Macam Macam Zikir dan Pengertiannya

Macam Macam Zikir dan Pengertiannya. Secara bahasa, zikir berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti mengingat. Secara istilah, pengertian zikir lebih dikhususkan pada konteks mengingat hal-hal yang berkaitan dengan nilai-nilai keagamaan khususnya Islam. Zikir berarti mengingat segala sesuatu hal yang dapat mendorong seseorang untuk senantiasa taat dan berbuat baik sesuai syariat agama.
Orang yang rajin berzikir akan senantiasa terjaga hatinya dari hal-hal buruk. Pikirannya akan selalu sadar, tidak lalai dan selalu bisa mengkoreksi berbagai kesalahan sikap yang telah dilakukan. Ada beberapa macam-macam zikir, baik secara objek maupun cara melakukan zikir tersebut.

Manfaat Zikir

Macam macam zikir tersebut memiliki tujuan yang sama, yakni sebagai upaya menjaga dan membentengi diri untuk selalu menjadi sosok yang taat kepada perintah Allah swt.  Zikir memberi manfaat pada ketenangan jiwa. Orang yang rajin berzikir atau disebut dengan ahli zikir akan merasakan perasaan jiwa yang tentram, hati yang tenang dan terjaga.
Zikir diibaratkan sebagai benteng dari perilaku-perilaku buruk seseorang. Jika seseorang hendak tergerak hatinya untuk melakukan keburukan, zikirlah yang akan menyadarkan jiwa seseorang, mengingatkan bahwa apa yang akan dilakukan tersebut adalah hal yang salah.
Secara fisik zikir juga akan memberi manfaat kesehatan. Jiwa yang tenang akan membuat tekanan darah stabil dan emosi yang terkontrol. Pancaran wajah para ahli zikir juga terlihat lebih cerah ketimbang mereka yang tidak suka berzikir.

Cara Berzikir

Apakah zikir harus dilakukan dengan menggunakan biji-biji tasbih seperti yang biasa kita lihat di tayangan televisi? Ternyata tidak! Zikir bisa dilakukan dengan cara apapun.
Rasulullah biasa memanfaatkan bagian persendian jari-jari tangan untuk menghitung jumlah kalimat zikir yang Beliau ucapkan. Atau bisa juga Anda lakukan dengan menggunakan hati dan perasaan.
Ada banyak cara macam macam zikir. Tidak mesti jika Anda ingin berzikir harus repot mencari butir-butir tasbih. Zikir tetap bisa dilakukan kapan pun dan dimanapun. Bahkan zikir itu adalah sebaik-baik zikir.

Macam-Macam Zikir

Ada beberapa jenis zikir yang biasa dilakukan ummat Islam, baik dari cara melakukan maupun objek yang dizikirkan. Berikut ini beberapa contoh macam macam zikir yang biasa kita dengar dan lakukan;

1. Zikir Secara Pelaksanaan

Secara pelaksanaannya zikir dibagi dua, yakni zikir lisan dan zikir hati. Zikir lisan merupakan zikir yang diucapkan secara lisan menggunakan kalimat-kalimat zikir. Sedangkan zikir hati berupa imbas resapan dari zikir lisan.
Zikir lisan perlu dan sangat penting diiringi dengan zikir hati. Sebab hati merupakan unsur terpenting dalam organ tubuh terpenting dari manusia secara rohani. Hati akan memerintahkan anggota tubuh untuk melakukan aktivitas fisik. Maka sangat penting menjaga hati dengan membentenginya menggunakan zikir hati.
Orang-orang yang secara maksimal melakukan zikir lisan, namun tidak diiringi dengan zikir hati, tidak akan memberikan pengaruh yang banyak terhadap perbaikan sikap si pelaku zikir.

2. Zikir Kematian (Zikrul Maut)

Kematian merupakan hal pasti yang akan terjadi dalam kehidupan manusia. Sayangnya sebagian orang kerap lupa dengan kematian. Lupa ini dapat diakibatkan oleh terlenanya diri dengan kehidupan dunia yang sebetulnya hanya merupakan senda gurau yang sebentar.
Untuk mengantisipasi kelalaian ini perlu dilakukan zikir kematian (zikrul maut). Orang yang cerdas adalah orang yang selalu melakukan zikrul maut. Sebab ia akan senantiasa bersiap-siap dengan ajal yang bisa muncul sewaktu-waktu.

3. Zikir Nikmat

Kenikmatan merupakan hal yang patut diingat dan disyukuri. Zikir nikmat membuat orang tidak kufur nikmat. Orang akan sadar bahwa segala macam kenikmatan yang ia dapatkan segalanya berasal dari Allah swt.

4. Zikrullah (Zikir Mengingat Allah)

Zikrullah merupakan zikir yang paling utama untuk dilakukan. Mengingat Allah kapan pun dan dimana pun merupakan pokok dari segala macam solusi permasalahan hidup manusia. Zikrullah juga bagian dari macam macam zikir yang merupakan sebaik-baik benteng diri.

Share:

admin

Halo, perkenalkan saya merupakan owner dari Terbaru Online. Silahkan kontak kami untuk bekerjasama melalui website ini

Leave a Reply