Pemrograman Dengan Logo

Pemrograman Dengan Logo

Pemrograman Dengan Logo

Pemrograman Dengan Logo
Pemrograman Dengan Logo

Apa itu Logo?

Logo adalah bahasa pemrograman komputer, bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer.

Keunikan bahasa pemrograman ini adalah perintah-perintahnya dapat diterjemahkan dengan mudah ke dalam bahasa lokal dari pemrogramnya, sehingga banyak pemrogram dapat membuat program di dalam bahasa ibunya (native language).

Bahasa Logo ideal untuk pengajaran kepada anak-anak tentang pemrograman komputer, geometri, dan matematika.

Salah satu sebab banyak anak-anak menyukai Logo adalah karena kura-kuranya (turtle), yaitu sebuah icon (sprite) yang dapat digerakkan berkeliling layar dengan menggunakan perintah yang sederhana, dan dapat diprogram untuk menggambar objek-objek.

Versi pertama bahasa pemrograman Logo diciptakan oleh Seymour Papert dari Labortorium Artifisial Intelijen di MIT (Massacushet Institute of Technology), pada tahun 1967, sebagai sebuah ofshoot bahasa pemrograman LISP. Dari versi inilah kemudian muncul banyak versi Logo beredar. Pada tahun 1980, Logo mendapatkan momentum, dengan adanya versi dalam sistem MSX, Commodore, Atari, dan IBM PC. Versi-versi ini secara utama untuk kebutuhan pendidikan.

LCSI mengeluarkan MacLogo pada tahun 1985 sebagai tool untuk pemrogram profesional, tetapi sayangnya tidak berkembang. MIT tetap memaintain sebuah situs untuk Logo, dapat ditemukan diĀ http://el.media.mit.edu/logo-foundation.

KTurtle

Saat ini, beberapa versi Logo dapat dengan mudah ditemukan di situs Logo MIT atau dengan menggunakan pencarian sederhana dari Google. Logo KTurtle merupakanĀ  salah satu versi Logo di Linux, dengan window manager KDE. Versi ini merupakan versi yang diperuntukkan pendidikan dasar pemrograman, sehingga tidak dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pemrogram profesional.

Baca Juga :