Macam- Macam Pasar

Macam- Macam Pasar

  1. Bentuk pasar menurut sifat barang dan penyerahannya
  1. Pasar Konkret / Nyata

Pasar ini merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Dalam pasar nyata terdapat penjual, pembeli dan barang yang diperjualbelikan dalam suatu tempat.

  1. Pasar Abstrak

Adalah proses interaksi (hubungan timbal balik) yang dilakukan penjual dan pembeli dalam rangka mencapai kesepakatan harga dan barang (output) yang akan diperjualbelikan.

  1. Menurut jenis barang yang diperjualbelikan

1)          Pasar Barang Konsumsi

Yaitu tempat untuk memperjualbelikan barang-barang konsumsi. Contohnya : barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti sayur mayur, dll.

2)          Pasar Barang Produksi

Adalah tempat untuk memperdagangkan faktor-faktor produksi. Contohnya : mesin-mesin produksi, alat pertanian dan alat transportasi.

2.4  Fungsi Pasar

  1. Fungsi Distribusi

Pasar berfungsi sebagai distribusi maksudnya memudahkan proses pendistribusian dari produsen ke konsumen. Contohnya jika kita ingin membeli beras, kita tinggal pergi ke  pasar tanpa harus langsung ke pabrik beras.

 

  1. Pasar sebagai pembentuk harga

Di pasar terdapat penjual yang menawarkan barang-barang atau jasa kepada pembeli.. Pembeli yang membutuhkan barang atau jasa akan berusahan menawar harga dari penjual tersebut. Setelah terjadinya kesepakatan, maka terbentuklah harga. Oleh sebab itu Pasar berfungi sebagai pembentukan harga

  1. Pasar sebagai sarana promosi

Pasar sebagai sarana promosi maksudnya pasar memudahkan produsen untuk mempromosikan barang atau jasa yang akan dijualnya kepada konsumen.

sumber :