Perkembangan Sosio-Emosional Pada Masa Remaja

Perkembangan Sosio-Emosional Pada Masa RemajaPerkembangan Sosio-Emosional Pada Masa Remaja

  1. Identitas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa masa remaja adalah masa pencarian jati diri, yang artinya dalam mas ini individu belum menemukan identitasnya dan tengah mengumpulkan identitas diri dengan segala torinya.

Erik Erikson menyebutkan bahwa pencarian identitas selama remaj dibantu oleh moratorium psikososial , yaitu kesenjangan antara keamanan masa kanak kanak dan otonomi dewasa. Pada masa ini masyarakat biasaya membiarkan remaja bebas dari tanggung jawab dan mencoba identitas yang berbeda, akibatnya remaja menjadi bereksperimen dengan peran dan kepribadian berbeda, yang bertujuan untuk mencari kecocokan mereka dengan dunianya, sehingga tidak sedikit remaja yang mengalami kebingungan identitas, Damon menyatakan bahwa dalam masa ini remaja tidak bisa ditinggalkan sendiri, melainkan harus didampingi guru atau mentor untuk bisa membantu remaja mengembangkan identitas positif.

Marcia mengelompokkan identitas kedalam empat status, yaitu :

  • Identity diffusion, yaitu individu yang belum mengalami krisis atau belum membuat komitmen apapun yang bisa ia jadikan identitas.
  • Identity disclouser, status individu yang sudah membuat komitmen tapi belum mengalami krisis
  • Identity moratorium, status individu ditengah tengah krisis , tapi komitmen hanya samar samar didefinisikan.
  • Identity achivement, adalah status individu yang mengalami krisis dan telah membuat komitmen.

Sumber :

https://civitas.uns.ac.id/kasiono/jasa-penulis-artikel/