram labu kuning yang dikonsumsi dalam satu hari telah cukup memenuhi asupan vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Pisang

Pisang merupakan buah-buahan yang memiliki kandungan serat, yang terdiri atas pektin, selulosa, dan hemiselulosa. Ketiga kandungan pada serat pisang tersebut bermanfaat untuk melindungi jantung, menurunkan kolesterol darah serta menjadi wahana pertumbuhan bakteri yang baik pada saluran pencernaan. Rata-rata dalam satu buah pisang terkandung 440 mg kalium yang memiliki fungsi dalam menjaga keseimbangan air pada tubuh, menjaga kesehatan jantung, membantu pengiriman oksigen ke dalam otak serta menurunkan tekanan darah.

Selain itu, buah pisang juga sangat bagus untuk mencegah dari kesulitan menelan dan tenggorokan kering. Pisang adalah salah satu buah yang murah dan mudah di dapatkan serta memiliki banyak manfaatnya. Bayangkan saja, dalam satu batang pisang tidak hanya terkandung karbohidrat, namun juga  vitamin B kompleks, B6, vitamin C, kalium, magnesium, fosfor, besi, kalsium serta betakaroten.

Hal itu membuat dengan mengonsumsi buah pisang, maka energi yang telah hilang dalam tubuh dapat segera tersedia, sehingga dapat memperlancar fungsi otak. Adanya zat besi pada pisang dapat  membantu mengatasi mengatasi anemia. Pisang memiliki rasa yang manis, namun kandungan lemaknya sangat rendah. Hal itu membuat pisang aman untuk penderita diabetes dan membuat Anda tidak perlu khawatir untuk kegemukan walaupun mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

3. Kolang Kaling

Kolang kaling adalah salah satu bahan dari kolak manis yang merupakan cadangan benih dari pohon aren. Dimana kolang-kaling ini berasal dari protein albumin yang dihasilkan oleh pohon aren tersebut. Buah yang sangat kenyal ini memiliki kandungan karbohidrat yang dapat membuat perut cepat kenyang, bahkan dikenal sebagai buah untuk diet yang dapat menurunkan nafsu makan.

Ingin tahu mengapa kolang-kaling ini jika digigit sangat kenyal dan rasanya hambar? Hal itu dikarenakan sumbernya yang berasal dari biji aren yang terfermentasikan dalam air kapur.  Selain karbohidrat, kandungan lain pada kolang-kaling adalah protein dan serat. Selain itu, kadar air pada buah ini sangat tinggi, sehingga bermanfaat untuk membantu melancarkan saluran pencernaan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

4. Nangka

Rasa manis pada kolak juga didapat dari buah nangka matang yang ada di dalamnya. Buah nangka mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi sangat bagus untuk kesehatan mata. Selain itu, buah nangka memiliki kandungan kalium yang berguna untuk membantu penderita hipertensi. Adanya kandungan lain pada  nangka, seperti kalsium, seng, zat besi, magnesium, selenium, dan tembaga membuat buah ini menjadi sumber mineral yang sangat bagus.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandu banyak karbohidrat. Makanan yang tidak mengandung kolesterol ini juga memiliki kandungan vitamin, mineral, dan serat yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes untuk menstabilkan gula darah. Selain itu, vitamin dan mineral pada Ubi jalar ini dapat menjadi antioksidan, sedangkan seratnya yang bersifat prebiotik dapat merangsang pembentukan bakteri baik dalam usus sehingga dapat membantu dalam penyerapan zat gizi serta membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Resep Kolak Manis Anek Warna

Kolak manis pisang biasanya sangat digemari oleh para kaum muslim untuk menjadi hidangan berbuka puasa. Untuk itu, kita akan mencoba membuat sendiri kolak manis pisang ini. Silahkan disimak baik-baik.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Pisang tanduk yang sudang matang dan dipotong miring, besarnya sesuai selera 1 kg
  • Gula merah 1 ons
  • Gula pasir/gula putih 1 ons
  • Kolang kaling yang telah dibersihkan dan dibelah dua 1 ons
  • Daun pandan yang telah dicuci bersih 2 lembar
  • Santan instan 65 ml
  • Air untuk kuah kolak 3 gelas (720 ml)
  • Buah nangka yang telah dipotong dadu secukupnya

Cara Membuat :

Cairkan gula merah dengan merebusnya menggunakan air secukupnya, kemudian saring. Rebus kembali dan dicampur bersama gula pasir, lalu aduk rata. Tambahkan air dan masukan pisang tanduk. Rebus sampai pisang menjadi berubah warna. Setelah itu, masukanlah santan, bersama nangka, daun pandan, dan kolang kaling. Aduk hingga dan biarkan hingga matang. Maka Kolak pun siap untuk dihidangkan.

Banyaknya kandungan gizi pada kolak sangat bagus menjadi menu berbuka puasa. Dimana rasa manis akibat adanya kandungan gula, membuat kolak manis dapat menjadi sumber energi untuk tubuh yang telah lemas. Akan tetapi berhati-hatilah, makanan manis tidak baik untuk penderita diabetes. Untuk itu, perhatikan kadar pemakaian gula dan jangan mengonsumsi kolak terlalu banyak.

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

You May Also Like

Business

Cara Menetaskan Telur Ikan Koi Dengan Mudah – Salah satu ide usaha yang bisa bertahan lama salah satunya yaitu budidaya ikan. Budidaya ikan koi...

Business

Sekarang tanaman porang mulai diminati oleh banyak petani karena komoditas baru ini tergolong mahal. Lalu bagaimana cara budidaya tanaman porang? Jenisnya apa saja? Serta...

Hobi

Mungkin tulisan ini bisa dikatakan sedikit usang, karena akan membahas definisi blog beserta manfaatnya. Tapi walaupun begitu, semoga tulisan ini bisa membantu bagi anda...

Business

Harga Dan Spesifikasi Lengkap, Makin Gahar!, Realme hari ini direncanakan melaunching hp terbaru yaitu Realme 8 dan Realme 8 Pro, Senin (29/3/2021). Realme menyebutnya...

Advertisement