Macam-Macam Wakaf Dan Kegunaannya

Ada ulama yang berpendapat bila wakaf itu tidak ada jenis atau macamnya. Semua macam macam wakaf atau jenisnya itu semua sama, karena tujuannya juga sama yaitu untuk menjalankan salah satu bentuk ibadah.

Macam-Macam Wakaf

Namun ada ulama atau ahli agama lain yang berpendapat bila wakaf itu terbagi dalam dua macam :

Wakaf Ahli

Yaitu wakaf khusus atau keluarga. Wakaf jenis ini hanya ditujukan kepada keluarga atau orang tertentu saja yang ditunjuk. Misalnya ada seseorang yang mewakafkan tanah miliknya untuk dijadikan tempat ibadah atau masjid. Meski masjid ini bisa digunakan oleh segenap lapisan masyarakat, namun pengelolaannya tetap di kendalikan oleh orang atau pihak yang ditunjuk oleh pemberi wakaf.

Wakaf Khairi

Wakaf ini kebalikannya dengan wakaf ahli. Karena wakaf jenis ini bisa digunakan seluas-luasnya oleh masyarakat. Demikian pula dengan pengelolaannya. Contohnya adalah wakaf yang diberikan untuk membuat masjid, panti asuhan, sekolah dan sebagainya. Pengelola wakaf untuk jenis ini biasanya diserahkan kepada ahli yang menguasai bidang sesuai dengan penggunaan wakaf tersebut.

Manfaat Wakaf

Wakaf adalah salah satu jenis ibadah yang punya dua manfaat yaitu manfaat umum dan khusus.

Manfaat umum

Tujuan wakaf secara umum adalah untuk membentuk ikatan kerja sama, tolong menolong, berbagi kasih dan sayang kepada sesama umat Islam agar bisa hidup rukun dan damai. Selain itu wakaf juga bisa jadi alat pemersatu antar pemeluk agama Islam tanpa memandang perbedaan entah itu suku, budaya, bahasa warna kulit dan sebagainya.
Karena wakaf bersifat abadi, maka penggunaannya bisa dilakukan secara terus menerus. Demikian pula dengan manfaatnya yang bisa dirasakan selamanya tanpa mengenal batas waktu. Tidak peduli bagaimana jenis atau macam macam wakaf yang disumbangkan.

Tujuan khusus

Sebagaimana bentuk ibadah yang lain, macam macam wakaf juga punya tujuan khusus. Di antaranya adalah sebagai wujud dari ibadah untuk mencari keselamatan. Maksudnya adalah kita melakukan amal dengan alasan untuk mendapat keselamatan pada hari akhir nanti. Maka wakaf di sini berfungsi untuk keselamatan, mencari pahala serta untuk tujuan untuk penghapusan dosa.
Kemudian tujuan khusus yang lain misalnya adalah untuk menjaga apa yang telah kita dapatkan. Karena manusia punya nurani untuk selalu berusaha agar apa yang dimilikinya tetap ada terus. Entah itu milik pribadi atau warisan dari keluarga maupun orang tuanya. Dan agar harta milik pribadi atau warisan ini bisa tetap ada serta punya manfaat orang lain secara terus menerus maka disumbangkan dalam bentuk wakaf.
Ada lagi contoh tujuan wakaf secara khusus yang lain. Misalnya, seseorang merasa tidak mampu menjaga harta yang dimilikinya secara terus menerus. Maka agar harta tersebut bisa tetap aman sekaligus dapat berguna untuk orang lain khususnya umat Islam, maka diwakafkanlah harta tersebut kepada masyarakat atau badan pengelola wakaf.
Selain yang disebut dalam contoh di atas tentu masih ada alasan atau manfaat khusus wakaf yang lain, yang setiap orang ketika melakukan ibadah wakafnya pasti punya alasan tersendiri. Semoga info tentang macam-macam wakaf serta manfaatnya ini bisa mendorong kita untuk tidak perlu ragu lagi mewakafkan harta atau segalam macam yang kita miliki sebagai salah satu bentuk keimanan kita kepada Allah SWT.

Share:

admin

Halo, perkenalkan saya merupakan owner dari Terbaru Online. Silahkan kontak kami untuk bekerjasama melalui website ini

Leave a Reply