Pengertian Planet

Pengertian Planet

Pengertian PlanetPengertian Planet

 

Pengertian planet secara umum ialah benda langit yang mengelilingi matahari dengan lintasan serta kecepatan tertentu. Planet ialah benda langit yang berwarna gelap, tidak memiliki cahaya sendiri, dan selalu mengelilingi sebuah bintang sejati atau sering kita sebut matahari. Planet mampu melakukan gerak revolusi dan gerak rotasi, gerak rotasi ialah planet mengelilingi matahari dengan satu putaran penuh, sedangkan gerak revolusi ialah planet berputar pada porosnya. Saat ini kita tinggal pada planet yang bernama bumi, di planet bumi terdapat makanan, tumbuhan, air, tanah, dll. Karena alasan itulah manusia tinggal dibumi. Semua planet-planet ini merupakan ciptaan ALLAH SWT karena allah maha kuasa.

Terdapat beberapa planet yang berada pada sistem tata surya, antara lain : Merkurius, Saturnus, Yupiter, Bumi, Venus, Mars, Neptunus, Uranus, dan Pluto. Berdasarkan dari jaraknya dengan matahari, planet Merkurius dan Venus disebut sebagai planet dalam atau planet inferior, sedangkan Planet Yupiter, Mars, Saturnus, Uranus, serta Pluto di sebut sebagai planet luar atau planet superior. Dari dua macam kelompok planet ini dipisahkan oleh planet bumi (bumi sebagai pembatas). Agar lebih jelas mari kita simak lagi, berikut ciri-ciri planet dan macam-macam planet.

Planet Dalam Dan Planet Luar
Planet yang berada dalam tata surya, terbagi menjadi dua kelompok yaitu planet dalam dan planet luar. Planet dalam terdiri atas Planet Merkurius, Mars, Bumi, dan Venus. Sedangkan planet luar terdiri atas planet Neptunus, Saturnus, Uranus, dan Yupiter. Berikut ciri-ciri planet dalam dan planet luar, antara lain :
Planet Dalam
Terbentuk dari logam serta batu.
Mempunyai permukaan yang bertekstur padat.
Memiliki satelit yang berjumlah sedikit.
Tidak memiliki cincin.
Planet Luar
Terbentuk dari helium dan hidrogen.
Memiliki cincin serta atmosfer yang berukuran tebal.
Memiliki banyak satelit.

Macam-macam Planet

Planet Merkurius
Planet Merkurius
Nama Merkurius merupakan asal nama dari dewa kurir yang berasal dari kerajaan Romawi. Planet Merkurius merupakan sebuah planet yang mempunyai letak paling dekat dari Matahari, hal ini membuat suhu pada permukaan di siang hari dapat mencapai hingga 400 derajat celcius, namun disaat malam hari akan turun hingga mencapai suhu 180 derajat celcius. Pengertian planet Merkurius adalah planet paling kecil yang ada dalam sistem tata surya, tapi memiliki berat yang hampir menyamai berat dari planet bumi. Hal ini karena Planet Merkurius tersusun atas besi yang berukuran sangat besar hingga berdiameter 3.600 km. Dimana waktu yang paling tepat untuk guna mengamati Planet Merkurius ialah pada waktu menjelang pagi atau saat senja.
Ciri-ciri planet Merkurius
Waktu untuk rotasi 58,64 hari.
Waktu untuk revolusi 88 hari.
Diamater 4.879 km.
Suhu 167 derajat celcius.
Tidak memiliki satelit.
Jarak dari Matahari 57,9 juta km.
Tidak memiliki cincin.
Planet Venus
Planet Venus
Nama Venus berasal dari nama dewi cinta dan dewi kecantikan dari bangsa Romawi. Bukan hanya itu saja, Planet Venus juga dikenal dengan sebutan bintang sore atau bintang kejora, hal ini karena Planet Venus bisa kita amati pada waktu petang hari dan juga pada waktu sebelum matahari terbit. Planet Venus terlihat seperti bintang pada saat malam hari, hal ini karena Planet Venus memiliki lapisan atmosfer yang berukuran tebal serta mampu untuk memantulkan sinar matahari secara baik. Planet Venus merupakan planet terpanas yang ada dalam sistem tata surya dan mempunyai suhu sekitar 470 derajat celcius. Planet Venus ialah satu-satunya planet yang mampu berputar dengan searah ngan jarum jam.
Ciri-Ciri Planet Venus
Waktu untuk rotasi 243 hari.
Waktu untuk revolusi 224,7 hari.
Memiliki diamater 12.104 km.
Suhu rata-rata 464 derajat celcius.
Tidak memiliki satelit.
Jarak dari matahari 108,2 juta km.
Tidak memiliki cincin.
Matahari terbit dari barat dan terbenam di timur, dikarena arah rotasi Planet Venus dari arah timur menuju ke barat.
Planet Venus merupakan planet paling panas yang tertutupi sebuah awan tebal karbon dioksida. Apabila terdapat radiasi dari matahari, mampu menyebabkan radiasi tersebut sulit untuk keluar.
Planet Bumi
Planet Bumi
Planet Bumi adalah salah satu planet dijagad raya yang dapat dihuni. Karena di Planet Bumi lah satu satunya planet yang mempunyain suhu relatif tetap. Suhu di Planet Bumi dapat terjaga tetap sehingga air tersedia cukup dalam bentuk cair,suhu di Planet Bumi juga dapat menjaga keseimbangan berbagai macam organisme penghasil oksigen agar tetap hidup. Tebal atmosfer Planet Bumi mencapai 700 km,yang mana sebagian besar dari atmosfer tersebut terdiri dari nitrogen dan oksigen. Luas Planet Bumi hampir 70% permukaannya merupakan air dan sisanya berupa daratan.
Ciri-ciri Planet Bumi
Waktu rotasi 23 jam 57 menit.
Waktu revolusi bumi 365, 242 hari.
Diameter Bumi 12.756,3 km.
Suhu normal rata-rata 15 derajat celcius.
Memiliki 1 satelit.
Jarak rata-rata dari Matahari 149, 6 juta km.
Tidak memiliki cincin.
Planet Bumi, satu satunya planet yang menjadi sumber kehidupan bagi makhluk yang hidup didalamnya termasuk manusia, mempunyai suhu yang cocok bagi kelangsungan hidup, air dan tersedianya cukup oksigen.
Planet Bumi mempunyai warna biru, hal ini disebabkan adanya partikel udara di atmosfer yang memantulkan cahaya berwarna biru.

Bca juga:

  1. Tips Jitu Menghilangkan Jerawat di Wajah
  2. Cara Ampuh Menghilangkan Komedo
  3. Rehat yang cukup
  4. Elakkan makanan dengan kadar kolesterol tinggi