Terbaru.co.id — Kalau mendengar istilah lemari arsip, identik dengan perlengkapan kantor. Lemari arsip berguna untuk tempat penyimpanan dokumen atau file kantor supaya lebih aman dan terorganisasi.
Lalu, apakah keamanannya bisa terjamin 100%? Jika berbicara tentang tingkat keamanan, berkaitan erat dengan bahan pembuatannya. Lalu, apa saja jenis lemari arsip untuk kantor?
Macam Lemari Arsip
Pemilihan lemari arsip pada dasarnya disesuaikan dengan luasnya ruangan. Tidak mungkin kalau lemari arsip besar ditempatkan di kantor yang kecil. Untuk itu, pemilihan lemari sangat ditentukan oleh besar kecilnya ruangan.
Lalu, seberapa pentingkah lemari arsip itu? Seperti yang kita ketahui, baik perusahaan berskala kecil, menengah ataupun besar, semuanya memerlukan lemari arsip. Fungsi lemari arsip tersebut adalah sebagai tempat pengarsipan berkas dan dokumen penting perusahaan.
Pada umumnya, lemari pengarsipan berisi dokumen dan file yang diurutkan berdasarkan tanggal surat masuk dan surat keluar. Selain itu, dokumen juga bisa diurutkan sesuai jenis suratnya. Misalnya surat perjanjian, surat penawaran, dan lain-lain.
Bahan Pembuatan Lemari Arsip
Pada dasarnya, lemari pengarsipan itu tersedia dalam beragam model. Namun dari segi bahan pembuatannya, lemari arsip terbagi menjadi beberapa jenis.
Lemari Arsip Model Kayu
Pertama adalah model lemari arsip kayu dengan pintu panel. Di antara jenis lemari arsip lainnya, lemari ini lebih dulu dipakai.
Model lemari pengarsipan dengan pintu panel biasanya diletakkan di bawah meja kerja atau di sampingnya. Tujuannya tentu saja agar mempermudah saat kita mencari dokumen-dokumen penting tersebut. Dengan demikian, kita bisa mudah mengambil dokumen-dokumen tersebut jika dibutuhkan.
Sementara itu, ada juga lemari kayu dengan pintu kaca. Model lemari seperti ini merupakan salah satu wujud inovasi yang bertujuan agar dokumen-dokumen bisa terlihat dengan jelas. Dengan menggunakan kaca sebagai penutup, dokumen yang disusun bisa terlihat dari luar. Oleh karena itu, tata cara peletakkan dokumen juga harus rapi, agar saat mencarinya tidaklah sulit.
Nah, untuk Anda yang bekerja di ruangan kantor, sangat cocok untuk menggunakan lemari berbahan dasar kayu. Hal ini dikarenakan, lemari kayu cocok disimpan di ruangan kantor yang kering. Dengan begitu, keawetan kayunya bisa terjaga.
Lemari Arsip Besi
Seiring dengan berjalanan waktu, teknologi semakin canggih, zaman pun semakin maju. Kemajuan juga terlihat dari model lemari arsip baru. Kini muncul lemari arsip besi yang keawetannya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan lemari kayu.
Untuk pemilihan bukan hanya disesuaikan dengan ukuran, melainkan juga tipe. Hal ini dikarenakan, penempatan lemari berpengaruh terhadap keindahan suatu ruangan. Oleh karena itulah, tidak bisa sembarangan membeli lemari arsip.
Jika salah memilih lemari, akan membuat ruangan terlihat kurang apik. Dengan begitu, sebelum menentukan pilihan, sebaiknya harus mencari informasi lebih seputar lemari pengarsipan.
Selain lemari arsip besi, ada juga filling cabinet. Sebagian orang sudah taka sing lagi dengan alat kantor yang satu ini. Selain dipakai untu keperluan kantor, filling cabinet juga dipakai untuk kebutuhan rumah tangga.
Filling Cabinet
Filling cabinet terdiri dari berbagai macam pilihan. Mulai dari tipe filling cabinet 2 laci sampai dengan 5 laci. Di antara jenis tempat pengarsipan lainnya, filling cabinet menjadi pilihan favorit.
Media pengarsipan lainnya adalah Mobile File. Media penyimpanan ini keuntungannya memiliki fleksibilitas yang tinggi dan mudah untuk dipindahkan. Hal ini dikarenakan, mobile file dilengkapi dengan roda yang memudahkan untuk memindahkannyaa. Di samping itu, Anda bisa menggunakan mobile file untuk transportasi file.
Mobile file bisa menjadi akomodasi yang terbaik. Selain itu, mobile file merupakan media penyimpanan terbaik untuk file atau dokumen terbaik. Anda bisa mengatur file dalam lemari sekaligus memberi nilai lebih terhadap desain interior sebuah ruangan.
Pada dasarnya, setiap jenis penyimpan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika masih bingung memilih lemari pengarsipan jenis apa, sebaiknya cari tahu kelemahan dan kelebihannya di internet.
Dengan beragam informasi yang telah didapat, nanti bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli lemari pengarsipan. Karena selain sebagai tempat file dan dokumen kantor, penempatan lemari arsip juga harus bisa memberikan nilai estetika terhadap suatu ruangan.
Perlengkapan Kantor Lainnya
Ada juga perlengkapan kantor lainnya yang tak kalah penting dari lemari pengarsiapan. Apa saja? Salah satunya adalah alat tulis. Meskipun sekarang pekerjaan bisa dikerjakan denngan praktis menggunakan computer, namun bukan berarti tidak membutuhkan peralatan tulis lagi.
Dalam kenyataannya, alat tulis menajdi salah satu kebutuhan kantor yang harus dipenuhi. Misalnya untuk pembukuan. Untuk mereka yang memegang tanggung jawab dibagian pengadaan barang, tentu membutuhkan buku besar untuk pembukuannya.
Iya, meskipun pembukuan bisa dilakukan dengan menggunakan komputer, namun menulisnya di buku besar juga penting. Mengapa? Seperti yang kita ketahui, secanggih apa pun komputer tak selamanya membantu.
Seperti yang kita tahu, ancaman virus computer berbahaya bagi keamanan komputer. Meski sudah dilindungi dengan antivirus, namun tidak menjamin 100% aman.
Di samping itu, ada juga perlengkapan kantor lainnya, yaitu komputer. Dari tadi, kita sudah menyinggung perihal kegunaan komputer di kantor. Iya, komputer mempermudah pekerjaan seseorang. Salah satunya mempermudah kita untuk menyimpan berkas dan dokumen.
Menyimpan berkas atau dokumen di komputer tentu jauh lebih terstruktur. Dengan demikian, jika suatu waktu membutuhkan data-data tersebut, kita bisa mencarinya dengan mudah.
Perlengkapan kantor lainnya adalah perihal perabot. Perabot yang dimaksud di sini adalah benda-benda kantor yang terbuat dari baja atau kayu yang dogunakan untuk pekerjaan bagian tata usaha.
Menjaga Perlengkapan Kantor Agar Awet
Salah satu perabotan kantor yang dimaksud adalah meja kantor. Meja kantor yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya adalah sebagai berikut.
Pertama, usahakan menghindari pemakaian permukaan meja yang mengkilat. Hal ini bertujuan agar tidak menyilaukan mata pegawai yang memakainya. Karena tanpa disadari, hal itu akan menggangu konsentrasi pegawai saat bekerja.
Kedua, pilihlah permukaan meja yang tidak tertutup seluruhnya sampai bawah. Bagian bawah harus tetap terbka, agar kaki mempunyai tempat yang cukup untuk peredaran udara.
Ketiga, jangan memilih meja yang terlalu luas. Pilihlah luas meja sesuai kebutuhan. Hal ini bertujuan, agar meja dapat berfungsi secara lebih efisien.
Dilihat dari ukuran dan fungsinya, meja kantor terbagi menjadi beberapa jenis. Di antaranya adalah meja besar, meja ini biasa digunakan oleh direktur dengan panjang 121 cm dan lebar 80 cm.
Ada juga meja sedang yang biasa digunakan oleh kepala bagian denagn panjang 96 cm dan lebar 71 cm. Sementara itu, untuk pegawai biasa menggunakan meja dengan ukuran panjang 120 cm dan lebar 72 cm. Namun untuk seorang desainer, biasanya membutuhkan meja khusus, dengan rancangan yang berbeda dari biasanya.
Terakhir ada meja rapat yang fungsinya tentu saja untuk keperluan rapat. Biasanya menggunakan meja panjang, karena diikuti oleh banyak orang.
Nah, sekarang sudah tahu kan beragam bahan lemari arsip dan kegunaannya. Jadi mau pilih yang mana?
Sekian ulasan mengenai lemari arsip dan perlengkapan kantor lainnya. Semoga ulasan yang disajikan bermanfaat bagi para pembaca.