Menurut Ruslan (2008 : 9-10) Adalah

Menurut Ruslan (2008 : 9-10) Adalah

  1. Hambatan Dalam Proses Penyampaian (SenderBarries)

Hambatan di sini bisa datang dari pihak komunikatornya yang mendapat kesulitan dalam menyampaikan  pesan – pesannya, tidak menguasai materi pesan dan belum memiliki kemampuan sebagai komunikator yang handal.

Hambatan ini bisa jugaberasal dari penerima pesan tersebut (receiver barrier) karena sulitnya komunikan dalam memahami pesan itu dengan baik.Hal ini dapat disebabkan oleh rendah  nyatingkat penguasaan bahasa, pendidikan, intelektual dan sebagainya yang terdapat dalam diri komunikan. Kegagalan komunikasi dapat pula terjadi dikarenakan faktor-faktor : feed backnya bahasa tidak tercapai, medium barrier (media atau alat yang dipergunaan kurang tepat) dan decoding barrier (hambatan untuk memahami pesan secara tepat).

  1. Hambatan secara Fisik (Phsysical Barries)

Sarana fisik dapat menghambat komunikasi yang efektif, misalnya pendengaran kurang  tajam dan gangguan pada sistem pengeras suara (sound system) yang sering terjadi dalam suatu ruangan kuliah/seminar/pertemuan. Hal ini dapat membuat pesan – pesan  itu tidak efektif sampai dengan tepat kepada komunikasi.

  1. Hambatan Semantik (SemantikPers)

Hambatan segi semantik (bahasa dan arti perkataan), yaitu adanya perbedaan pengertian dan pemahaman antara pemberi pesan dan penerima tentang satu bahasa atau  lambing. Mungkin saja yang disampaikan terlalu teknis dan formal, sehingga menyulitkan  pihak  komunikan yang tingkat pengetahuan dan pemahaman bahasa teknis komunikator yang kurang.

sumber ;
https://www.disdikbud.lampungprov.go.id/projec2014/seva-mobil-bekas/