Connect with us

Pendidikan

Makna itu sendiri muncul dari interaksi sosial

Published

on

Makna itu sendiri muncul dari interaksi sosial

Makna itu sendiri muncul dari interaksi sosial. Makna itu tidak langsung diberikan atau ditanggapi begitu saja oleh seseorang, tapi melalui proses penafsiran lebih dulu. Contohnya, seorang gadis yang menerima ucapan salam dari seorang pemuda di pinggir jalan tidak langsung menjawab salam tersebut. Ia akan mereka-reka atau menafsirkan dulu, apakah pemuda itu berniat baik atau buruk.

W.I. Thomas (1968) juga menyatakan bahwa seseorang tidak langsung bereaksi atau memberi tanggapan (response) terhadap rangsangan dari luar (stimulus), tapi didahului oleh tahap penilaian atau pertimbangan berdasarkan definisi situasi. Misalnya, pada contoh gadis dan ucapan salam di atas. Jika gadis itu mendefinisikan bahwa pemuda di pinggir jalan yang mengucapkan salam kepadanya tidak berniat baik, ia akan bereaksi atau bertindak sesuai dengan definisi yang ia buat, yaitu tidak menjawab ucapan salam tersebut.

Sosiolog lain yang memberi pemikiran penting dalam kajian interaksi sosial adalah Erving Goffman. Menurut Goffman, individu yang bertemu dengan orang lain akan mencari informasi tentang orang tersebut agar ia dapat mendefinisikan situasi. Dalam pertemuan itu, masing-masing pihak, sengaja atau tidak, membuat pernyataan (ekspresi) agar pihak yang lain terkesan (impresi). Usaha mempengaruhi kesan orang lain ini disebut Goffman sebagai pengaturan kesan (impression management).

Goffman membedakan ekspresi dalam dua macam, yaitu ekspresi yang diberikan dan ekspresi yang dilepaskan. Ekspresi yang diberikan (expression given) adalah pernyataan yang dimaksudkan untuk memberi kesan atau informasi sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku atau pernyataan itu memang biasa dilakukan. Sementara itu, ekspresi yang dilepaskan (expression given off) adalah pernyataan yang mengandung informasi, yang menurut orang lain memunculkan ciri tertentu dari si pembuat ekspresi. Misalnya, orang yang diberi pertolongan selayaknya mengucapkan terima kasih. Tetapi, ada orang yang mengucapkan terima kasih dengan berwajah masam. Ucapan terima kasih adalah ekspresi yang diberikan, sedangkan wajah masam adalah ekspresi yang dilepaskan yang dapat menunjukkan perasaan orang itu sebenarnya.

Advertisement

Interaksi sosial menjadi sangat penting dalam kehidupan sosial. Dari interaksi antarindividu, individu dan kelompok, dan antarkelompok akan tumbuh jalinan kerja sama, saling membutuhkan, dan saling pengertian yang sangat penting dalam mewujudkan kehidupan bersama yang dinamis. Interaksi sosial adalah bentuk umum proses sosial, di mana individu dan kelompok mengembangkan cara-cara berhubungan dengan individu dan kelompok lain. Mereka saling bertemu dan menentukan sistem dan bentuk-bentuk hubungan yang dipakai. Mereka juga menentukan hubungan apa yang akan terjadi jika ada perubahan yang dapat mengganggu pola kehidupan yang telah ada. Dalam proses sosial ini, ada pengaruh timbal balik antara berbagai aspek dalam masyarakat, misalnya, pengaruh timbal balik antara sosial dan politik, ekonomi dan politik, atau ekonomi dan hukum. Dari proses sosial ini, akan berkembang aktivitas-aktivitas sosial yang bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat.

Baca Juga  Teori-Teori Manajemen

Secara umum, interaksi sosial dapat terjadi antara individu dan individu, individu dan kelompok, serta kelompok dan kelompok. Interaksi antara individu dan individu dapat bersifat positif maupun negatif. Bersifat positif artinya saling menguntungkan, sedangkan bersifat negatif artinya merugikan salah satu pihak atau keduanya (bermusuhan). Contoh interaksi yang positif adalah kegiatan seorang ibu membantu anaknya belajar. Contoh interaksi yang negatif adalah peperangan atau perkelahian antara dua kelompok atau negara.

Interaksi sosial antara individu dan kelompok misalnya terjadi antara seorang pelatih sepak bola dengan para pemainnya. Ketika hendak bertanding, pelatih menerangkan strategi bertanding, sedangkan para pemain mendengarkan sambil sesekali bertanya dan mengajukan usulan. Demikian pula interaksi antara guru dan murid-muridnya. Dalam interaksi antara individu dan kelompok ini dapat terjadi pula interaksi sosial antarindividu, misalnya pemain sepak bola yang satu dengan pemain lain membahas keterangan dari pelatih.

Interaksi sosial antara kelompok dan kelompok misalnya tampak saat persatuan pemuda dari berbagai daerah bertemu untuk membahas acara kongres pemuda nasional. Tiap kelompok akan mengajukan saran tentang jenis-jenis acara yang ingin mereka tampilkan. Pada umumnya, interaksi sosial antarkelompok tidak berhubungan dengan kepentingan pribadi atau kepentingan individu sebagai anggota kelompok.

Interaksi sosial juga bisa terjadi meskipun orang yang saling bertemu muka tidak saling berbicara secara verbal (bicara dengan bahasa lisan) atau sengaja saling menukar tanda-tanda. Hal ini disebabkan masing-masing orang tersebut saling menyadari keberadaan pihak lain yang dapat menyebabkan perubahan dalam hal perasaan dan syaraf. Contoh, bau keringat, minyak wangi, atau suara sepatu orang yang sedang berjalan. Semuanya akan menimbulkan kesan di dalam pikiran seseorang yang akan menentukan tindakan apa yang akan dilakukannya, seperti menutup hidung ketika tercium bau keringat atau menoleh dan mencari tahu dari mana asal suara sepatu.

Advertisement

Continue Reading
Advertisement
Comments

Pendidikan

Sejarah Laut Mati, Daratan Terendah Di Planet Bumi

Published

on

By

Sejarah Laut Mati, Daratan Terendah Di Planet Bumi
Ilustrasi laut mati (pixabay)

Terbaru.co.id — Tahukah Anda sejarah Laut Mati? Mendengar nama Laut Mati pasti kita membayangkan sebuah kawasan laut yang menyeramkan dan terdapat sesuatu yang mematikan bagi siapa saja yang mengunjungi lau ini, tapi hal tersebut sama sekali tidak benar.

Kabarnya laut ini berada di daratan paling rendah di planet Bumi sekitar 417,5 meter dibawah permukaan laut.

Laut ini sebenarnya adalah sebuah danau air asin yang berlokasi di kawasan Timur Tengah yang berda di perbatasan wilayah negara Israel, Palestina, dan Yordania.

Selain sebagai kawasan yang paling rendah di planet Bumi ini, laut ini juga merupakan danau dengan kadar garam tertinggi di dunia, mengapa? Karena setiap hari setidaknya 7 juta ton air lautnya menguap dan membuatnya semakin asin dan meningkatkan kadar garam secara signifikan. Bahkan, air lautnya ini diklaim sembilan kali lebih asin dari air laut biasa.

Advertisement

Sejarah Laut Mati

Sejarah penamaan laut ini jika dilihat dari sifat airnya, memang tak ada hewan yang bisa hidup di dalamnya karena kadar garamnya yang dihitung dengan mencapai 8,6 kali lebih banyak dibandingkan dengan air laut biasa.

Sebenarnya nama laut ini sudah sedikit ramah daripada namanya dalam bahasa Ibrani yang menyebut laut ini dengan sebutan ‘Yam ha Maved’ yang berarti Laut Pembunuh. Dalam bahasa Arab, nama danau ini adalah ‘Bahrul Mayyit’ yang berarti sama dengan sebutannya yang sekarang, yakni Laut Mati.

Lalu darimana sumber air laut ini? Ada satu sungai di Yordania yang airnya masuk ke danau garam ini. Berbeda dengan danau lainnya, air yang masuk ke danau super asin ini tak akan mengalir kemana-mana dan akan tetap berada di danau garam tersebut.

Air di laut ini berkurang karena penguapan yang menyebabkan kandungan garam di danau ini semakin tinggi. Bahkan, warga sekitar banyak yang memilih menjauhi danau garam ini karena bau garamnya yang amat menyengat.

Meski danau garam ini memiliki nama yang menyeramkan, tapi laut ini menyimpan keunikan yang membuat kawasan ini ramai dikunjungi wisatawan. Keunikan laut ini adalah orang tak akan tenggelam jika menceburkan diri ke danau ini.

Advertisement

Jadi, jika kita menceburkan diri ke danau ini tak perlu khawatir akan tenggelam karena tidak bisa berenang, karena di danau ini, kita akan terus terapung dan tak bisa tenggelam.

Baca Juga  Apple Bakal Luncurkan iPhone 15 Pro, Punya Kamera Periskop

Sampai saat ini penyebab pasti mengapa fenomena terapung itu terjadi masih misterius, kadar garam yang sangat tinggi saat ini dianggap sebagai penyebab fenomena terapung di laut ini.

Adanya fenomena terapung di danau garam ini malah menjadi jawaban mengapa tak ada ikan atau binatang laut yang dapat hidup di laut ini selain karena kadar garam yang tinggi, ikan akan mengalami kesulitan untuk berenang dan ia akan terus terapung dan akhirnya mati.

Sejarah Terbentuknya Laut Mati

Lalu bagaimana sejarah laut ini terbentuk? Dilihat dari sisi ilmu Geologi, danau air asin yang terletak di perbatasan tiga negara Timur Tengah ini terbentuk sejak tiga juta tahun yang lalu. Danau air asin di laut ini terbentuk secara bertahap dan melalui proses yang panjang sejak tiga juta tahun yang lalu.

Para peneliti dan ilmuwan yakni bahwa terbentuknya danau air asin di laut ini berawal dari munculnya retakan pada lembah sungai Yordan yang disebut dengan Jordan Riff Valley.

Advertisement

Retakan yang ditimbulkan oleh sungai Yordan ini kemudian membentuk cekungan dimana akhirnya cekungan tersebut terisi oleh air laut yang masuk memenuhi cekungan yang berasal dari retakan tersebut.

Kandungan garam yang tinggi di danau air asin ini diperkirakan karena iklim yang kering dan dikombinasikan dengan evaporasi atau tingkat penguapan yang tinggi menyebabkan meningkatnya kandngan mineral dalam air.

Mineral yang terkandung dalam air lautnya ini mengandung garam, gipsum, dan kapur. Melalui proses inilah akhirnya menyebabkan laut ini menjadi danau dengan kandungan garam tertinggi di dunia dengan nilai yang setara dengan sembilan kali kandungan garam dari air laut biasa, menakjubkan!

Selain dilihat dari sisi ilmu geologi, sejarah terbentuknya danau air asin laut ini juga terdapat di dalam kitab suci agama Kristen dan Islam. Kitab suci umat Islam, Al-Quran, memiliki kisah mengenai sejarah terbentuknya danau air asin laut ini melalui kisah Nabi Luth AS.

Nabi Luth AS dihadapkan dengan umat yang rusak moralnya, karena melakukan hubungan sesama jenis atau yang sering disebut dengan homoseksual. Umat nabi Luth AS ini tinggal di dua kota yang bernama Sodom dan Gomorah. Nabi Luth AS telah mendapat perintah untuk meluruskan umatnya yang tengah mengalami kemerosotan moral.

Advertisement

Namun, karena umat Nabi Luth AS yang berada di kota Sodom dan Gomorah ini tak mau berubah dan menuruti perintah Nabi Luth AS, akhirnya Allah memerintahkan Nabi Luth AS untuk menyingkir dari kota Sodom dan Gomorah.

Baca Juga  Wisconsin Judge Orders Removal of 209,000 From Voter Rolls

Kemudian Allah menurunkan azab untuk menghancurkan kaum homoseksual yang ada di Sodom dan Gomorah dengan cara gempa dahsyat seakan-akan dibolak-balik hingga hancur kota Sodom dan Gomorah bersama umatnya yang homo seksual. Kisah Nabi Luth AS ini juga tedapat pada kitab suci Umat Kristen.

Sekelumit cerita mengenai Nabi Luth AS ini memang benar adanya, hal ini dibuktikan dengan penelitian mengenai sejarah laut ini yang dilakukan pada tahun 1924 untuk menemukan sisa-sisa kota Sodom dan Gomorah.

Setelah melakukan pencarian yang cukup lama, penelitian William Albright ini membuahkan hasil dengan ditemukannya situs purbakala yang disebut dengan Bab-Edh-dhra. Setelah diteliti, ternyata situs ini adalah sebuah makam yang dibuat pada zaman perunggu berukuran panjang 15 meter dan lebar 7 meter.

Di dalam makam Bab-Edh-dhra ini ditemukan aneka macam perhiasan emas kuno. Makam kuno Bab-Edh-dhra ini diperkirakan berusia sekitar 1000 tahun, sedangkan peristiwa bencana besar pada kota Sodom dan Gomorah ini terjadi sekitar 1800 tahun sebelum Masehi.

Advertisement

Sampai saat ini tak seorang pun berani mengaitkan keberadaan makam kuno Bab-Edh-dhra ini dengan kisah nabi Luth AS dengan umatnya di kota Gomorah dan Sodom.

Kisah misterius yang menyelimuti sejarah terbentuknya danau garam ini menjadi daya tarik tersendiri bagi laut ini. Banyak peneliti yang ingga kini terus melakukan penelitian untuk mengetahui berbagai fenomena unik yang terjadi di kawasan tersebut.

Selain itu, peneliti sampai saat ini juga masih terus mencari sisa-sisa atau jejak dari kota Sodom dan Gomorah yang diyakini ada di kawasan danau air asin Laut Mati. Fenomena unik dan keindahan yang berbau misterius di laut ini juga berhasil menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi danau air asin ini untuk sekedar menikmati sensasi terapung ditengah danau atau menikmati pesona keindahan yang penuh misteri.

Demikianlah pembahasan mengenai sejarah Laut Mati, semoga bermanfaat!

Advertisement
Continue Reading

Pendidikan

Kehidupan Di Laut, Apa Yang Ada Di Laut Dalam

Published

on

By

laut dalam
Ilustrasi Laut Dalam (Pixabay)

Terbaru.co.id — Laut dalam merupakan bagian yang paling bawah dari struktur lautan. Bagian ini berada di bagian bawah lapisan thermocline yang memiliki kedalaman mencapai 1828 meter atau bahkan lebih.

Di bagian laut dalam ini, cahaya yang berasal dari sinar matahari akan sulit masuk. Sehingga di bagian ini disebut sebagai bagian tanpa cahaya. Itulah kenapa hampir semua mikroorganisme yang hidup di bagian ini, meiliki ketergantungan yang sangat tinggi pada material organik yang jatuh dari zona fotik.

Pada awalnya, banyak ahli yang berpikir bahwa pada area laut dalam ini tidak akan ditemukan kehidupan. Hal ini karena minimnya cahaya yang bisa mencapai kawasan tersebut.

Namun demikian seiring dengan perkembangan teknologi dan kemampuan penelitian bawah laut, ditemukan fakta sebaliknya. Berbagai penelitian yang dilakukan dengan menggunakan bantuan teknologi bawah laut menemukan fakta, bahwa di bagian terbawah dari susunan laut ini terdapat kehidupan yang cukup banyak.

Advertisement

Salah satu awal penelitian mengenai kehidupan laut dalam ini dimulai pada tahun 1960. Dimana pada tahun tersebut sebuah kapal penelitian yang bernama Bathyscaphe Trieste, diluncurkan ke dalam kawasan yang disebut dengan Palung Mariana.

Letak palung ini berdekatan dengan kawasan Guam yang mempunyai kedalama mencapai 35.798 kaki atau setara dengan 10.911 meter. Kawasan ini diyakini merupakan titik paling dalam yang ada di bumi.

Sebagai perbandingan kedalaman kawasan tersebut, diambil perumpamaan dengan gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi di dunia. Apabila gunung tertinggi di dunia tersebut dimasukkan ke dalam Palung Mariana, maka puncak dari gunung itu masih berada sekitar satu mil dari permukaan laut. Sehingga bisa dibayangkan bahwa titik terdalam lautan tersebut lebih panjang daripada titik tertinggi di permukaan bumi.

Namun demikian penelitian yang dilakukan pada tahun tersebut belum mampu mencapai keinginan yang diharapkan. Karena keterbatasan teknologi pada tahun tersebut, misi penelitian hingga ke bagian dasar laut pun belum beluhasil dilakukan.

Kapal selam milik Jepang Kaiko merupakan kapal penelitian pertama yang berhasil mencapai kawasan tersebut pada tahun 2003. Namun, kapal ini kemudian hilang dan tidak diketemukan setelah melakukan penyelaman hingga ke kawasan tersebut.

Advertisement

Itulah mengapa, misteri tentang fenomena laut dalam hingga kini masih menjadi misteri. Bahkan, manusia lebih mudah mengenali kehidupan yang ada di bulan, lebih baik daripada mengenali kehidupan yang ada di dasar laut tersebut.

Baca Juga  Kedudukan Dan Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional Dan Negara

Sampai pada tahun 1970, masyarakat pun beranggapan bahwa tidak ada kehidupan organisme di bagian dasar laut yang sangat dalam tersebut. Namu demikian, setelah adanya beberapa penemuan mengenai koloni udang serta organisme lain yang ada di sekitar hydrothermal vents, pandangan tersebut mulai berubah.

Sebab, organisme tersebut mampu hidup dalam kondisi tanpa udara serta tapa cahaya dengan kondisi air yang memiliki kadar garam tinggi serta memiliki temperatur 149 derajat celcius. Kehidupan organisme yang hidup di lingkungan tersebut sangat bergantung pada hidrogen sulfida, yang merupakan zat berbahaya dan memiliki racun jika berada di daratan.

Penemuan ini merupakan sebuah fenomena baru yang cukup revolusioner mengenai kehidupan tanpa cahaya dan oksigen. Hal ini memberikan sinyal dan indikasi bahwa ada kemungkingan kehidupan di tempat lain di alam semesta. Beberapa pakar memiliki pendapat bahwa kemungkinan di Europa, yaitu salah satu bulan Jupiter mempunyai kondisi yang bisa mendukung terjadinya situasi tersebut dan ada kehidupan di sana.

Susunan Laut Dalam

Laut sendiri diartikan sebagai sebuahu tempat dimana di kawasan tersebut terdapat kumpulan air yang rasanya asin dalam jumlah yang sangat banyak dan luas serta terletak di bagian permukaan bumi. Dimana laut merupakan media yang memisahkan sebuah kawasan daratan besar atau benua satu dengan bnua yang lain atau memisahkan sebuah pulau dengan pulau yang lain.

Advertisement

Rasa asin yang muncul dari air laut ini merupakan sebuah kondisi yang cukup unik. Mengingat, pada dasarnya air yang ada di laut berasal dari air daratan yang tawar. Hal ini bermula ketika terjadi hujan di bagian daratan, maka air selanjutnya meresap ke dalam tanah yang kemudian keluar lagi mengisi bagian sungai. Dimana pada akhirnya aliran sungai ini kemudian bergerak menuju laut.

Selama perjalanan menuju laut inilah, air akan membawa berbagai mineral yang kemudian berkumpul dalam jumlah besar di dalam laut. Kumpulan minerla inilah yang kemudian menyebabkan laur menjadi berasa asin.

Laut sendiri tersusun dari beberapa lapisan. Mulai dari bagian epielagic yang merupakan permukaan laut dan kita bisa saksikan dengan mata telanjang. Permukaan air laut ini akan tersusun hingga kedalaman 200 meter di bawah permukaan, yang kemudian akan berganti menjadi laposan mesopelagic yang memiliki kedalaman antara 200 sampai 1000 meter di bawah permukaan laut.

Baca Juga  Pengertian Koperasi

Bagian berikut dari susunan laut adalah bagian Bathypelagic yang berada pada kedalaman 1000 sampai 4000 meter di bawah permukaan laut. Selanjutnya, merupakan bagian Abyssopelagic, yang berada pada kedalaman 4000 sampai 10.000 meter. Dan terakhir adalah bagian Hadopelagic yang merupakan bagian paling dalam dan berbentuk palung.

Spesies yang hidup di bagian laut dalam ini, memanfaatkan keberadaan organisme yang ada di bagian lapisan atas laut yang jatuh. Dimana proses jatuhnya materi organik dari lapisan atas lautan disebut dengan salju lautan.

Advertisement

Binatang yang hidup di laut dalam juga memiliki keunikan. Mereka tidak banyak menggunakan udara sebagai media untuk mengapung. Misalnya saja ubur-ubur yang menggunakan laposan daging yang disebut glukosaminoglikan dengan densitas yang rendah untuk membantu mereka bergerak. Demikian pula dengan cumi-cumi laut dalam.

Mereka melakukan kombinasi jaringan gelatin dengan ruang pengapungann yang ada pada bagian tubuh mereka, dan mengisinya menggunakan sampah sisa metabolisme. Misalnya saja amonium klorida yang memiliki densitas lebih rendah dibandingkan air.

Keistimewaan binatang yang hidup pada laut dalam ini adalah mereka mempunyai kemampuan unuk beradaptasi dengan cepat.

Dengan ukuran yang kecil, metabolisme rendah, organisme yang hidup di perairan tersebut lebih memilih untuk menunggu makanan yang datang. Mereka tidak menghabiskan energi mereka untuk bergerak mencari makanan karena akan membuat tenaga mereka cepat lemah.

Organisme di laut dalam mempunyai bentuk tubuh yang lemah, dengan struktur otot dan tulang yang mengandung air. Kemamuan mereka untuk bereproduksi juga rendah karena sulit untuk mencari pasangan untuk berkembang biak. Akibatnya, organisme yang ada di bagian laut dalam merupakan jenis organisme hermafrodit.

Advertisement

Dengan cahaya yang rendah, organisme yang hidup di kawasan tersebut dibekali dengan kemampuan mata tubuler. Mata ini memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran normal serta hanya berisi sel tabung. Dengan mata yang lebih besar ini, mereka akan dengan mudah melihat apabila ada material organik yang jatuh dari permukaan laut.

Beberapa jenis material laut yang disebut salju lautan ini antara lain bangkai binatang laut, potongan kayu kapal dan berbagai jenis material lain. Jumlah material yang masuk hingga kawasan laut dalam ini sendiri jumlahnya tidak banyak. Hanya sekitar 1 sampai 3 persen material saja yang bisa sampai ke bagian lautan dalam tersebut.

Continue Reading

Pendidikan

Sekolah Dan Siswa Wajib Miliki Akun LTMPT, Ini Alasannya

Published

on

By

Sekolah Dan Siswa Wajib Miliki Akun LTMPT, Ini Alasannya

Terbaru.co.id, Jakarta – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengharuskan sekolah dan siswa untuk membikin dan miliki akun LTMPT. Akun ini penting untuk registrasi di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).

Ketua LTMPT Prof Mochamad Ashari menjelaskan, langkah awal untuk ikuti penyeleksian akseptasi mahasiswa baru di PTN di bawah koordinir LTMPT memang sekolah dan siswa harus mempunyai akun LTMPT.

Tahun ini, ucapnya, penyeleksian akseptasi mahasiswa baru di bawah LTMPT akan buka peluang beberapa siswa untuk mendaftarkan 75 PTN (kampus dan institut), 39 politeknik negeri dan 11 perguruan tinggi keagamaan islam negeri yang lewat SNMPTN dan SBMPTN.

Ashari yang memegang sebagai Rektor ITS ini menerangkan, register akun yang perlu dibikin sekolah telah diawali semenjak 4 Januari kemarin. Dan untuk siswa dipersilakan membuat akun awal hari ini, Senin (10/1/2022).

Advertisement

“Untuk siswa diawali pada 10 Januari kelak sore . Maka siswa kelas 12 anda mulai bisa membuat akun kelak sore jam 15.00 WIB di LTMPT,” ucapnya pada Publikasi Register Akun LTMPT dan Verval Data dalam PMB 2022 di Youtube LTMPT, Senin (10/1/2022).

Selanjutnya, kenapa sekolah dan siswa diharuskan membuat akun LTMPT? Ashari menjawab, sekolah diharuskan karena sekolahlah harus mengupload data pelajar-siswinya yang eligible mendaftarkan ke SNMPTN.

Ia menerangkan, sekolah nanti akan membuat penilaian siswa berdasar legalisasinya. Untuk sekolah legalisasi A, ucapnya, diambil 40% terbaik di sekolahnya, legalisasi B 25 % dan legalisasi C 5 % terbaik di sekolahnya.

Selanjutnya untuk siswa kelas 12, katanya, wajib buat buka akun LTMPT karenanya akun itu siswa akan dibolehkan untuk pilih program study dan PTN yang diharapkan.

Baca Juga  Sekolah Dan Siswa Wajib Miliki Akun LTMPT, Ini Alasannya

“Jika memang ingin turut di penyeleksian masuk PTN, harus anda semua buka akun di LTMPT. Kelak untuk mendaftarkan di SNMPTN dan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) SBMPTN,” katanya.

Advertisement

Ashari memberi pesan, supaya lancar saat membuat akun diharap telah pahami tata langkah membuat yang telah diumumkan oleh LTMPT. Selanjutnya signal internet dan piranti computer harus juga dipersiapkan secara baik.

Disamping itu, Ashari minta, supaya tiap peserta tidak boleh lakukan registrasi di beberapa akhir periode registrasi. Dijumpai, pembikinan akun siswa akan ditutup pada 15 Februari 2022.

“Hingga bila ada kesusahan, ada data yang kurang betul karena itu masih mempunyai waktu untuk lakukan revisi sampai account-nya itu kelak maka ” ujarnya.

Advertisement
Continue Reading

Trending