Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Tanaman Kangkung Bagi Kesehatan

Manfaat luar biasa tanaman kangkung bagi kesehatan

Manfaat Luar Biasa Tanaman Kangkung Bagi Kesehatan – Kangkung yang memiliki istilah ipomoea aquatica merupakan tanaman sayuran yang mudah didapat dan harganya terjangkau. Bahkan mungkin sayuran ini termasuk tanaman yang sangat mudah ditemukan baik di pasar maupun pedagang sayur keliling.

Karena memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, membuat tanaman kangkung begitu sangat digemari dan bisa dimanfaatkan untuk kesehatan.

Lokasi Tanaman Kangkung

Kangkung bisa dengan mudah tumbuh di area yang memiliki cukup air, seperti kolam, sawah, pinggiran sungai dan dataran yang cukup rendah.

Saking mudahnya, untuk menanam kangkung, cukup dibiarkan saja, tidak perlu ada perawatan khusus. Seperti penggemburan tanah, pupuk dan obat-obatan.

Jenis dan Bentuk Kangkung

Tanaman kangkung memiliki bentuk rata-rata yaitu segitiga memanjang dan berwarna hijau pada bagian permukaan daunnya. Sementara berwarna hijau muda pada bagian bawahnya. Batang kangkung itu sendiri memiliki rongga dan ruas. Pada umumnya kangkung memiliki daun tunggal memanjang dan berseling-seling.

Untuk masa tumbuh kangkung itu sendiri tidak memerlukan waktu yang lama, cukup sampai 4-6 minggu, kangkung sudah bisa dipanen.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Untuk jenis kangkung itu sendiri terdapat dua jenis, diantaranya yaitu

Kangkung air

Tanaman ini tumbuh secara alami dirawa atau disawah, memiliki batang berwarna hijau, banyak stek pada bagian pucuk batangnya. Kemudian kangkung air memiliki bunga berwarna putih kemerah-merahan.

Kangkung Darat

Jenis kangkung ini biasanya hidup di daratan atau sengaja di budidaya. Biasanya kangkung darat atau kangkung cina ini, memiliki bunga berwarna putih cerah dan batangnya berwarna putih hijau. Kangkung darat pun memiliki biji bunga yang lebih banyak dibanding kangkung air.

Manfaat Luar Biasa Tanaman Kangkung Bagi Kesehatan

Ternyata tanaman kangkung kaya akan berbagai vitamin diantaranya mineral, asam amino, kalsium, fosfor, karoten dan zat besi, energi, protein, lemak, serat dan karbohidrat.

Berikut ini beberapa manfaat luar biasa tanaman kangkung bagi kesehatan:

  • Anti Racun bagi tubuh. Kangkung bisa digunakan untuk mengatasi keracunan makanan, caranya dengan memanfaatkan 500 gram kangkung segar dan campurlah dengan kacang hijau. Beri sedikit air dan haluskan. Setelah itu, saringlah dan ambil air hasil saringan tersebut. Campur dengan satu sendok madu dan minum setiap pagi dan sore selama tiga hari.
  • Sebagai obat penenang. Kebanyakan setelah mengonsumsi kangkung, kantuk akan datang melanda.
  • Memperlancar kencing. Caranya adalah dengan meminum air rebusan dari tanaman kangkung.
  • Anti radang.
  • Peluruh.
  • Mengobati mimisan. Kangkung segar dapat digunakan untuk mengatasi mimisan. Cucilah kangkung tersebut dan tumbuk halus. Beri sedikit gula dan seduh dengan air panas. Minum dua kali sehari.
  • Mengurangi darah haid yang terlalu banyak. Caranya adalah dengan menggunakan dua ikat kangkung yang telah dicuci bersih. Tumbuk atau blender hingga halus. Kemudian ambillah sarinya yang dicampur dengan satu sendok makan madu. Minumlah sekali sehari.
  • Bisa meyembuhkan penyakit gigi. Caranya, ambillah segenggam akar kangkung dan rebuslah dengan satu gelas air yang dicampur dengan satu sendok cuka. Didihkan dan gunakan campuran tersebut sebagai obat kumur.
  • Mengatasi Ketombe. Kangkung juga dapat pula dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe. Caranya dengan merendam kangkung selama semalam. Ambil air rendaman yang tampak kebiruan dan gunakan air tersebut untuk keramas.
  • Mengatasi sariawan. Cuci daun kangkung dan haluskan. Tambahkan ke dalam kangkung yang telah dihaluskan tersebut segelas air dan sedikit garam. Peras dan saring lalu gunakan airnya untuk berkumur. Campuran ini dapat menyembuhkan sariawan dengan cepat.

Sampai saat ini memang belum ada pembuktian secara ilmiah dari para ahli. Akan tetapi kangkung kaya akan serat dan memiliki zat sedatif yang menenangkan. Semoga bermanfaat.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

You May Also Like

Business

Cara Menetaskan Telur Ikan Koi Dengan Mudah – Salah satu ide usaha yang bisa bertahan lama salah satunya yaitu budidaya ikan. Budidaya ikan koi...

Business

Sekarang tanaman porang mulai diminati oleh banyak petani karena komoditas baru ini tergolong mahal. Lalu bagaimana cara budidaya tanaman porang? Jenisnya apa saja? Serta...

Hobi

Mungkin tulisan ini bisa dikatakan sedikit usang, karena akan membahas definisi blog beserta manfaatnya. Tapi walaupun begitu, semoga tulisan ini bisa membantu bagi anda...

Business

Harga Dan Spesifikasi Lengkap, Makin Gahar!, Realme hari ini direncanakan melaunching hp terbaru yaitu Realme 8 dan Realme 8 Pro, Senin (29/3/2021). Realme menyebutnya...

Advertisement