PMI Pamekasan Target 14.400 Kantong Darah

PMI Pamekasan Target 14.400 Kantong Darah

PMI Pamekasan Target 14.400 Kantong Darah

Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, mematok target sebanyak 14.400 kantong darah untuk mengantisipasi dan mengamankan stok darah pada 2019.

Terlebih pada 2019, mereka kembali mengusung tagline Gerakan Seribu Dara

Manja alias dua ratus kantong darah. “Tahun ini kita berharap jumlah kantong darah meningkat dibandingkan tahun lalu,” kata Kepala UTD PMI Pamekasan, Achmad Syafirullah, Minggu (13/1/2019).

“Jadi melalui tagline Seribu Dara Manja 2019, target kita sebanyak 14.400 kantong darah untuk mengamankan stok dan kebutuhan darah di wilayah Pamekasan, Sampang dan Sumenep, menuju Pamekasan Hebat,” ungkap pria yang akrab disapa Dokter Syafi.

Target tersebut bukan tanpa alasan, sebab pihaknya mengacu pada program

Gerakan Seribu Kantong Menyelamatkan Jiwa alias ‘Gesekan Manja’ yang direalisasikan pada 2018. “Selama 2018 kami mengumpulkan sebanyak 12.088 kantong darah berbagai jenis,” jelasnya.

“Alhamdulillah target ‘Gesekan Manja’ 2018 tercapai lebih dari 100 persen, dalam artian pengumpulan kantong darah pada tahun lalu melampau dari target yang kita canangkan,” sambung Dokter Syafi.

Hanya saja memasuki awal Januari 2019, pihaknya juga mengalami

kekurangan jenis darah golongan A. “Sebenarnya stok darah untuk golongan darah A kita cukup, tapi menipis. Saat ini stok darah yang ada tersisa tujuh kantong dari total 233 kantong yang ada,” imbuhnya.

Dari itu pihaknya berharap atensi dari masyarakat, khususnya para relawan dan pendonor untuk selalu rutin mendonorkan darah demi kemanusiaan. “Tentu saat ini kita berharap ada pendonor sebagai upaya mengantisipasi kekosongan stok darah khususnya golongan A,” harapnya

 

Sumber :

https://situsiphone.com/