Pemkot Probolinggo Belajar Kebijakan KTR

Pemkot Probolinggo Belajar Kebijakan KTR

Pemkot Probolinggo Belajar Kebijakan KTR

 

Pemkot Probolinggo Belajar Kebijakan KTR

Dalam rangka mengkaji kebijakan mengenai Kawasan Tanpa Rokok (KTR)

Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Bogor. Kunjungan kerja tersebut dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Probolinggo, Bambang Agus Suwignyo dan diterima langsung Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat di ruang Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Kamis (22/11/2018).

Sekda Probolinggo

Bambang Agus Suwignyo mengungkapkan, tujuan mereka datang ke Kota Bogor untuk menimba ilmu terkait pelaksanaan KTR. Dipilihnya Kota Bogor karena berdasarkan referensi Kota Bogor adalah salah satu kota yang sudah memperoleh predikat baik dalam penerapan KTR.

“Kami datang ke Kota Bogor untuk menimba ilmu kira-kira apa yang bisa diterapkan di Probolinggo,” ujar Bambang.

Dia menyebutkan, dari paparan Sekda Kota Bogor beserta tim KTR banyak hal yang bisa dibawa dan diterapkan di Probolinggo. Yang paling menarik adalah terkait penegakan Perda KTR Nomor 12 Tahun 2009. Ada Tindak Pidana Ringan (tipiring) KTR di angkutan kota, restoran dan juga inspeksi mendadak (sidak) di perkantoran.

“Itu contoh yang baik agar masyarakat di kota kami disiplin mematuhi Perda,” kata Bambang.

Bambang mengakui, meski Kota Probolinggo sudah menerapkan KTR dan juga memperoleh penghargaan tingkat kedua, namun masih ada beberapa permasalahan. Salah satunya adalah tentang iklan rokok. Terutama iklan rokok dari perusahaan-perusahaan besar yang terpampang dalam bentuk LCD, Videotron dan sebagainya.

Bambang Pemkot Probolinggo

Kedepan, lanjut Bambang Pemkot Probolinggo akan mencoba melarang dan melakukan sosialisasi tertentu. Dalam hal ini tentunya mengundang perusahaan rokok besar dan kecil agar tidak mengiklankan rokoknya karena sudah ada Perdanya.

Perda KTR

Tidak hanya penegakan Perda KTR, dirinya juga terpesona dengan keindahan Kota Bogor. Menurutnya Kota Probolinggo adalah kota kecil yang berada di pinggir pantai dan tidak mempunyai banyak memiliki obyek wisata seperti Kota Bogor.

Artikel Terkait: