Metode-metode pidato Teknik

Metode-metode pidato Teknik

Metode-metode pidato Teknik

Metode-metode pidato Teknik
Metode-metode pidato Teknik

 

Metode-metode pidato Teknik atau metode dalam menyampaikan pidato diantaranya :

1. Pidato Impromptu (serta merta)

yaitu pidato yang dilakukan secara tiba-tiba, spontan, tanpa persiapan sebelumnya. Misalkan apabila seseorang menghadiri pesta dan tiba-tiba dipanggil untuk menyampaikan pidato maka pidato yang disampaikan itu adalah pidato jenis impromptu. Keuntungan pidato impromptu antara lain : a. Lebih mengungkapkan perasaan pembicara yang sebenarnya karena pembicara tidak sempat lebih untuk memikirkan apa yang akan disampaikan kepada pendengar b. Gagasan datang secara spontan, sehingga tampak segar dan hidup. c. Memungkinkan Pembicara terus berpikir tentang apa yang hendak di sampaikan kepada pendengar Kerugian pidato impromptu antara lain : a. Dapat menimbulkan kesimpulan yang mentah, karena dasar pengetahuan yang tidak memadai b. Mengakibatkan penyampaian yang tidak lancar dan tersendat-sendat. c. Biasanya gagasan yang disampaikan bisa acak-acakan dan kadang-kadang ngawur. d. Pembicara kemungkinan besar biasanya demam panggung

2. Pidato Manuskrip ( pidato naskah )

yaitu pidato dengan menggunakan ( melihat ) naskah. Dalam metode manuskrip tidak berlaku istilah ‘’menyampaikan pidato’’ tetapi dinamakan ‘‘membacakan pidato’,. Karena pembicara akan membacakan pidato dari awal sampai akhir. Jenis pidato ini sangat perlu dilakukan, jika isi pidato yang akan disampaikan tidak boleh terdapat kesalahan. Misalnya, ketika seseorang diminta untuk melaporkan keadaan keuangan, dalam bentuk naskah dan baru kemudian membacakannya. Manuskrip juga sangat dibutuhkan oleh tokoh nasional, sebab kesalahan sedikitsaja dapat menimbulkan kekacauan nasional. Keuntungan pidato manuskrip a. Kata-kata dapat dipilih sebaik-baiknya sehingga dapatmenyampaikan arti yang tepat dan pernyataan yang gamblang, b. Pernyataan dapat dihemat, karena manuskrip dapat disusunkembali, c. Kefasihan bicara dapat dicapai karena kata-kata sudahdisiapkan d. Hal-hal yang ngawur atau menyimpang dapat dihindari, e. Manuskrip dapat diterbitkan atau diperbanyak. Kerugian pidato manuskrip a. Komunikasi pendengar akan berkurang karena pembicaratidak berbicara langsung kepada mereka b. Pembicara tidak dapat melihat pendengar dengan baik karenaia lebih berkonsentrasi pada teks pidato, sehingga akan kehilangangerak dan bersifat kaku, c. Umpan balik dari pendengar tidak dapat mengubah,memperpendek atau memperpanjang pesan, d. Pembuatannya lebih lama.

3. Pidato Memoriter

yaitu pesan pidato yang ditulis dalam bentuk naskah kemudian dihapalkan kata demi kata oleh seorang yang akan menyampaikan pidatonya Keuntungan pidato memoriter a. Kata-kata dapat dipilih sebaik-baiknya karena memiliki persiapan yang baik, b. Jika mampu menghapalnya pidato akan lancar, c. Gerak dan isyarat yang diintegrasikan dengan uraian Kerugian pidato memoriter a. Pidato tampak datar dan monoton, sehingga pembicara tidak akan mampu menarik perhatian hadirin, b. Komunikasi pendengar akan berkurang karena pembicara beralih pada usaha untuk mengingat kata-kata, c. Memerlukan banyak waktu persiapan.

Baca Juga: Mukadimah

4. Pidato Ekstemporan pidato ekstemporan

adalah pidato yang telah dipersiapkan sebelumnya secara matang yang berupa garis-garis besar dalam pidato yang akan disampaikan ( outlen ) dan pokok penunjang dalam pembahasan ( supporting points ) tetapi pembicara ( orang yang member pidato ) tidak berusaha mengingat kata demi kata tentang apa yang telah dipelajarinya Pidato jenis ekstemporan ini merupakan pidato yang paling baik dan paling sering digunakan oleh pembicara yang telahmahir dan berpengalaman.