Musik Tradisional

Musik Tradisional

 

b.    Musik mancanegara

 

Musik tradisional adalah musik yang dipengaruhi oleh adat, tradisi dan budaya masyarakat tertentu. Pada umumnya, musik tradisi menjadi milik masyarakat bersama. Tidak diketahui siapa pencipta dari musik tradisi, baik yang berupa music instrumental maupun vokal. Musik tradisional dengan kesederhanaannya merupakan warisan seni budaya leluhur yang memiliki niali tinggi. Karena tingginya nilai musik ini maka musik ini selalu dicintai dan dipertahankan atau dilestarikan oleh masyarakat. Istilah musik tradisional ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dunia, seperti negara-negara di Eropa musik tradisinya ialah Musik Klasik,Musik Jazz, Musik Blues, Musik Countri, Musik Ska, dan Musik Reggae.

Musik Mancanegara adalah music yang dipengaruhi oleh adat, tradisi, budaya masyarakat setempat dalam suatu negara. Sebuah musik tradisional mancanegara menggambarkan kebudayaan yang dianut. Musik  Mancanegara memiliki ciri khas, karakter, dan keunikan sendiri. Musik Mancanegara  umumnya berperan dalam acara keagamaan, acara pesta panen, atau acara perhelatan perkawinan.

Beberapa negara di dunia memiliki music dengan jenis dan macamnya yang beraneka ragam dan berbeda. Di Prancis, permainan musik accordion berfunggsi sebagai pengiring dansa. Irlandia dan Eropa Timur, masyarakat tradisional dengan bersemangat memainkan alat musik biola sebagai hiburan dan acara pesta. Di Scotlandia dengan alat musik bagpipe (pipa berkantung ) digunakan untuk bersenandung dan sebagai kelompok musik militer Scotlandia dengan  kelengkapan genderang. Fungsi musik tradisional India , negara yang mayoritas beragama Hindu ini musik digunakan untuk mengiringi tari-tarian; untuk tata suara teater tradisional sampai teater modern atau film ; untuk upacara keagaaman (Hindu); dan sebagai musik istana(kerajaan).Di RRC orang –orang Thionghoa memainkan music tradisional fungsinya adalah sebgai pengiring opera atau teater tradisional China, untuk upacar apanen dan upacara adat, dan sebagai musik kerajaan(istana) pada zaman dahulu. Di Jepang (negara Sakura) seni musik tradisional merupakan seni yang mendapat tempat di negerinya karena orang Jepang, meskipun bangsa maju (modern), mereka tetap memegang teguh dan menjunjung tinggi nilai-nilai kepribadian  dan adat luhur bangsa.  Seni musik dijunjung tinggi untuk mengantar sejenis pemujaan  berhala. Musik dalam upacara tersebut dinamakan “ Kamin Gura” (music kami). Disamping itu musik digunakan dalam mengiringi pawai tradisi. Di negeri Korea dikenal Chwita adalah jenis music militer yang dimainkan di istana ketika gerbang utama dibuka untuk menyambut kedatangan raja yang pulang dari perjalanan, juga untuk menyambut utusan asing atau pawai militer. Musik rakyat Korea dapat dibedakan menjadi banyak jenis, antara lain nongak (musik petani), minyo dan pansori. Fungsi musik tradisional di Afrika Selatan dikenal alat musik terompet tradisional yang menghasilkan suara yang cukup keras yang berfungsi untuk memberikan semangat.

Sumber :

https://finbarroreilly.com/