Resep Puding Ubi Ungu Susu Praktis Tanpa Santan

Resep Puding Ubi Ungu Susu Praktis Tanpa Santan

Olahan ubi ungu praktis dengan resep puding ubi ungu yang enak dan menyegarkan ini patut untuk dicoba. Puding ubi ungu susu merupakan cara mudah membuat puding tanpa santan dan tanpa telur, memang sangat sederhana bahannya namun cita rasanya bisa menjadi menu dessert spesial.

Meskipun murah, ubi jalar atau ketela rambat memiliki warna yang unik dan cita rasa yang khas, serta kaya manfaatnya bagi kesehatan karena melimpahnya nilai gizi yang dikandungnya. Sehingga tak heran bila ubi ungu sering diolah menjadi aneka kudapan yang lezat.

Puding ubi ungu sangat digemari anak-anak, dewasa hingga orang tua, sehingga dapat menambah variasi hidangan yang tidak hanya sebagai menu makanan penutup, karena enak dan segar disantap kapan saja.

Bahan Puding Ubi Ungu

1 bungkus agar-agar putih
200 gram ubi ungu
150 gram gula pasir
800 ml susu cair
1 bungkus (½ sdt) vanili bubuk
½ sdt garam
Cara Membuat Puding Ubi Ungu
Resep Cara Membuat Puding Ubi Ungu
Ubi ungu dikukus hingga matang dan empuk, kemudian haluskan dengan cara ditekan-tekan pakai sendok, sisihkan.
Campurkan agar-agar, gula pasir, vanili, garam dan susu cair, lalu aduk rata dan masak sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan ubi ungu yang telah dihaluskan, aduk-aduk hingga rata dan matang. Matikan api, lalu angkat adonan dan saring.
Tuang ke dalam cetakan puding (sebelumnya basahi dulu cetakan agar nantinya puding mudah dikeluarkan), biarkan hingga dingin dan mengeras atau simpan dalam kulkas. Selanjutnya keluarkan dari cetakan, lalu potong-potong puding ubi ungu sesuai selera dan siap untuk disajikan.

Sumber: https://phpmag.net/