Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuliner

Rahasia Bumbu Dan Resep Rendang Sapi Yang Lezat

Rahasia Bumbu Dan Resep Rendang Sapi

Hampir semua orang di Indonesia ini menyukai masakan rendang sapi. Tak mengherankan, karena menurut World’s 50 Most Delicious Foods yang diselenggarakan oleh CNN pada tahun 2011 lalu, masakan rendang ini merupakan salah satu masakan terenak di dunia. Tetapi sebagai orang Indonesia, apakah Anda sendiri tahu apa sebenarnya rahasia di balik bumbu dan resep rendang sapi yang paling lezat itu?

Entah sebagai ibu rumah tangga, pemilik warung, atau hanya penikmat rendang, sebagai warga Negara Indonesia, sebaiknya Anda tahu dengan pasti resep rendang sapi yang ternyata sangat populer di dunia itu. Tak ada salahnya untuk belajar memasak meskipun Anda tidak pandai memasak.

Untuk para laki-laki pun boleh juga mencoba satu resep rahasia bagaimana membuat rendang ini. Tidak perlu malu, saat ini banyak kan chef-chef berbakat dan terkenal di Indonesia yang berjenis kelamin laki-laki? Bahkan, kebanyakan mereka tidak berasal dari background pendidikan memasak lho.

Tengok saja salah satu chef kebanggaan salah satu stasiun televisi swasta besutan transcorp, Chef Bara Pattiradjawane. Dia pandai memasak bukan karena dia bersekolah di sekolah memasak, namun karena dari kecil, dia mengikuti ayahnya yang berprofesi sebagai duta besar. Dari situlah dia mengenal berbagai masakan-masakan dunia dan mulai mencintai memasak.

Ayo sekarang kembali ke rahasia bumbu dan resep rendang sapi yang tadi. Mungkin Anda sudah pernah mencoba memasak rendang berkali-kali, tetapi kok rasanya tidak enak, ya? Atau, dagingnya tidak empuk? Bumbunya seperti ada yang kurang, apa ya? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu umumnya muncul bagi kebanyakan orang yang baru belajar memasak. Tidak perlu berkecil hati, bukan hanya Anda saja yang mengalami masalah dengan masakan kok.

Memilih Bahan-bahan yang Berkualitas

Resep Rendang Lezat

Banyak cara untuk membuat rendang Anda terasa lebih nikmat. Salah satunya sebelum mulai memasak, sebaiknya membuat daftar bahan-bahannya dulu serta harus benar-benar dipilih yang berkualitas baik, misalnya:

Daging Untuk Rendang Sapi

Daging merupakan bahan utama dari resep masakan khas Padang ini. Untuk daging, pilihlah daging yang benar-benar segar alias baru disembelih dan tentunya yang berkualitas bagus. Jangan memilih daging dengan harga murah yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kualitasnya. Tingginya kualitas daging ini nantinya yang akan menentukan bagus tidaknya dan sempurna tidaknya tekstur rendang Anda.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Santan Kelapa

Santan juga merupakan bahan pelengkap yang sangat penting dalam resep rendang. Tanpa santan, masakan yang dibuat tidak bisa dibilang rendang yang sebenarnya. Pemilihan kelapa untuk bahan dasar rendang ini sebaiknya yang tua. Masakan tradisional Sumatra Barat yang satu ini ternyata sangat ditentukan pula oleh kualitas kelapa. Jika kelapa yang digunakan tidak tua, maka tidak akan bisa menyempurnakan kualitas daging yang bagus yang telah dipilih tadi.

Bawang putih

Bumbu masakan-masakan Indonesia rasanya akan kurang lengkap tanpa menggunakan bawang putih. Resep rendang akan lebih lengkap jika di dalamnya terdapat potongan bawang putih yang juga berkualitas. Rasa dari si bawang putih inilah yang akan membuat rendang lebih lezat.

Cabe keriting

Cabe yang digunakan dalam resep rendang, hendaknya cabe keriting, bukan cabe sembarangan yang asal pedas saja. Jumlah cabe yang digunakan tidak perlu banyak karena semua orang tahu bahwa cabe keriting yang bagus sudah memiliki cita rasa yang pedas alami.

Setelah semua bahan-bahan utama disiapkan, yang selanjutnya perlu Anda perhatikan adalah cara penggilingannya. Untuk semua bumbu, sebaiknya Anda menggilingnya sendiri, bisa dengan cobek ataupun dengan blender. Yang penting Anda melakukannya dengan pengawasan Anda sendiri sehingga kualitas bahan serta takarannya bisa sesuai.

Oleh karenanya, memesan bumbu resep rendang yang sudah jadi sebaiknya dihindari. Selain kualitas bahan-bahannya yang belum tentu terjamin, takarannya pun tidak bisa kita amati.

Masalahnya sekarang, bagaimana jika jumlah rendang yang akan kita masak besar? Misalnya untuk pertemuan keluarga atau acara-acara lainnya di rumah yang mengundang banyak orang. Solusinya tetap, buatlah bumbu dari resep rendang Anda sendiri secara manual. Jangan sekali-kali membeli bumbu jadi. Alasannya tetap seperti yang telah dikemukakan di atas tadi tentunya.

Hal lainnya yang juga patut diperhatikan untuk membuat masakan rendang lezat tiada tara adalah membuat empuk daging sapinya terlebih dahulu. Setelah daging dipilih dengan kualitas bagus, Tahap selanjutnya adalah memasak dagingnya sampai empuk.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Mengingat kelezatan khas pada rendang adalah keempukan dagingnya, maka membuat empuk daging adalah hal yang mutlak diperlukan. Sekarang, saatnya kita belajar memasak rendang, perhatikan resep berikut ini:

Resep Rendang Sapi Yang Lezat

Rendang Daging Sapi

Bahan-bahan yang perlu disiapkan berdasarkan takaran :

  • 1 kg daging sapi berkualitas bagus, dipotong persegi dengan ukuran kira-kira 3 x 3 cm
  • 2 liter santan kental yang didapat dari tiga butir kelapa
  • 1/2 butir ]kelapa parut yang disangrai kemudian dihaluskan

Bahan-bahan yang dihaluskan:

  • 100 gr bawang merah
  • 200 gr cabai merah keriting
  • 6 siung bawang putih
  • 4 cm jahe
  • 1 sdm garam
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 5 cm lengkuas

Bumbu-bumbu pelengkap lainnya:

  • 1 lembar daun kunyit, disobek-sobek, buat simpul
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 buah asam kandis
  • 4 lembar daun salam
  • 6 lembar daun jeruk purut

Cara Memasak Rendang Sapi:

  1. Masaklah santan beserta bumbu yang telah dihaluskan tadi dicampur dengan bumbu-bumbu pelengkapnya. Panaskan hingga mendidih, kemudian diaduk-aduk hingga kental dan berminyak, baru dikecilkan apinya. Setelah itu, masukkan kelapa parut yang sudah disangrai sebelumnya dan aduk sampai rata.
  2. Tahap selanjutnya adalah memasukkan daging sapi, biarkan api tetap dalam kondisi kecil. Masak hingga daging empuk sambil terus diaduk sampai bumbu keseluruhan mengering dan melekat menjadi satu dengan daging. Setelah warna kecoklatan, angkat rendang dan siap untuk disajikan.

Tips Mengkonsumsi Rendang Sapi

Cara Memasak Rendang

Seperti itulah resep rendang sapi lezat asli Padang. Selamat mencoba dan menikmati kelezatan rendang bersama keluarga. Namun sebelumnya ada hal yang perlu Anda ingat dalam mengkonsumsi rendang ini. Karena rendang merupakan salah satu masakan Indonesia yang sangat berminyak, tentunya akan menyebabkan resiko terkena kolesterol jika dikonsumsi secara berlebihan.

Mengingat tingginya kolesterol di dalam tubuh merupakan salah satu penyebab utama datangnya berbagai macam penyakit mematikan seperti jantung, stroke, dan semacamnya, maka pengkonsumsian masakan-masakan yang sarat kolesterol pun perlu diperhatikan jumlahnya.

Jangan sampai hanya karena menyenangi satu masakan, Anda mengkonsumsinya di luar batas sehingga akan membahayakan jiwa Anda sendiri. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi rendang:

Janganlah Terlalu Sering Konsumsi Rendang Sapi

Satu bulan sekali saja rasanya sudah cukup untuk menghindarkan Anda dan keluarga dari gangguan kolesterol tinggi. Di samping sehat, mengkonsumsi rendang dalam jumlah terbatas juga membuat kita lebih hemat. Seperti yang kita ketahui, bahan-bahan yang kita butuhkan dalam resep rendang, terutama daging sapi, harganya sangat mahal.

Banyaklah Minum Air Putih

Setelah mengkonsumsi rendang, sebaiknya diperbanyak minum air putih dan mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan. Hal ini dimaksudkan untuk menetralkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh kita.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Berolahragalah Secara Teratur

Selain itu, imbangilah selalu dengan berolahraga secara teratur. Selain menyehatkan, olahraga juga membantu memperbaiki metabolisme tubuh serta menjaga kekebalan tubuh sehingga kita akan aman dari gangguan berbagai macam penyakit.

Selamat mencoba resep rendang yang lezat dan ingatlah untuk tetap menjaga tubuh yang sehat. Simak Juga resep risoles yang enak dan gurih, cocok untuk warung anda.

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

Jangan Terlewatkan

Kuliner

Pepes dalam bahasa sunda, biasanya merupakan makanan yang cara memasaknya dibungkus daun pisang. Salah satu contohnya yaitu resep pepes ayam kemangi khas sunda. Bukan...

Advertisement