Rakor Forikan, Yane Ingin Tingkatkan Kampanye GEMARIKAN

Rakor Forikan, Yane Ingin Tingkatkan Kampanye GEMARIKAN

Rakor Forikan, Yane Ingin Tingkatkan Kampanye GEMARIKAN

 

Rakor Forikan, Yane Ingin Tingkatkan Kampanye GEMARIKAN

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Bogor

Yane Ardian berharap program Forikan Kota Bogor kedepan dapat lebih ditingkatkan lagi, khususnya dalam mempromosikan dan mengedukasi warga akan pentingnya mengkonsumsi ikan dmelalui program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN).

”Saya ingin 2018 atau 2019 nanti kita optimis dalam membuat sebuah program yang tujuannya untuk masyarakat. Jika semua yang terlibat berpikir positif, optimis dan memiliki keyakinan bisa, maka pasti bisa,” kata Yane saat memimpin rapat koordinasi Forikan Tingkat Kota Bogor di Gedung TP PKK, Kota Bogor, Selasa (30/10/2018).

Dalam rakor tersebut

Bersama pihak-pihak yang terlibat dalam Forikan Kota Bogor, Yane didampingi Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Bogor Irwan Riyanto, merumuskan ide dan gagasan yang nantinya akan diaplikasikan menjadi kegiatan dalam waktu dekat dengan tujuan mengkampanyekan gerakan makan ikan.

Ketua Forikan Kota Bogor

Sebagai Ketua Forikan Kota Bogor ia ingin memanfaatkan sarana informasi dan ruang publik yang ada untuk mengedukasi warga Kota Bogor secara maksimal akan informasi tentang ikan, mulai dari fakta hingga menu.

“Untuk lomba masak serba ikan tingkat Kota Bogor akan tetap dilaksanakan di Taman Heulang dengan melibatkan 6 kecamatan. Untuk pameran menu ikan saya ingin jalin kerja sama dengan salah satu pusat perbelanjaan,” kata Yane.

Tidak sampai disitu

Yane juga mengapresiasi ide lain yang disampaikan, seperti penetapan Hari Makan Ikan di Kota Bogor, Jumat Makan ikan (Jumani), sebar atau bagi-bagi ikan.

Mengenai lomba masak menu ikan, Yane berharap agar khusus diikuti hotel dan restoran yang ada di Kota Bogor. Selain itu, edukasi, promosi dan sosialisasi tentang pentingnya konsumsi ikan bagi pelajar di seluruh sekolah di Kota Bogor, mulai siswa Taman Kanak-kanak (TK) hingga SMP harus terus ditingkatkan.

“Selain edukasi melalui ajakan membawa bekal makan dengan menu ikan, juga dilengkapi dengan eks-banner yang kalimatnya mengingatkan warga sekolah pentingnya konsumsi ikan. Edukasi lainnya mengajak para orang tua khususnya para ibu untuk membeli ikan konsumsi,” harap Yane.

Dalam rapat koordinasi tersebut

Distan Kota Bogor menyampaikan bahwa pemerintah pusat menargetkan konsumsi ikan pada tahun 2018 mencapai angka 50,65 kg per kapita per tahun. Sementara tingkat konsumsi ikan di Kota Bogor pada tahun 2017 baru mencapai 27,01 kg per kapita per tahun.

Saat ini produksi ikan nasional meningkat secara signifikan, kurang lebih mencapai 65 juta ton per tahun. Ikan merupakan salah satu penggerak ekonomi nasional dan kontribusinya untuk protein hewani mencapai 51-70 persen, setengah kebutuhan protein hewani dipenuhi dari ikan.

Sumber: https://blog.dcc.ac.id/gelombang-elektromagnetik-sumber-radiasi-materi-dan-makalah-pdf/