Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Mengapa Pemerintah Putuskan Larangan Mudik 2021?

Mengapa Pemerintah Putuskan Larangan Mudik 2021

Sebelum datang bulan Suci Ramadhan, Pemerintah akhirnya memutuskan larangan mudik 2021? Mudik memang sudah menjadi tradisi terutama di Indonesia ketika menjelang lebaran.

Lantas mengapa larangan mudik 2021 dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia?

Alasan Pemerintah Melarang Mudik 2021

Berkaitan usaha penanganan COVID-19 di Indonesia, pemerintahan larang mudik Lebaran 2021. Hal tersebut sudah ditetapkan di pertemuan menteri, Jumat (26/3/2021).

“Larangan mudik akan mulai pada 6 sampai 17 Mei 2021 dan sebelum dan setelah tanggal itu, menyarankan pada warga tidak untuk lakukan gerakan atau beberapa kegiatan yang ke luar wilayah terkecuali betul-betul pada kondisi menekan dan perlu” tutur Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam temu jurnalis virtual, Jumat (26/3/2021).

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memperjelas, larangan mudik tahun ini mempunyai tujuan mengembalikan Indonesia dari wabah.

Upaya Pencegahan Covid-19

Dimulai dari usaha mendesak kasus, pemerintahan mengharap dapat menangani dampak wabah yang lain, terhitung dalam bidang ekonomi dan pariwisata.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Tidak punyai opsi banyak. Pengalaman Eropa dan India, demikian dibuka (daerah) langsung naik 30 %. Itu kita tidak mau. Telah ditetapkan di rapat kabinet, liburan Lebaran kita hold saja dahulu,” katanya dalam temu jurnalis virtual, Jumat (26/3/2021).

Pemerintahan larang mudik tidak mengecuali perjalanan berlibur, terhitung ke salah satunya tujuan favorite, Bali. Pasalnya bersama daerah pulau Jawa, Bali saat ini sedang menggalakkan vaksinasi COVID-19.

Luhut menerangkan, Bali mempunyai potensi jadi daerah zone hijau bila vaksinasi dilaksanakan dengan terus-menerus dan stabil, disertai dengan larangan mudik dan limitasi mobilisasi, khususnya pendatang di luar daerah.

“Jika bulan April sampai Mei kita dapat lebih 1 juta, saya anggap kita hampir 3 juta divaksin. Bali ini kita harap bisa saja greenzone. Memang jangan saksikan Indonesia itu langsung makro. Saksikan mikro-mikro saja per kepulauan, per wilayah,” ujarnya.

Sanksi Bagi Pelanggar Larangan Mudik Lebaran 2021

Korps Lalu Lintas Polri akan memberikan sanksi tegas untuk warga yang menyalahi larangan mudik lebaran di tahun ini.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksawan menyebutkan ancaman itu seperti yang berlaku pada musim lebaran 2020 lalu, yaitu minta supaya warga yang ketahuan akan mudik untuk memutar balik kendaraannya. “Putar balik,” tegas Rudy

Karena itu, Korlantas Polri akan lakukan pemisahan di pintu masuk dan keluar yang umum dipakai sebagai lajur mudik.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Larangan mudik 2021 ini berlaku bagi ASN/TNI-Polri, pekerja mandiri, karyawan swasta dan seluruh masyarakat.

Sehingga aturan pelarangan mudik ini berlaku bagi seluruh warga Indonesia.

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

You May Also Like

Business

Cara Menetaskan Telur Ikan Koi Dengan Mudah – Salah satu ide usaha yang bisa bertahan lama salah satunya yaitu budidaya ikan. Budidaya ikan koi...

Business

Sekarang tanaman porang mulai diminati oleh banyak petani karena komoditas baru ini tergolong mahal. Lalu bagaimana cara budidaya tanaman porang? Jenisnya apa saja? Serta...

Hobi

Mungkin tulisan ini bisa dikatakan sedikit usang, karena akan membahas definisi blog beserta manfaatnya. Tapi walaupun begitu, semoga tulisan ini bisa membantu bagi anda...

Business

Harga Dan Spesifikasi Lengkap, Makin Gahar!, Realme hari ini direncanakan melaunching hp terbaru yaitu Realme 8 dan Realme 8 Pro, Senin (29/3/2021). Realme menyebutnya...

Advertisement