Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Raden Ajeng Kartini, Pembebasan Hak Dan Emansipasi Wanita

Sejarah Raden Ajeng Kartini

Setiap tanggal 21 April sekarang diperingati sebagai Hari Kartini. Pada tanggal tersebut Raden Ajeng Kartini dilahirkan pada 1879 di Jepara, Jawa Tengah. Bermacam aktivitas umumnya dilaksanakan untuk mengenang kelahirannya, dan memaknai kembali apa yang telah diperjuangkan oleh Kartini sejauh ini, yaitu usaha untuk perjuangkan hak-hak wanita yang semestinya didapat.

Apa yang diperjuangkan dengan penuh keseriusan oleh Kartini memanglah tidak berhenti sampai beliau wafat. Tetapi perjuangannya terus akan diteruskan oleh tiap wanita dari masa ke masa.

Sejarah Raden Ajeng Kartini tidak pernah lekang dikonsumsi jaman, dia terus akan jadi sumber ide perjuangan dan penyemangat semua wanita di tanah air untuk dapat mendapatkan hak dan tindakan yang serupa dalam masyarakat dan secara luas di mata hukum dan pemerintah.

Profil Raden Ajeng Kartini

Raden Ajeng Kartini ialah putri dari keluarga bangsawan. Ayahnya memegang sebagai Bupati Jepara namanya Raden Mas Aryo Sosroningrat dan ibunya namanya Mas Ajeng Ngasirah.

Kartini lahir dari sebuah keluarga Jawa yang menggenggam tegar tradisi dan adat yang mengendalikan kehidupan penduduknya sepanjang tahun. Dalam adat itu, ditata jika anak wanita tidak dibolehkan menuntut pengetahuan tinggi, apa lagi semakin tinggi dibanding golongan pria.

Karena itu, Kartini muda juga harus mengikhlaskan kursi sekolahnya saat dia berumur 12 tahun. Dia cuman dibolehkan menamatkan sekolah dasar tanpa dikasih peluang untuk menimati kursi sekolah yang semakin tinggi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Beliau juga harus memendam semangat belajarnya yang tinggi dan cita-citanya karena ada kungkungan tradisi dan adat itu. Sudah pasti itu membuat berduka hati. Ingin rasanya dia menampik, tetapi tidak karena mungkin pasti dicap sebagai anak durhaka dan pemberontak.

Kartini dan semua anak wanita di Jawa saat itu, selanjutnya dipingit di dalam rumah sampai periode pernikahan datang. Yang dilaksanakan Kartini tiap hari selama saat pingitan ialah aktif menulis surat. Dia kerjakan tiap hari, selanjutnya dikirim ke temannya yang dari Negeri Belanda. Lewat surat itu Kartini bercerita bermacam permasalahan yang dirasakan oleh beberapa anak wanita di Indonesia, seperti perbedaaan tindakan atau diskriminasi pada wanita, tidak ada kecocokan hak dalam menuntut pengetahuan di antara pria dan wanita, harus ingin untuk dinikahkan dengan opsi orangtua, dan harus terima dipoligami.

Sejarah Raden Ajeng Kartini

Beberapa temannya dari Belanda juga bercerita keadaan wanita di negaranya, dari situlah Kartini memperoleh kisah jika di situ wanita lebih dipandang dan disegani, khususnya hak-hak dasarnya, seperti memperoleh tindakan yang serupa dan hak menuntuk pengetahuan. Karena itu, hal itu jadi seperti pelecut untuk Kartin. Dia ingin wanita di Indonesia diberlakukan sama.

Hal yang dilaksanakan Kartini di umurnya yang paling belia saat itu ialah membangun beberapa sekolah wanita yang ditujukan untuk wanita-wanita yang diminta hentikan sekolahnya, namun tetap ingin memperoleh ilmu dan pengetahuan. Dia kumpulkan beberapa temannya dan wanita yang ada disekelilingnya untuk diajari langkah membaca, menulis, dan berhitung. Kartini muda sangat suka membaca. Semua buku dia baca untuk menambahkan pengetahuannya. Terhitung buku-buku yang dicatat oleh beberapa wanita Belanda yang memperlihatkan jika wanita Eropa telah mempunyai perkembangan dalam soal ilmu dan pengetahuan.

Sampai satu hari Kartini mengirim surat ke Mr. J.H Abendanon yang didalamnya ialah permintaan beasiswa supaya dia dapat menuntut pengetahuan di negeri Belanda. Kemauannya untuk melanjutkan pengajarannya di Sekolah Pengajaran Guru di Belanda juga harus gagal karena mendadak orangtuanya memasangkannya dengan seorang lelaki bangsawan yang saat itu memegang sebagai Bupati Rembang yang namanya Adipati Djojodinigrat.

Pernikahannya berjalan dengan yang simpel pada 12 Nopember 1903. Suaminya memberi suport ke Kartini agar semakin meningkatkan sekolah wanita yang sejauh ini dirintisnya. Di sekolah wanita itu, Kartini memberi bekal berbentuk ketrampilan, seperti menjahit, merajut, melukis, sampai membuat skema jahitan baju. Sekolah wanita yang dibangunnya mulai menebar, bukan hanya di Rembang saja, tetapi semakin makin tambah meluas sampai ke Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Madiun, Malang, Cirebon, dan wilayah yang lain. Sekolah yang dibangunnya itu diberi nama Sekolah Kartini.

Kartini Meninggal dunia

Kartini meninggal dunia sesudah melahirkan putra pertama kalinya yang dinamakan Raden Mas Soesalit pada 13 September 1904. Kondisi Kartini malah lebih buruk saat melahirkan, tidak tahan lama empat hari sesudah melahirkan, yaitu pada tanggal 17 September 1904, Kartini juga menginggal di Rembang, Jawa tengah.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Waktu itu, umur Kartini masih termasuk sangatlah muda, yaitu 25 tahun. Tidak berapakah lama sesudah meninggal dunia, MR. J.H Abendanon kumpulkan semua surat yang pernah dikirim oleh Kartini ke beberapa temannya di Eropa dan Belanda. Kelompok surat itu selanjutnya dihimpun dan jadi sebuah buku yang dengan judul Door Duisternis Tot Litcht yang memiliki makna “Habis Gelap Terbitlah Jelas”.

Sekarang, buku itu banyak dibaca dan didalami, dan pasti memberi ide untuk tiap wanita dalam soal memperoleh perlakukan dan kesamaan hak, baik di antara wanita dan pria dalam semua faktor hidupnya. Buku itu sebagai satu bentuk animo dan penghargaan ke RA Kartini atas semua usaha dan jerih payahnya dalam mengusung kesamaan derajat kaum hawa hingga lebih dipandang dan disegani.

Makna Sejarah RA Kartini

Sekarang, walau Kartini sudah tiada, tetapi sejarah dan riwayat hidupnya sudah memberi suntikan semangat untuk wanita untuk dapat lakukan yang terbaik dan berkreasi untuk warga dan bangsa. Mudah-mudahan akan tercipta kembali Kartini-Kartini baru yang berusaha untuk kebaikan dan kebutuhan seluruh orang. Mengusung harkat dan derajat wanita supaya dia dapat berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah dengan golongan pria. Supaya wanita dipandang kehadirannya, didengarkan gagasannya, dipandang tiap tindakannya, pasti bukan lantaran ingin menyombong diri tetapi supaya hidup jadi lebih imbang dan terbentuk serasi yang cantik.

Kartini mengajar ke kita, selalu untuk berkreasi dan memberi faedah yang sebesar-besarnya untuk tiap orang, khususnya wanita sebagai kaumnya yang saat itu tertindas dan tidak dipandang hak-haknya.Dia berusaha dengan memberi keyakinan diri dan pengetahuan ke wanita, memperlengkapi mereka dengan bermacam ketrampilan hingga mereka dapat mempunyai keunggulan dan dengannya meraka dapat semakin dipandang.

Tokoh Pahlawan Nasional

Raden Ajeng Kartini sekarang telah ditetapkan oleh pemerintahan sebagai salah satunya tokoh pahlawan nasional karena jasa-jasanya yang perlu dalam menempatkan beberapa dasar emansipasi wanita. Walau usaha dan usahanya waktu itu bertaraf regional, yaitu Rembang dan sekelilingnya, tetapi kita percaya semangat perjuangannya memberikan inspirasi beberapa wanita di segala penjuru nusantara waktu itu. Dia berusaha menantang tradisi dan adat warga Jawa yang telah sekian tahun diaplikasikan. Dia berusaha dengan penuh semangat supaya wanita memperoleh haknya secara baik, tanpa ketidaksamaan apa lagi diskriminasi.

Yang perlu kita ketahui, emansipasi yang digerakkan Kartini bukanlah emansipasi yang kelewatan dan tidak paham batas, tetapi emansipasi yang bertanggungjawab. Kesamaan hak yang diterima oleh wanita jangan meremehkan kodratnya sebagai seorang wanita. Karena ada pekerjaan dan kewajiban mulia yang harus juga diemban dengan seorang wanita, yaitu sebagai istri dan ibu untuk anak-anaknya. Perjuangan tidak behenti sampai Kartini meninggal dunia, perjuangan untuk memperoleh kesamaan hak dalam kehidupan sebaiknya kita lanjutkan sampai pada akhirnya wanita Indonesia dapat memperoleh kehidupan yang pantas.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

You May Also Like

Business

Cara Menetaskan Telur Ikan Koi Dengan Mudah – Salah satu ide usaha yang bisa bertahan lama salah satunya yaitu budidaya ikan. Budidaya ikan koi...

Business

Sekarang tanaman porang mulai diminati oleh banyak petani karena komoditas baru ini tergolong mahal. Lalu bagaimana cara budidaya tanaman porang? Jenisnya apa saja? Serta...

Hobi

Mungkin tulisan ini bisa dikatakan sedikit usang, karena akan membahas definisi blog beserta manfaatnya. Tapi walaupun begitu, semoga tulisan ini bisa membantu bagi anda...

Business

Harga Dan Spesifikasi Lengkap, Makin Gahar!, Realme hari ini direncanakan melaunching hp terbaru yaitu Realme 8 dan Realme 8 Pro, Senin (29/3/2021). Realme menyebutnya...

Advertisement