PENGERTIAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MENURUT PARA AHLI

Berkomunikasi adalah sebuah kebutuhan. Karena sebagai makhluk sosial manusia saling membutuhkan antar sesama. Dalam hal itu pun banyak faktor yang diperlukan. Baik secara psikologis maupun faktor – faktor lain yang memengaruhinya. Seperti halnya komunikasi interpersonal yang harus diterapkan ketika berinteraksi dengan sesama manusia.

Dalam penerapannya, komunikasi interpersonal ini juga memiliki beberapa teori dan tahapan – tahapan tertentu demi terciptanya bentuk komunikasi yang efektif serta efisien. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai pembahasan teori komunikasi interpersonal.

Menurut G.R Miller dan M. Steinberg

mengatakan bahwa komunikasi secara interpersonal dapat dipandang sebagai komunikasi yang terjadi dalam suatu hubungan interpersonal. (komunikasi menurut para ahli : 1975)

Judy C. Pearson, dkk, menyatakan sebagai mana bahwa komunikasi ini adalah proses yang menggunakan pesan – pesan sebagai media perantara untuk menyampaikan maksud tertentu antara dua orang atau lebih dalam suatu interaksi. (2011)

Sedangkan menurut Ronald B. Adler, dkk, mengungkapkan bahwa komunikasi dengan sesama ini merupakan komunikasi secara kontekstual. (teori dramaturgi : 2013)

Joseph De. Vito, mengungkapkan bahwa komunikasi secara interpersonal adalah interaksi verbal dan nonverbal yang dilakukan antara dua orang atau lebih, yang diantaranya memiliki ketergantungan. (2013)

Menurut Effendi (dalam Sunarto : 2003) mengatakan bahwa komunikasi secara interpersonal merupakan bentuk komunikasi paling efektif yang terjadi antara komunikan dan komunikator. Karena dalam interaksinya kita dapat melihat secara keseluruhan bentuk sikap dan raut wajah dari lawan bicara.

Dari beberapa pengertian para ahli tersebut bisa dinyatakan sebagai berikut. Komunikasi interpersonal merupakan bentuk komunikasi yang paling efektif apabila digunakan. Dari pernyataan Effendi tersebut sudah menitikberatkan kualitas interaksi antar sesama komunikator dan komunikan. Namun, hal itu tidak bisa dilihat secara kasat mata, apakah komunikasi ini berlangsung secara baik atau tidak.

Oleh karenanya, komunikasi interpersonal ini juga memiliki komponen – komponen penting dalam melakukan sebuah interaksi efektif. Berikut komponen yang tersaji dalam komunikasi ini .


Sumber: https://ins-conference.org/mine-quest-2-apk/