Produksi Hard Drive 2,5″ dengan Kecepatan 7200RPM Segera Dihentikan Seagate

Produksi Hard Drive 2,5″ dengan Kecepatan 7200RPM Segera Dihentikan Seagate

Produksi Hard Drive 2,5″ dengan Kecepatan 7200RPM Segera Dihentikan Seagate

Keputusan Seagate kali ini mungkin tidak terlalu menyenangkan bagi pengguna

setia produknya. Untuk mengantisipasi tantangan baru di tahun 2013 ini, Seagate memutuskan untuk menghentikan produsi hard drive berukuran 2,5 inci yang didukung dengan kecepatan 7200 RPM. Tindakan tersebut kurang lebih sama dengan keputusan Intel untuk menghentikan produksi motherboard bagi komputer desktop. Namun, keputusan tersebut tentu sudah dipertimbangkan dengan baik oleh produsen hard drive terkemuka ini. Sebagai konsumen, Anda juga terus mengharapkan inovasi baru dari Seagate terutama untuk solusi penyimpanan data. Keputusan ini tentu sangat memengaruhi konsumen dan pasar perangkat penyimpanan data. Alasan apakah yang digunakan Seagate untuk menghentikan proses produksi tersebut?

Untuk mengantisipasi perkembangan teknologi yang begitu pesat

, Seagate memutuskan untuk menghentikan produksi hard drive berukuran 2,5 inci dengan kecepatan 7200 RPM pada akhir tahun 2013 ini. Keputusan tersebut tentu membuat penggunanya agak kecewa. Dengan diputuskannya proses produksi tersebut, Momentus 7200.4 7200,2, Momentus Thin 7200, dan Momentus XT menjadi seri terakhir dari Seagate untuk kategori hard drive berukuran 2,5 inci dengan 7200 RPM. Sebelum menghentikan produksi tersebut secara total, Seagate mengembangkan produk Momentus XT yang merupakan perpaduan antara hard drive dengan SSD. Istilah yang lebih tepat untuk produk ini adalah hybird drive. Keputusan Seagate ini memang agak mengecewakan, tetapi penghentian produksi tersebut tidaklah terlalu mengejutkan.

Ada beberapa alasan bagi Seagate untuk menghentikan produksi hard drive 2,5 inci

dengan kecepatan 7200 RPM tersebut. Hard drive dengan spesifikasi tersebut hanya ada pada laptop seri premium dengan harga yang cukup tinggi bagi konsumen. Laptop dengan kualitas menengah biasanya menggunakan hard drive dengan kecepatan 5400 RPM. Konsumen pun merasa cukup puas dengan perfoma tersebut. Harga mahal tentu bukan menjadi pilihan tepat bagi konsumen karena mereka lebih tertarik dengan produk dengan harga yang lebih kompetitif dan kualitas lebih baik. Perkembangan teknologi pun terjadi sangat pesat dan teknologi baru selalu hadir setiap tahun. Kehadiran teknologi tersebut tentu akan menggeser teknologi lama dan membuatnya menjadi usang.

 

Baca Juga :