Don't Show Again Yes, I would!

Manfaat dan Kandungan Buah Mengkudu

Terbaru.co.id – Manfaat dan kandungan buah mengkudu untuk kesehatan sudah begitu lama diketahui, bahkan juga semenjak ribuan tahun lalu. China, Indian, dan Polinesia ialah bangsa-bangsa yang pertama kali menggunakan manfaat buah mengkudu untuk menyembuhkan berbagai jenis masalah kesehatan. Di Indonesia, manfaat buah mengkudu sangat dikenal oleh sebagian besar lapisan warga.
Mengkudu atau yang lebih dikenali dengan panggilan pace (Sunda) ialah tanaman asli Asia Tenggara. Penampilan dan rasa buah ini benar-benar tidak menggugah selera. Bahkan juga, banyak yang mengatakan sang jelek rupa. Toh, karena seluruh kebaikan yang sanggup ia beri, buah mengkudu masih jadi salah satunya obat herbal yang paling dicari. Buah mengkudu warna hijau saat masih terbilang muda. Bila sudah masak, berwarna beralih menjadi putih kekuningan.
Kecuali berbintil-bintil, ada mata warna cokelat kehitaman di sekujur permukaan kulit buah mengkudu. Wewangian buah ini benar-benar tajam, dengan rasa yang asam.

Penelitian Buah Mengkudu Di Berbagai Zaman

Pemanfaatan mengkudu untuk mempertahankan kesehatan memang praktek yang sudah diawali semenjak jaman “purba”. Riset pada buah ini juga terus dilaksanakan. Hasil riset-penelitian ini semakin kukuhkan begitu manfaat buah mengkudu untuk kesehatan betul-betul mengagumkan. Riset-penelitian itu, diantaranya sebagai ini.

  • Literatur kuno dari negeri China, yakni pada jaman Dinasti Han, yang sampai ini hari sudah berumur seputar 2000 tahun sudah membuka bermacam manfaat dari buah mengkudu.
  • Tahun 1972, Dr. Ralph Heinicke, seorang pakar biokimia dari Amerika, mendapati jika buah Mengkudu memiliki kandungan xeronine dan proxeronine.
  • Tahun 1993, sebuah jurnal namanya Cancer Letter menyampaikan jika beberapa periset dari The Institute of Biomedical Sciences dan Keio University, Jepang, mengatakan sudah mendapati beberapa zat antikanker pada buah mengkudu.
  • Dr. Schechter dari Institut Penyembuhan Alami, California, lewat risetnya hasilkan beberapa temuan penting berkenaan manfaat sari buah Mengkudu, diantaranya tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh, memiliki sifat antibakteri, antinyeri, dan menghalangi perkembangan beberapa sel pratumor dan prakanker.
  • Dr. Neil Solomon, periset dari Amerika, lakukan riset yang hasilnya memperlihatkan jika konsumsi sari buah Mengkudu sanggup menolong mengembalikan keadaan badan sesudah diserang beberapa macam penyakit, diantaranya jantung, kanker, masalah pencernaan, stroke, dan diabetes.
  • Beberapa periset dari Kampus Hawaii, Kampus Stanford, University of California, Kampus of Meets di Perancis, dan Union College of London, mengaitkan jika mengkudu sanggup berperanan turunkan penekanan darah.

Kandungan Kimia Buah Mengkudu

Kehebatan manfaat buah mengkudu tidak bisa dilepaskan dari bermacam senyawa kimia yang terdapat didalamnya. Beberapa periset yang sudah mempelajari buah mengkudu mendapati jika buah ini memiliki kandungan banyak zat yang bermanfaat untuk badan manusia.

  • Buah mengkudu memiliki kandungan bermacam jenis zat nutrisi, seperti karbohidrat, vitamin, protein, dan beberapa mineral.
  • Buah mengkudu memiliki kandungan beberapa zat antibakteri yang sudah bisa dibuktikan sanggup menantang beberapa bakteri pemicu infeksi.
  • Scolopetin, senyawa ini berperan membuat lancar peredaran darah, bermanfaat anti alergi dan anti infeksi, memperlebar aliran pembuluh darah yang alami persempitan, dan sanggup membunuh beberapa macam bakteri.
  • Beberapa zat antikanker, beberapa zat antikanker pada buah mengkudu bisa dibuktikan benar-benar efisien menantang beberapa sel abnormal.
  • Xeronine dan proxeronine, xeronine berperan mengendalikan peranan dan wujud protein tertentu dalam beberapa sel badan manusia. Sedang, proxeronine ialah prekursor (bahan pembentuk) xeronine.
  • Terpenoid, salah satunya peranan zat ini ialah menolong rekondisi beberapa sel badan.

Manfaat Buah Mengkudu

Seperti sudah diuraikan di atas, berdasar bermacam hasil riset yang dilaksanakan banyak periset, dijumpai jika buah mengkudu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan badan.

  • Meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh.
  • Mengatasi bermacam masalah pada sistem pencernaan, diantaranya keracunan makanan, perut kembung, dan radang lambung.
  • Mengobati bermacam penyakit kulit, seperti cedera, bisul, ketombe, dan cedera bakar.
  • Menangani bermacam masalah sistem pernafasan, diantaranya asma, sinusitis, dan batuk.
  • Menahan penuaan awal.
  • Menangani masalah kerongkongan dan mulut, diantaranya sariawan, gusi berdarah, dan radang kerongkongan.
  • Menyembuhkan kencing batu, ginjal, dan sakit di kepala.
  • Menormalkan penekanan darah dan jaga kandungan cholesterol pada tubuh.
  • Menurunkan ngilu.
  • Menantang tumor dan kanker.
  • Mempertahankan kesehatan jantung.
  • Menyembuhkan sakit tulang dan sendi.
  • Menurunkan demam.
  • Untuk memperoleh segudang manfaat di atas, kita bisa konsumsi buah mengkudu berbentuk juice, sari buah, atau kapsul.

Pengobatan Penyakit dengan Buah Mengkudu

Ada beberapa penyakit yang bisa diobati dengan cara alami yaitu dengan buah mengkudu. Diantaranya adalah:

Darah Tinggi

1 buah ketimun, 2 buah yang sudah mengkudu masak, gula aren. Ketimun diparut, selanjutnya diperas airnya. Buah mengkudu dibuang bijinya, lalu diparut. Parutan buah mengkudu digabung sama air perasan ketimun. Tambah dua gelas air panas dan gula aren, lalu disaring. Ramuan ini diminum 3x satu hari.

Batuk

Jeruk nipis, gula batu, dan 2 buah mengkudu yang sudah masak. Buah mengkudu diparut, lalu diperas untuk diambil airnya. Tambah perasan jeruk nipis dan gula batu. Ramuan ini diminum 3x satu hari.

Penyakit Kuning

2 buah mengkudu yang sudah masak, sepotong gula batu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya. Tambah gula batu. Ke-2 bahan ini diaduk sampai bersatu dan diminum 2 kali satu hari.

Masuk angin

1 buah mengkudu, 1 potong lengkuas, dua gelas air. Ke-3 bahan ini direbus sampai mendidih dan air tinggal setengahnya. Ramuan ini diminum 2 kali satu hari.

Manfaat Buah Mengkudu Lainnya

Bagian tanaman mengkudu yang paling banyak dimanfaatkan adalah buahnya dan yang paling popular pengolahannya adalah dalam bentuk jus. Disamping proses pembuatannya lebih mudah dilakukan, jus mengkudu terbukti lebih alami dan dapat terserap ke dalam tubuh lebih cepat. Industri tanaman obat pun sebagian besar memanfaatkan buah mengkudu dan bukan bagian tanaman lainnya. Untuk itu, ada baiknya kita ketahui cara kerja jus mengkudu dalam pemeliharaan kesehatan dan membantu proses penyembuhan penyakit, antara lain sebagai berikut.

Pengobatan Kanker

Mengkudu bersifat sebagai adaptogen, yaitu membantu sel abnormal untuk berfungsi secara normal kembali. Damnachantal menghambat aliran darah menuju sel kanker sehingga sel abnormal tersebut mendapat nutrisi dan oksigen yang dapat menyebabkan sel tersebut mati.

Pengobatan Sistem Pencernaan

Antraquinone dalam jus mengkudu berkhasiat untuk melancarkan proses pencernaan dan meningkatkan produksi enzim yang dibutuhkan. Dengan cara mengatur keseimbangan pH tubuh sehingga meningkatkan kemampuan tubuh menyerap vitamin, mineral, dan protein.

Menghilangkan Rasa Sakit (Nyeri)

Xeronine dalam jus mengkudu mampu untuk menormalkan sel-sel yang abnormal, termasuk sel-sel jaringan otak, tempat berasalnya rasa sakit.

Memperbaiki Mood atau Emosi

Mengonsumsi jus mengkudu dapat mengaktifkan kelenjar pineal di otak sehingga meningkatkan produksi serotonine dan melatonine. Kedua unsur tersebut berperan dalam pengaturan suhu tubuh, mood, dan siklus menstruasi. Xeronine memiliki sifat serupa serupa dengan betaendrorphin sehingga menimbulkan perasaan nyaman.

Pengobatan Hipertensi

Scopoletin yang terkandung dalam jus mengkudu memiliki efek melebarkan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.
Jus mengkudu juga telah diuji preklinis terhadap hewan uji tikus putih dan uji klinis terhadap manusia yang dilakukan oleh Direktorat Teknologi Farmasi dan Medica, Deputi TAB-BPP Teknologi. Jus buah mengkudu ternyata dapat menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal kembali. Perlu diketahui juga bahwa informasi khasiat mengkudu atau noni telah dipatenkan internasional sebagai antiinfeksi, sebagai antiinfeksi virus HIV dan AIDS oleh Koyano T. et al, dan sebagai antikanker oleh Umezewa K. et al.
Secara umum, buah mengkudu terdiri atas 52% air dan sisanya adalah kulit, daging, dan buah. Sebenarnya, dalam buah mengkudu terdapat kandungan yang merugikan, yakni senyawa saponin. Saponin adalah buih-bih yang keluar pada saat pemerasan buah segar. Namun, senyawa saponin ini tidak dapat diserap oleh tubuh sehingga jika terminum pun akan langsung keluar dari dalam tubuh.
Pada 1993, Halensim, seorang peneliti, dalam tesisnya melaporkan bahwa dalam buah mengkudu terdapat sebagian besar zat-zat yang berhubungan dengan kesehatan dan telah dibuktikan bahwa zat-zat tersebut hanya terdapat dalam buah mengkudu. Riset ilmiah ini menunjukkan bahwa zat-zat yang ditemukan dalam buah mengkudu memiliki khasiat, yaitu:

  • Merangsang respons pembentukkan kekebalan tubuh;
  • Membersihkan darah;
  • Mengatur fungsi sel;
  • Regenerasi sel rusak; dan
  • Menghambat pertumbuhan tumor.

Berikut ini adalah nama-nama ahli obat-obatan dari beberapa negara yang telah merekomendasikan hasil penelitian dan uji coba buah mengkudu.

  • Dr. Scoot Gerson (USA): jus mengkudu memperbaiki tekanan darah.
  • Dr. Moha Harrison (USA): jus mengkudu bermanfat untuk menyehatkan kelenjar thyroid dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Dr. Hirazumi, dkk (Jepang): jus mengkudu berkhasiat sebagai antikanker.
  • Dr. Inggrid, dkk (Indonesia): jus mengkudu mempunyai sifat antimultagenik.

Manfaat Sari Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Pemanfaatan sari buah mengkudu untuk kesehatan telah banyak diketahui masyarakat, bahkan dikenal pada berbagai bangsa atau etnis di dunia. Telah banyak bukti empiris yang dilaporkan tentang berbagai macam manfaat mengkudu untuk kesehatan. Pemanfaatan sari buah mengkudu untuk kesehatan telah banyak dilakukan dalam berbagai bentuk sediaan, baik untuk penggunaan secara oral (diminum) ataupun secara luas (dioleskan, dikumurkan, dan lain-lain).
Agar mendapatkan hasil yang optimal dalam pemanfaatan sari buah mengkudu untuk pengobatan tradisional, hendaknya diberikan dengan dosis tepat meskipun dari bukti-bukti empiris diketahui bahwa sari buah mengkudu aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak, wanita hamil, dan ibu yang sedang menyusui.
Mengonsumsi sari buah mengkudu murni tidak sama sengan sari buah lainnya yang lazim diminum segelas penuh atau lebih. Untuk sari buah mengkudu, jumlah yang diminum kira-kira 1 ons per 2 sendok makan sekali minum. Dalam sehari, dapat diminum beberapa kali bergantung pada kondisi atau perubahan yang dialami. Dosis penggunaannya dapat dikurangi bila telah merasakan peningkatan kesehatan atau menunjukkan gejala-gejala tensi tekanan darah menurun.
Penggunaan buah mengkudu sebagi tanaman obat dalam pengobatan tradisional relatif aman. Berikut ini beberapa tips penggunaan sari buah mengkudu.

Perawatan Kulit Wajah

Cara penggunaannya sebagai berikut.

  • Bersihkan wajah dengan pembersih yang biasa digunakan.
  • Basahi kain kasa dengan sari buah mengkudu.
  • Tutup seluruh wajah, termasuk dahi dan leher dengan kain kasa tersebut, lalu diamkan beberapa saat.
  • Bersihkan dengan air hangat.
  • Lakukan beberapa kali, kemudian bubuhkan larutan penyegar untuk menutup pori-pori kulit.

Buah mengkudu sebagai obat luar efektif untuk mengatasi jerawat, panu, penuaan kulit, mengurangi jejak stres, membuat rileks otot-otot wajah, serta mengatasi kulit kering dan keriput.

Perawatan Rambut dan Mencegah Keputihan

Cara penggunaannya sama seperti penggunaan hair tonic, yaitu dioleskan pada kulit kepala, lalu diamkan beberapa saat, kemudian basuh dibilas dengan air. Gunakan secara teratur, maka ketombe dan gatal-gatal akan berkurang. Lalu, bagaiama dengan keputihan? Cara penggunaannya adalah dengan mambasuh vagina setelah buang air kecil dengan sari buah mengkudu.

Manfaat Buah Mengkudu – Mengatasi Batuk

Cara penggunaannya yaitu buah mengkudu yang hampir masak dikupas, lalu ditumbuk untuk diambil airnya. Setelah itu, campurkan dengan air jeruk nipis ditambah sedikit gula dan kapur sirih, kemudian seduh dengan air panas. Sebelum diminum, disaring terlebih dahulu. Diminum 3 kali sehari.
Itulah pembahasan mengenai beberapa manfaat mengkudu untuk kesehatan. Semoga apa-apa yang terdapat dalam artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca.

Share:

Jordan Permana (Editor)

Halo, perkenalkan saya merupakan owner dari Terbaru Online. Silahkan kontak kami untuk bekerjasama melalui website ini

Leave a Reply