Mempersiapkan Lelang Barang Bekas Untuk Bisnis

Seorang pembeli sedang melihat barang bekas komputer di tempat penjuyalan di depok jawa Barat. FOTO : ADI WEDA

Barang bekas seringkali membuat kita kerepotan. Kita juga sering dibuat dilematis saat menyadari banyak barang bekas yang kita miliki. Jika kita menghadapi kondisi seperti itu, maka tidak ada jalan lain selain mengadakan lelang barang bekas. Ini merupakan peluang usaha yang sangat bagus bagi kita di jaman sekarang ini.
Lelang barang bekas berarti kita menjual barang-barang bekas yang kita miliki dengan sistem tawaran tertinggi. Kita mengumpulkan banyak orang pada suatu tempat, lalu secara terbuka kita tawarkan barang-barang bekas kita kepada para hadirin. Tentunya dalam hal ini kita pasang harga terendah yang kita ingin.

Sifat Dasar Pelelangan Barang

Sistem pelelangan yang kita laksanakan sebenarnya tidak berbeda dengan sistem lelang kebanyakan. Tetapi, barang yang kita lelang yang menyebabkan kegiatan lelang kita berbeda. Pada umumnya barang-barang yang dilelang adalah barang barang dengan nilai historis tinggi.
Sebenarnya, lelang barang bekas itu bukan semata mata melelang barang secara fisik, tetapi yang paling urgen adalah melelang nilai historis yang ada di balik barang tersebut. Misalnya, ada barang peninggalan kerajaan Majapahit.
Secara fisik, barang-barang ini tidak ada harganya, selain bentuknya yang jelas sudah tidak sesuai dengan kondisi jaman sekarang, barang barang peninggalan ini sudah tidak layak untuk dimiliki.
Tetapi, ternyata jika kita lelang barang bekas yang merupakan peninggalan kerajaan Majapahit misalnya, maka dengan sangat cepat barang tersebut ditawar orang dengan harga yang sangat tinggi.

Sistem Pelelangan yang Khas

Dalam hal ini, kita menyampaikan kepada peserta lelang, bagaimana cara pelelangan yang kita terapkan. Hal ini penting sebab dengan sistem yang terbuka, jelas, maka peserta lelang dapat mengikuti proses dengan jelas. Dan, yang terpenting adalah kegiatan ini adalah bisnis bagi kita.
Sebagaimana umumnya sistem pelelangan, untuk dapat mengikuti lelang, maka kita perlu mengumumkan kepada masyarakat atas kegiatan lelang ini. Dan, selanjutnya kita juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa untuk mendapatkan barang yang dilelang, maka penawaran tertinggi yang akan mendapatkan barang yang dilelang.
Penyampaian ketentuan ini untuk menarik minat peserta lelang yang berkeinginan untuk mendapatkan barang yang dilelang. Di samping itu, kita juga perlu mengumumkan barang-barang yang kita lelang secara umum. Harapan kita, jika masyarakat mengetahui berbagai barang yang dilelang, mereka sudah dapat menentukan barang yang hendak ditebusnya.

Mempersiapkan Proses Pelelangan Barang Bekas

Untuk kelancaran proses lelang barang bekas, maka kita harus mempersiapkan segala hal terkait dengan kegiatan ini. Seperti kita ketahui, karena yang kita lelang adalah barang bekas, mungkin hal tersebut kurang menarik bagi banyak orang. Tetapi sebagai peluang usaha, maka hal ini seharusnya kita lakukan secara profesional.
Barang bekas. Begitu orang mendengar informasi tersebut, mereka pasti mencibirkan bibir. Untuk apa membeli barang bekas? Mungkin, kita justru banyak membuang barang bekas kita. Dalam kondisi seperti inilah kita harus berjuang keras untuk memikat calon peserta lelang.
Untuk hal tersebut, kita harus melakukan persiapan sebaik-baiknya dengan cara:

Membuat Iklan yang menarik

Iklan adalah langkah pertama yang harus kita lakukan untuk memberitahukan kepada masyarakat serta memikat masyarakat atas kegiatan pelelangan yang kita selenggarakan. Dengan adanya iklan ini, maka setidaknya masyarakat mengetahui kegiatan kita dan selanjutnya terpikat untuk hadir dalam kegiatan pelelangan tersebut.
Semakin banyak peserta pelelangan, maka semakin besar kemungkinan lancarnya proses pelelangan barang bekas kita.

Memajang Barang secara unik

Barang-barang unik seringkali menjadi daya tarik tersendiri bagi semua orang. Jika kita mengiklankan kegiatan lelang dengan barang barang yang unik, tentunya banyak orang yang ingin hadir dan selanjutnya berharap data memikat masyarakat untuk berperan dalam kegiatan tersebut.
Memilih barang bekas yang mempunyai nilai historis merupakan salah satu keunikan yang dimiliki oleh barang-barang bekas. Dengan melelang barang barang yang mempunyai nilai historis, maka hal tersebut dapat  menjadikan peserta merasa tertarik dan berkeinginan untuk mendapatkan barang tersebut.

Akan lebih baik jika barang bekas milik pesohor di masyarakat

Barang-barang bekas pakai para pesohor seringkali menjadi rebutan masyarakat, khususnya mereka yang ngefans pada pesohor bersangkutan. Jika kita dapat melelang barang-barang bekas milik para artis, maka para penggemar artis tersebut bakal berbondong-bondong mengikuti acara pelelangan yang kita selenggarakan.
Dan, akhirnya, mereka pasti membeli satu atau beberapa barang lelangan tersebut untuk dijadikan sebgai koleksi pribadi. Ini menunjukkan bahwa nilai historis suatu barang sangat memikat masyarakat. Barang bekas artis!
Menyelenggarakan kegiatan lelang barang bekas memang sangat berbeda dengan menyelenggarakan kegiatan penjualan barang baru.
Istilah barang bekas saja sudah membuat orang keder dan enggan untuk ikut. Tetapi setidaknya dalam hal ini kita harus dapat menumbuhkan sikap dan pola pikir masyarakat bahwa barang bekas mempunyai konotasi yang bagus untuk kebanggaan diri.

Share:

admin

Halo, perkenalkan saya merupakan owner dari Terbaru Online. Silahkan kontak kami untuk bekerjasama melalui website ini

Leave a Reply