Pemprov. Jabar Ungkap Rencana Pembangunan Monorel

Pemprov. Jabar Ungkap Rencana Pembangunan Monorel

Pemprov. Jabar Ungkap Rencana Pembangunan Monorel
Pemprov. Jabar Ungkap Rencana Pembangunan Monorel

BANDUNG. Pemprov. Jabar mengungkapkan rencana

pembangunan monorel di wilayah Metropolitan Bandung. Penjelasan tersebut diungkapkan Kadishub Jabar, Deddy Taufik dalam keterangannya kepada wartawan (6/2). Deddy, atas rencana tersebut memaparkan, dari sisi wilayah yang menjadi sasaran pembangunan monorel adalah area Bandung Raya. Adapun jalur monorel yang disiapkan adalah untuk koridor Tanjungsari-Leuwipanjang.

Dengan terbangunnya jalur monorel tersebut, setidaknya

dapat mengatasi kepadatan lalu lintas khususnya di sekitar Jalan Soekarno-Hatta. Berkenaan dengan rencana tersebut, Pemerintah Daerah berkewajiban untuk membebaskan lahan.

Sehubungan dengan rencana tersebut, beberapa minggu yang lalu telah diselenggarakan pertemuan dengan beberapa daerah antara lain : Pemkab Sumedang, Pemkab KBB, Pemkab Bandung, Pemkot Bandung dan Pemkot Cimahi . Dari pertemuan tersebut seluruh daerah tersebut mendukung terealisasinya pembangunan monorel di area wilayah Metropolitan Bandung, termasuk diantaranya upaya pembebasan lahan.

Sementara itu, berapa luas lahan yang akan dibebaskan kini

dalam tahapan perhitungan. Namun, untuk dana yang dibutuhkan pembangunan monorel jalur Tanjungsari-Leuwipanjang mencapai Rp.5 trilyun sehingga untuk aspek pendanaannya akan didanai oleh investor.

Demikian juga untuk Pembuatan FS, juga akan dilaksanakan oleh pihak swasta. Tentang target selesainya pembangunan monorel tersebut, mengingat ditahun 2018 harus terbangun sistem transportasi terpadu secara nasional dari Jakarta-Bandung-Cirebon-Surabaya, maka monorel yang dibangun di wilayah Metropolitan Bandung juga harus sinegis dengan rencana sistem transportasi terpadu nasional.

Sejalan dengan rencana pembangunan monorel, FS untuk pembangunan kereta api listrik dari Padalarang-Cicalengka juga siap dibuat. FS ini dibuat oleh pihak swasta yang didatangkan dari Negara Perancis.

Harapannya, dengan pembuatan sistem transportasi terpadu diantaranya monorel dapat terbangun sarana transportasi yang menjamin kondisi aman, nyaman dan selamat kepada masyarakat. Sehubungan dengam harapan tersebut,ujar Deddy  stasiun terpadu juga diwujudkan. (Nur)

 

Sumber :

https://scalar.library.yorku.ca/education/ciri-ciri-bakteri