Connect with us

Pendidikan

Prinsip Organisasi

Published

on

Prinsip Organisasi

Terbaru.co.id — Prinsip organisasi dibutuhkan agar berjalan baik. Saat membuat sebuah organisasi, karena itu beberapa prinsip organisasi ini benar-benar dibutuhkan. Seperti telah disebut awalnya, supaya satu organisasi dapat jalan seperti seharusnya.

Untuk memperjelasnya, kita akan mengulas hal mengenaik prinsip ini lebih komplet.

Pengertian Prinsip Organisasi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, prinsip ialah dasar berpikir, melakukan tindakan, dan lain-lain.

Dan menurut Max Weber, prinsip organisasi ialah semua aktivitas yang diperlukan untuk capai arah organisasi harus berdasarkan pada ketrampilan, hingga orang yang menggenggam kedudukan sanggup melakukan pekerjaan secara baik.

Gampangnya begini dech, prinsip organisasi itu dasar dari sebuah organisasi agar bisa berjalan baik. Tanpa mengimplementasikan konsepnya, karena itu sebuah organisasi tidak sanggup capai maksudnya.

Prinsip Organisasi Menurut Drs. M. Manullang

Kamu dapat membaca versi selengkapnya di buku Beberapa dasar Management yang dicatat oleh Drs. M. Manullang.

Saat ini kita akan ulas dengan singkat saja ya berkenaan asas-asas sebuah organisasi. Maaf jika bahasanya buruk, karena ikuti tata bahasa dari terbaru.co.id ya.

Perumusan Tujuan Yang Jelas

Saat akan lakukan sebuah kegiatan, pertama kali yang diperlukan ialah arah. Demikian pula dengan mengatur, kita harus ketahui secara jelas arah dari tubuh itu.

Arah di sini tujuannya ialah beberapa hal yang ingin diraih atau dipiara, baik itu materi atau non materi. Untuk meraihnya, harus dengan lakukan satu ataupun lebih kegiatan.

Untuk suatu organisasi atau tubuh, peranan arah ialah seperti berikut:

  • Pedoman akan dibawa kemana sebuah organisasi itu.
  • Landasan dari sebuah organisasi.
  • Menentukan cara atau aktivitas yang sebaiknya dilakukan.
  • Menentukan prosedur dan program menggunakan koordinasi, integrasi, simplikasi, sinkronisasi, serta mekanisasi.
Baca Juga  Tesla could eventually reach a trillion-dollar valuation

Pembagian Kerja

Pembagian kerja ini harus ada pada sebuah organisasi. Ini pasti untuk menghindar bertumpang-tindih sebuah pekerjaan.

Pada akhirnya, karena ada pembagian pekerjaan, terciptalah departemen-departemen dengan deskripsi kerjanya semasing. Dalam pembagian kerja pekerjaan dan kuasa masing-masing unit harus juga ditetapkan.

Kamu dapat memakai beberapa dasar yang bisa digunakan dalam pembagian kerja.

  • Berdasar wilayah, misalnya saja kota atau kabupaten.
  • Berdasarkan jenis barang yang diproduksi.
  • Berdasar konsumen yang akan dilayani.
  • Berdasarkan fungsinya.
  • Berdasar pada waktu.

Delegasi Kekuasaan

Delegasi kekuasaan atau belegation of authority sebagai salah satunya prinsip dasar dalam organisasi. Kekuasaan atau kuasa ialah hak seorang dalam sebuah organisasi untuk ambil perlakuan yang penting supaya pekerjaan dan perannya dapat dikerjakan secara baik.

Kuasa ini punyai beragam faktor, seperti kuasa memutuskan, memakai sumber daya, memerintah, menggunakan batasan waktu tertentu, dan yang lain.

Delegasi kekuasaan ini sebagai ketrampilan dari pimpinan. Dengan delegasi kekuasaan, pimpinan bisa melipatgandakan waktu, pengetahuan, dan perhatiannya yang terbatas.

Dapat disebutkan jika delegasi kekuasaan ialah jalan khusus untuk tiap pimpinan supaya yakin pada diri kita.

Kesiapan terima tanggung-jawab ialah hal pertama untuk seorang pimpinan. Tapi, keberaniannya mewakilkan kekuasaan pada bawahan sebagai pertanda jika seorang pimpinan dapat sukses.

Mewakilkan kekuasaan supaya masih tetap efisien, ada empat hal yang perlu jadi perhatian.

Ada tiga elemen yang perlu disanggupi dalam delegasi kekuasan, pekerjaan, delegasi kekuasaan, dan pertanggungjawaban.

  • Kekuasaan yang didelegasikan harus diberikan pada orang yang tepat, baik itu secara kualifikasi atau fisik.
  • Kekuasaaan haruslah diberikan kepada seseorang dengan dibarengi pemberian motivasi.
  • Perlu bimbingan dari pejabat yang mendelegasikan kekuasaan.

Disamping itu, ada banyak faedah yang didapatkan dalam sebuah pendelegasian kekuasaan.

  • Pemimpin dapat memusatkan perhatiannya pada pekerjaan yang pokok saja.
  • Keputusan dapat dibuat dengan lebih cepat pada tiap unit.
  • Inisiatif dan tanggung jawab bawahan bisa dimotivasi, sehingga bawahan tidak hanya menunggu perintah atasan.
  • Mendidik bawahan dan membuatnya berkembang, sehingga kelak bawahan bisa menerima tanggung jawab yang lebih besar.
Baca Juga  Penyanyi Dangdut Inisial VU Ditangkap Polisi Terkait Narkoba

Rentang Kekuasaan

Rentang kekuasaan ditujukan supaya pimpinan dapat tentukan berapakah jumlah bawahan atau anggotan yang akurat. Hingga, proses memantau dan menuntun bisa berjalan baik dan tepat.

Tingkat Pemantauan

Tingkat pemantauan dilaksanakan untuk memudahkan komunikasi.

Kesatuan Perintah Dan Tanggung Jawab

Kesatuan perintah dan tanggung-jawab atau unity of command and responsibility yakni bawahan cuman bertanggungjawab ke satu atasan yang memberikannya perintah.

Koordinasi

Koordinir sebagai usaha untuk gerakkan semua aktivitas dalam organisasi agar memberi hasil semaksimal kemungkinan untuk capai arah dari satu organisasi.

Itu lah ya prinsip sebuah organisasi menurut Drs. M. Manullang. Untuk memperjelasnya, kamu dapat baca buku beliau, Beberapa dasar Management.

Prinsip Organisasi Menurut Para Ahli

Selainnya opini Drs. Manullang, berikut ada banyak opini dari beberapa pakar yang lain.

L. P. Alford dan Russel Beatty

Dalam tulisannya yang dengan judul Principle of Industrial Manajemen, L. P. Alford dan Russel Beatty (1951) menjelaskan, ada 7 prinsip organisasi.

  1. Prinsip tujuan atau principle of objective
  2. Prinsip wewenang dan tanggung jawab atau principle of authority and responsibility
  3. Prinsip wewenang pokok atau principle of ultimate authority
  4. Prinsip penugasan kewajiban-kewajiban atau principle of assignment to duties
  5. Prinsip definisi atau principle of definition
  6. Prinsip kesamaan atau principle of homogeneity
  7. Prinsip efektivitas organisasi atau principle of organization effectiveness

Henry Fayol

Ada 14 prinsip yang disampaikan oleh Henry Fayol, sama seperti yang diambil oleh Huse dan Bowditch (1977). Berikut 14 prinsip organisasi.

  1. Pembagian kerja atau division of work
  2. Wewenang dan tanggung jawab atau authority and responsibility
  3. Kesatuan perintah atau unity of command
  4. Disiplin atau discipline
  5. Kesatuan arah atau unity of direction
  6. Kepentingan individu dibawah kepentingan umum atau subordination of individual interest to general interest
  7. Gaji pegawai atau remuneration of personel
  8. Sentralisasi atau centralization
  9. Saluran jenjang atau scalar chain
  10. Ketertiban atau order
  11. Keadilan atau equity
  12. Kestabilan masa kerja pegawai atau stability of tenure of personnel
  13. Inisiatif atau initiative
  14. Kesatuan jiwa korps atau esprit de corp

Selainnya figur di atas, kamu bisa juga cari opini dari Prof. Dr. Sondang P. Siagian atau figur yang lain.

Mudah-mudahan sedikit info mengenai prinsip dari organisasi ini bisa berguna ya. Kamu dapat mempraktikkannya di kantor, sekolah, sosial, pengajaran, dan yang lain. Sampai bertemu kembali

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pendidikan

Sekolah Dan Siswa Wajib Miliki Akun LTMPT, Ini Alasannya

Published

on

Sekolah Dan Siswa Wajib Miliki Akun LTMPT, Ini Alasannya

Terbaru.co.id, Jakarta – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengharuskan sekolah dan siswa untuk membikin dan miliki akun LTMPT. Akun ini penting untuk registrasi di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).

Ketua LTMPT Prof Mochamad Ashari menjelaskan, langkah awal untuk ikuti penyeleksian akseptasi mahasiswa baru di PTN di bawah koordinir LTMPT memang sekolah dan siswa harus mempunyai akun LTMPT.

Tahun ini, ucapnya, penyeleksian akseptasi mahasiswa baru di bawah LTMPT akan buka peluang beberapa siswa untuk mendaftarkan 75 PTN (kampus dan institut), 39 politeknik negeri dan 11 perguruan tinggi keagamaan islam negeri yang lewat SNMPTN dan SBMPTN.

Ashari yang memegang sebagai Rektor ITS ini menerangkan, register akun yang perlu dibikin sekolah telah diawali semenjak 4 Januari kemarin. Dan untuk siswa dipersilakan membuat akun awal hari ini, Senin (10/1/2022).

“Untuk siswa diawali pada 10 Januari kelak sore . Maka siswa kelas 12 anda mulai bisa membuat akun kelak sore jam 15.00 WIB di LTMPT,” ucapnya pada Publikasi Register Akun LTMPT dan Verval Data dalam PMB 2022 di Youtube LTMPT, Senin (10/1/2022).

Selanjutnya, kenapa sekolah dan siswa diharuskan membuat akun LTMPT? Ashari menjawab, sekolah diharuskan karena sekolahlah harus mengupload data pelajar-siswinya yang eligible mendaftarkan ke SNMPTN.

Ia menerangkan, sekolah nanti akan membuat penilaian siswa berdasar legalisasinya. Untuk sekolah legalisasi A, ucapnya, diambil 40% terbaik di sekolahnya, legalisasi B 25 % dan legalisasi C 5 % terbaik di sekolahnya.

Selanjutnya untuk siswa kelas 12, katanya, wajib buat buka akun LTMPT karenanya akun itu siswa akan dibolehkan untuk pilih program study dan PTN yang diharapkan.

Baca Juga  Mengembangkan Potensi Generasi Muda

“Jika memang ingin turut di penyeleksian masuk PTN, harus anda semua buka akun di LTMPT. Kelak untuk mendaftarkan di SNMPTN dan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) SBMPTN,” katanya.

Ashari memberi pesan, supaya lancar saat membuat akun diharap telah pahami tata langkah membuat yang telah diumumkan oleh LTMPT. Selanjutnya signal internet dan piranti computer harus juga dipersiapkan secara baik.

Disamping itu, Ashari minta, supaya tiap peserta tidak boleh lakukan registrasi di beberapa akhir periode registrasi. Dijumpai, pembikinan akun siswa akan ditutup pada 15 Februari 2022.

“Hingga bila ada kesusahan, ada data yang kurang betul karena itu masih mempunyai waktu untuk lakukan revisi sampai account-nya itu kelak maka ” ujarnya.

Continue Reading

Pendidikan

Pertanyaan Tentang Hukum Taklifi

Published

on

Pertanyaan Tentang Hukum Taklifi

Pertanyaan Tentang Hukum Taklifi – Beberapa ahli usul fikih membagikan hukum taklifi jadi tiga kelompok: perintah, larangan, dan pilihan, untuk jalankan suatu hal atau meninggalkannya.

Dari ke-3 kelompok itu, mereka selanjutnya membagikan kembali jadi lima jenis, yakni wajib, haram, mandub (sunnah), mubah, dan makruh.

Satu perintah termasuk wajib atau fardhu jika perintah itu disertai dengan janji pemberian pahala untuk yang jalankan dan ancaman siksaan untuk yang tinggalkan.

Perintah wajib ini berdasar pada dalil-dalil yang telah qath’i atau pasti, yang tidak diragukan kembali keabsahannya.

Pengertian Hukum Taklifi

Hukum takhlifi adalah hukum yang berisi tuntutan kepada mukallaf untuk meninggalkan atau melakukan sesuatu, atau memilih diantara keduanya.

Pembagian

Al-ijab (wajib)

Yaitu suatu tuntutan secara pasti dari syari’at untuk dilaksanakan dan tidak boleh ditinggalkan, karena jika meninggalkan akan dikenai hukuman.

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.

Para ulama ushul fiqh mengemukakan pembagian hukum wajib bisa dilihat dari beberapa segi, yaitu, dari segi waktu pelaksanaan, dari segi kandungan perintah, dari segi orang yang dibebani kewajiban hukum, dan dari segi kuantitasnya.

Dari segi waktu pelaksanaan :

  • Muaqqat( Terikat waktunya ) sesuatu yang dituntut oleh syar’i untuk dikerjakan dengan pasti pada waktu tertentu, contoh : sholat 5 waktu, yang mana shalat itu tidak wajib sebelum datang waktunya.
  • Muthlaq (Tidak terikat waktu ) sesuatu yang dituntut oleh syar’i dengan pasti, namun tidak ditentukan waktu pelaksanaanya, contoh : Ibdah haji, yang manawajib bagi orang yang mampu, namun untuk melaksanakannya tidak dibatasi waktu tertentu.
Baca Juga  Kedudukan Dan Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional Dan Negara

Dari segi kandungan perintah:

  • wajib mu’ayyan, yaitu kewajiban yang telah ditentukan perbuatanya, seperti membaca fatihah atau tahiyat dalam sholat.
  • wajib mukhayyar, yaitu kewajiban yang objeknya dapat dipilih dengan alternatif yang ada. Seperti membayar kafarat.

Dari segi orang yang dibebani kewajiban hukum, dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Wajib aini, yaitu kewajiban yang dibeban kepada semua orang yang sudah baligh tanpa terkecuali. Seperti shalat fardhu.
  • Wajib kifayah, yaitu perbuatan yang dapat dilakukan secara kolektif, seperti menyelenggarakan sholat jenzah.

Dari segi kuantitasnya:

  • Wajib muhaddad, yaitu wajib yang ditentukan batas kadarnya (jumlahnya), seperti jumlah zakat yang harus dikeluarkan.
  • wajib qhairu muhaddad, yaitu kewajiban yang tidak ditentukan batas kadarnya, seperti membelanjakan harta dijalan Allah.

Continue Reading

Pendidikan

4 Tips Memulai Conversation

Published

on

4 Tips Memulai Conversation

Apakah kamu mengalami kesulitan berbicara bahasa Inggris? Terkadang bagian tersulit dari belajar bahasa Inggris adalah memulai percakapan. Pelajari ungkapan-ungkapan ini untuk memulai percakapan dalam bahasa Inggris dalam situasi apa pun – formal atau informal, di tempat kerja, sekolah, atau konteks lainnya! Jika hal tersebut sudah berhasil kita akan ke tahap berikutnya, yaitu tentang cara melanjutkan percakapan. Belajar bahasa Inggris dari dasar apalagi mengenai percakapan memang bukan hal yang mudah, tetapi kamu bisa merasakan hasilnya kelak.

Semua itu dapat dilakukan secara otodidak, tetapi jika kamu ingin di pandu oleh profesional, kamu bisa ikut kursus pada lembaga yang terpercaya. Misalnya adalah English First atau EF, mereka sudah banyak memiliki cabang dan juga memiliki program belajar yang menarik. Tidak percaya? Kamu bisa membacanya sendiri disini https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/courses/beginner/. Namun jika kamu lebih nyaman belajar sendiri secara otodidak, itu pun tidak menjadi masalah.

Lalu, bagaimana sih caranya untuk memulai melakukan conversation english? Atau percakapan bahasa Inggris. Berikut adalah yang bisa kamu lakukan :

1. Pembukaan

Langkah pertama adalah memecahkan kebekuan (memulai percakapan). Kamu dapat memperkenalkan diri dengan: “Halo, nama saya…” atau coba pendekatan yang lebih santai seperti “Hai, saya…” kamu dapat melanjutkan sapaan dengan pertanyaan sederhana seperti “Dari mana kamu berasal?” Ada baiknya untuk memulai dengan sesuatu yang mudah dan impersonal untuk membantu kamu membangun kepercayaan diri

2. Topik yang Cocok

Cara yang baik untuk menjaga percakapan tetap berjalan adalah dengan membicarakan sesuatu yang kamu miliki bersama. Misalnya, jika kamu bertemu seseorang di sebuah pesta, kamu dapat menanyakan bagaimana mereka mengenal tuan rumah

Baca Juga  Bentuk Dan Jenis Koperasi

3. Tanggapan yang Sesuai

Agar percakapan tetap berjalan, penting untuk menanggapi apa yang orang katakan, misalnya, “Itu pasti menarik!” atau “Benarkah? Saya belum pernah mencobanya.”

4. Teknik Mendengarkan

Bercakap-cakap di ‘dunia nyata’ selalu lebih menantang daripada berbicara di dalam kelas. Tapi jangan menyerah! Ingat, kamu tidak harus memahami setiap kata: berkonsentrasilah pada kata-kata yang kamu pahami alih-alih terpaku pada kata-kata yang tidak kamu pahami.

Itulah tips yang bisa kami berikan, jika kamu menginginkan tips atau pun contoh lainnya kamu bisa mengunjungi website kami loh. Disana kamu banyak menulis tentang belajar bahasa Inggris dari yang pemula sampai fasih. Silahkan kunjungi link berikut, https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/courses/conversation/ selamat membaca!

Continue Reading

Trending