Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Macam Macam Shalat Sunnah Secara Lengkap

macam macam shalat sunnah

Macam Macam Shalat Sunnah – Shalat sebagai bagian dari rukun Islam. Tiap muslim, baik lelaki atau wanita, harus melakukan shalat untuk mereka yang sudah aqil baligh.

Perintah shalat langsung diberikan oleh Allah swt ke Nabi Muhammad saw saat malam isra mi’raj. Shalat jadi tiang agama. Bila shalatnya hancur, amalan lain juga tidak diterima Allah swt. Amalan pertama yang bakal diminta pertanggungjawaban di hari kiamat nantinya ialah shalat.

Shalat lima waktu hukumnya Wajib. Semestinya, tiap muslim melakukan shalat bukan hanya hanya menggugurkan kewajiban, tapi sebuah keperluan, baik rohani atau lahiriyahnya.

Setelah shalat wajib, ada shalat sunnah. Shalat sunnah ialah shalat yang dilaksanakan di luar beribadah shalat wajib. Kita juga disarankan untuk melakukan shalat sunnah. Shalat wajib seperti modal, sedang shalat sunnah ialah keuntungannya.

Macam Macam Shalat Sunnah

Shalat sunah juga mempunyai fadhilah atau faedah, bagus di dalam masalah dunia atau akhirat. Salah satunya fadhilahnya ialah dekatkan diri pada Allah dan jadikan aktornya disayangi Allah swt.

Shalat sunnah terbagi dalam beberapa jenis. Semua shalat sunnah itu pernah diilustrasikan dan dilaksanakan Nabi Muhammad saw sejauh hidupnya. Berikut sebagai beberapa macam shalat sunnah.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Shalat Sunnah Rawatib

Shalat sunnah rawatib ialah shalat sunnah yang dengan teratur dilaksanakan oleh Rasulullah saw, saat sebelum atau setelah shalat wajib. Shalat sunnah rawatib hukumnya ada yang muakkad (dekati harus tapi tidak harus) dan ghairu muakkad (lebih enteng dari muakkad).

Shalat Sunah Muakkad

Shalat qabliah (saat sebelum) zhuhur
Shalat ini dilaksanakan saat sebelum shalat zhuhur diawali. Jumlah rakaatnya bisa dua atau empat rakaat.

Shalat ba’diah (setelah) zhuhur
Shalat ini dilaksanakan sesudah shalat zhuhur. Jumlah rakaatnya bisa dua atau empat rakaat.

Shalat ba’diah (setelah) maghrib
Shalat ini dilaksanakan sesudah shalat maghrib. Jumlah rakaatnya sekitar dua rakaat.

Shalat ba’diah (setelah) isya
Shalat ini dilaksanakan sesudah shalat isya. Jumlah rakaatnya bisa dua atau empat rakaat.

Shalat qabliah (saat sebelum) shubuh
Shalat ini dilaksanakan saat sebelum shalat shubuh. Jumlah rakaatnya sekitar dua rakaat.

Shalat ba’diah (setelah) jumat
Shalat ini dilaksanakan sesudah shalat jumat. Jumlah rakaatnya bisa dua atau empat rakaat.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Shalat Sunnah Ghairu Muakkad

Shalat qabliah (saat sebelum) ashar
Shalat ini dilaksanakan saat sebelum shalat ashar. Jumlah rakaatnya dua atau empat rakaat.

Shalat qabliah (saat sebelum) maghrib
Shalat ini dilaksanakan saat sebelum shalat maghrib dan banyaknya dua rakaat.

Shalat qabliah (saat sebelum) isya
Shalat ini dilaksanakan saat sebelum shalat isya. Banyaknya dua, empat, atau enam rakaat.

Macam Macam Shalat Sunah Terkait Dengan Waktu

Shalat sunnah ini terkait sama waktu realisasinya. Shalat sunnah itu sebagai berikut.

Shalat Dhuha

Shalat ini dilaksanakan di saat dhuha, yakni di saat matahari keluar seputar jam 7.00 pagi sampai jam 11.00 siang. Jumlah rakaat shalat dhuha minimum dua rakaat. Rasulullah pernah mencotohkan shalat dhuha sampai delapan rakaat.

Shalat Tahajud

Shalat ini dilaksanakan di saat malam setelah isya sampai hadirnya waktu saat sebelum shubuh. Rasulullah biasa lakukan shalat tahajud sekitar sebelas rakaat. Delapan rakaat shalat tahajud dan tiga rakaat witir.

Shalat Tarawih

Shalat tarawih dilaksanakan saat malam hari setelah isya sampai hadirnya waktu saat sebelum shubuh. Shalat tarawih cuman ada di bulan Ramadhan. Jumlah rakaat shalat tarawih disamakan dengan kekuatan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Shalat Witir

Shalat witir umumnya ditangani saat malam hari dan jumlah rakaatnya harus ganjil. Waktu realisasinya setelah isya sampai tiba waktu saat sebelum tiba waktu shubuh.

Shalat Sunnah Terkait dengan Hari Raya

Shalat sunnah yang terkait dengan hari raya ialah shalat sunah idul fitri dan idul adha. Shalat sunnah idul fitri dikerjakan saat pagi hari tanggal 1 Syawal dan shalat sunnah idul adha dikerjakan saat pagi hari tanggal 10 Dzulhijah.

Banyaknya dua rakaat. Pada rakaat pertama, dilaksanakan takbir sekitar 7x sesudah takbiratul ihram dan pada rakaat ke-2 sesudah bangun dari sujud dilaksanakan takbir sekitar 5 kali. Sesudah shalat, diteruskan dengan khutbah. Penerapan ke-2 shalat ini bisa di masjid atau tanah lega.

Shalat Sunnah Terkait dengan Kepentingan Tertentu

Shalat sunnah yang terkait dengan kepentingan tertentu salah satunya sebagai ini.

Shalat Sunnah Hajat

Shalat ini dilaksanakan dengan keinginan supaya permintaan hajat/keperluannya diwujudkan Allah swt. Penerapan shalat hajat bisa dilaksanakan kapan pun selama tidak di saat terlarang. Jumlah rakaat shalat hajat minimum dua rakaat.

Shalat Istikharah

Shalat ini berperan untuk melepaskan diri dari ketidaktahuan dalam tentukan opsi pada suatu permasalahan. Opsi terbaik diberikan dan diserahkan ke Allah swt. Orang yang lakukan shalat ini sebaiknya memasrahkan diri ke Allah supaya apa yang diputuskan jadi opsi terbaik. Jumlah rakaat shalat ini minimum dua rakaat.

Shalat Tobat

Shalat ini mempunyai tujuan untuk meminta ampunan ke Allah swt atas semua tindakan dosa yang pernah dilaksanakan. Jumlah shalat tobat minimum dua rakaat.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Shalat Istisqa

Shalat ini mempunyai tujuan supaya Allah swt turunkan hujan di saat negeri dirundung kemarau panjang yang mengakibatkan sumber mata air jadi kering. Shalat ini dilaksanakan di atas lapangan secara berjemaah. Banyaknya sekitar dua rakaat. Usai shalat, imam khutbah dan berdoa menghadap kiblat.

Shalat Sunnah Terkait dengan Kejadian Tertentu

Shalat Tahiyatul Mushola

Shalat ini dilaksanakan di saat masuk mushola dan saat sebelum duduk. Banyaknya dua rakaat.

Shalat Sesudah Berwudhu

Sesudah berwudhu, bisa melakukan shalat sunnah ini. Shalat sunnah ini dilaksanakan saat sebelum lakukan shalat sunnah lainnya. Banyaknya dua rakaat.

Shalat Dua Gerhana

Shalat dua gerhana maknanya shalat sunnah yang dilaksanakan di saat terjadi gerhana matahari atau gerhana bulan. Shalat ini dilaksanakan secara berjemaah saat gerhana sedang terjadi.

Shalat gerhana dilaksanakan sekitar dua rakaat. Tiap rakaat bisa dilaksanakan 1x ruku, dua, tiga, empat, atau 5 kali ruku. Adapun sujudnya seperti umumnya.

Bila pada rakaat shalat gerhana dilaksanakan lebih satu kali ruku, tiap bangun dari ruku kembali membaca surat Al-Fatihah dan surat lain. Demikian pada ruku-ruku seterusnya sampai ruku yang paling akhir.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

You May Also Like

Business

Cara Menetaskan Telur Ikan Koi Dengan Mudah – Salah satu ide usaha yang bisa bertahan lama salah satunya yaitu budidaya ikan. Budidaya ikan koi...

Business

Sekarang tanaman porang mulai diminati oleh banyak petani karena komoditas baru ini tergolong mahal. Lalu bagaimana cara budidaya tanaman porang? Jenisnya apa saja? Serta...

Hobi

Mungkin tulisan ini bisa dikatakan sedikit usang, karena akan membahas definisi blog beserta manfaatnya. Tapi walaupun begitu, semoga tulisan ini bisa membantu bagi anda...

Business

Harga Dan Spesifikasi Lengkap, Makin Gahar!, Realme hari ini direncanakan melaunching hp terbaru yaitu Realme 8 dan Realme 8 Pro, Senin (29/3/2021). Realme menyebutnya...

Advertisement