Pengertian File

Pengertian File

Table of Contents

Pengertian File

Pengertian File

File adalah

kumpulan berbagai informasi yang berhubungan dan juga tersimpan di dalam secondary storage, secara konsep file memiliki beberapa tipe ada yang bertipe Data terdiri dari numeric, character dan binary. Lalu ada juga file yang bertipe program, atau definisi file ialah arsip ataupun data yang tersimpan di dalam komputer.


Dikutip dari wikipedia bahwa pengertian file adalah suatu identitas dari data yang disimpan di dalam sistem berkas yang dapat diakses dan diatur oleh pengguna. Sebuah berkas atau file mempunyai nama yang unik dalam suatu direktori atau folder dimana file itu berada.

Setiap software atau program pastilah memiliki jenis atau tipe file tersendiri. Sebagai contoh, misalnya program Photoshop secara default filenya berjenis PSD, MS PowerPoint berjenis PPT, MS Word berjenis DOC, dan lain sebagainya. Format atau jenis file pada program-program tersebut umumnya dikembangkan oleh perusahaan yang menciptakan program yang bersangkutan. Meskipun tidak bisa digeneralisasi, namun jenis file yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan penghasil software umumnya bertujuan untuk memberikan identitas pada dokumen yang dihasilkan atas penggunaan software tersebut.


Keragaman jenis file berpengaruh pada keragaman program yang digunakan untuk membuka atau mengakses jenis file tersebut. Jenis file tertentu umumnya hanya bisa dibuka menggunakan program yang menghasilkan jenis file itu. Namun kini hal tersebut tidaklah berlaku mutlak, karena telah banyak bereddar program yang dapat digunakan untuk membuka atau mengakses file dengan jenis tertentu. Misalnya jenis file ZIP atau RAR yang awalnya hanya bisa dibuka dengan program penghasil jenis file tersebut, kini dapat diakses melalui program lain seperti 7Zip dan lain sebagainya.


Selain format, ada pula yang disebut dengan file extension. Sebagaian orang, mungkin juga termasuk anda beraanggapan bahwa antara format file dengan file extension memiliki pengertian yang sama. Secara sekilas memang format file tidak jauh berbeda dengan file extension, terutama dalam hal penyebutan nama jenis file.

Namun, jika ditelisik secara lebih mendalam, format file berbeda dengan file extension. File extension umumnya terdiri atas tiga atau lebih karakter yang ditempatkan pada akhir nama sebuah file. Adapun fungsi file extension, yaitu membantu mempermudah sistem operasi komputer untuk mengidentifikasi informasi data yang terdapat dalam file beserta dengan aplikasi atau program yang terkait dengan file tersebut.


Format file cenderung mengarah pada nama jenis file, sedangkan file extension merupakan salah satu metode untuk mengidentifikasi jenis file. Secara lebih jauh, format file umumnya dituliskan dalam huruf kapital, sedangkan file extension dituliskan dalam huruf kecil yang mengikuti nama file. Sebagai contoh, misalnya untuk jenis file video salah satu formatnya adalah flv sehingga sering kali ditulis file FLV. Sementara untuk menunjukkan extension untuk format file tersebut adalah .flv. Dari sini jelas bahwa format file dengan extension file memiliki perbedaan pada cara penulisannya. Meskipun demikian, file extension biasanya terdiri atas karakter yang sama dengan format file.


Baca Juga :