5. Meningkatnya keunggulan konektifitas logistik nasional
Meningkatnya kinerja bisnis jasa logistik nasional di hampir semua lini moda dan berkembangnya intermoda. Dunia penerbangan akan menarik manfaat besar, melalui flight time arrangement, produktivitas pesawat, produktivitas bandara, efisiensi kru overnight, serta derivative benefit terbukanya rute-rute baru dan peningkatan jumlah konsumen penerbangan.
6. Menjadikan Indonesia kekuatan Maritim dunia. 
Mendorong perwujudan kemampuan Maritim Nasional. Seiring dengan meningkatnya kemampuan logistik, maka kemampuan cabotage nasional juga meningkat.
7. Optimalisasi perekonomian di perbatasan
Satu waktu membangun kesempatan ekonomi kawasan perbatasan di garis depan untuk menarik lebih banyak transaksi dari negara tetangga. Turis negara tetangga yang berlibur ke wilayah Indonesia dan menambah waktu tinggalnya.
8. Informasi bisnis lebih dinamis
Karena tak ada lagi time lag pada informasi, nilai tukar uang di pasar modal pun diharapkan akan lebih stabil dan bergairah.
9. Meningkatkan akses dan aset pada kesempatan kerja
Satu waktu akan meningkatkan akses masyarakat terhadap penciptaan aktivitas ekonomi wilayah (entrepreneurship) dan lapangan kerja, baik di kawasan barat Indonesia dan terutama di kawasan timur Indonesia.
10.Peningkatan Produk Domestik Bruto dan PDB Nasional
Secara agregat, membentuk basis baru bagi peningkatkan PDRB Daerah dan PDB Nasional, terutama pada 1-2 tahun pertama unifikasi zona waktu.

(Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/)

Reader Interactions