Letak Astronomis Amerika Serikat

Terbaru.co.id — Letak Astronomis Amerika Serikat. United States of America atau Amerika Serikat merupakan negara republik federal konstitusional yang terdiri atas lima puluh negara bagian dan distrik federal. Negara ini sebagian besar terlatak di Amerika Utara bagian tengah, di mana empat puluh delapan negara jaraknya berdekatan dengan ibukota distrik, Washington DC, yang terletak di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik.
Negara ini berbatasan dengan Kanada di utara dan Meksiko di Selatan. Negara bagian Alaska terlatak di barat laut Benua Amerika dengan Kanada di timur dan Rusia di barat melintasi Selat Bering. Negara bagian Hawaii merupakan kepulauan di tengah Samudera Pasifik. United States of America juga memiliki beberapa wilayah di Karibia dan Pasifik. Berikut adalah letak astronomis Amerika Serikat.

Letak Astronomis Amerika Serikat – Deskripsi Topografi

Ciri-ciri topografis Amerika yang dominan cenderung meluas ke utara-selatan melintasi negara ini. Daerah pedalamannya berupa dataran rendah yang luas, membentang dari Teluk Meksiko sampai perbatasan Kanada dan selanjutnya ke Alaska. Para ahli geografi yang menaruh minat pada pengembangan bentuk wilayah, memperhitungkan bentangan dataran yang luas ini dan secara bertahap membagi wilayah perbukitan menjadi tiga kawasan fisiografis yang berbeda. Dataran pesisir Atlantik dan Teluk, dataran rendah pedalaman (sebagian terbagi menjadi Great Plains dan dataran pedalaman), dan wilayah yang disebut dengan Perisai Kanada (Canadian Shield).
Dataran pesisir Atlantik dan Teluk membentang sampai ke utara menyusuri pantai timur Amerika sejauh batas bagian selatan New England. Daerah ini ditutupi oleh hamparan batuan yang muda, lunak, mudah terkikis, yang mengendap pada masa geologi ketika pasang surut lautan menyapu daratan ini. Dataran yang rendah ini meluas di bawah permukaan laut membentuk dangkalan benua (continental shelf) yang dapat meluas sampai sejauh 400 km melampaui pantai.
Ke arah utara, dataran rendah pedalaman, meskipun jelas lebih berbukit daripada daerah pesisir, hampir tidak memiliki daerah terjal.
Kawasan ini mirip sebuah piringan, melengkung ke atas di tepi-tepinya dan ditutupi oleh serangkaianbatuan sedimen. Lapisan sedimen ini umumnya rata. Kebanyakan variasi topografis adalah akibat dari pengikisan lokal atau di wilayah utara karena bekas runtuhan gletser yang mengendap pada masa Zaman Es.

Struktur Geologis

Struktur geologis Great Plains sedikit berbeda dari struktur dataran pedalaman. Lapisan sedimennya mendominasi, meskipun di bagian utara sedimen ini dipotong oleh bukit-bukit yang terkikis, yang paling terkenal adalah Black Hills di bagian barat South Dakota. Di samping nyaris mendatar, lapisan sedimen ini secara halus menukik ke arah barat ke suatu cekungan di kaki Pegunungan Rocky, tempat kota-kota Colorado di Denver dan Colorado Springs berada.
Perbatasan antara Great Plains dan wilayah daratan pedalaman ditandai oleh serangkaian lereng gunung yang rendah yang menunjukkan tepi bagian timur dari kulit sedimen yang mengelupas, terkikis dari Pegunungan Rocky yang menutupi dataran ini.
Sifat daerah dataran rendah pedalaman yang luas membentang ini berpengaruh besar pada sejarah ekonomi dan pemukiman Amerika. Di samping memiliki potensi besar dalam pertanian, separuh negara ini dapat dilalui tanpa melalui hambatan topografi yang berarti bagi perlintasan ini. Hal ini memperlancar integrasi kawasan ini dengan daerah barat yang jauh menjadi jantung ekonomi negara ini.
Hampir semua dataran rendah pedalaman diairi oleh Sungai Mississippi atau oleh anak-anak sungainya. Pola pengaliran ini membantu penyatuan regional dengan menyediakan sarana pengangkutan dan ekonomi untuk daerah di sebelah barat Pegunungan Appalachia.
Di sebelah utara dan timur laut dari dataran rendah bagian tengah adalah Canadian Shield. Di sini batuan tua dan batuan kristalin terhampar di permukaannya. Lebih jauh ke selatan di dataran rendah ini, batuan-batuan yang serupa diselimuti oleh lapisan sedimen yang diendapkan di bawah laut yang dulu pernah memenuhi irisan tengah negara ini. Pengikisan telah merontokkan permukaan perisai ini menjadi dataran rendah yang terdiri atas relief lokal kecil.
Perisai ini lebih dari kawasan fisiografi Amerika Utara lainnnya. Bentuk daratannya telah dicetak ulang dan dibentuk oleh gletser kontinental raksasa selama jutaan tahun terkahir. Gletser ini meliputi sebagian besar wilayah Kanada di sebelah timur Pegunungan Rocky dan Coast Rangers. Gletser ini mencapai arah selatan kira-kira di lembang-lembah Missouri dan sungai-sungai Ohio.
Es dapat merontokkan batu berbobot beberapa ton dari permukaannya dan memindahkannya jauh-jauh. Batuan-batuan besar yang terkikis arus gletser tersebar melintasi lanskap daerah perisai ini, menghunjam di tempat dijatuhkannya oleh gletser. Es mencair di sepanjang keliling gletser membentuk sungai-sungai besar dan mencapi lintasn baru menuju ke laut.
Glasiasi mengikis sebagian besar permukaan Perisai ini. Kini, lapisan tanah yang menutupi kawasan tersebut tetap tipis atau bahkan lenyap. Reruntuhan pola pengaliran yang rusak berat, menghalangi sejumlah besar aliran dan menggiring aliran lainnya ke daerah labirin menuju danau dan ke rawa-rawa alih-alih menuju laut. Minnessota bagian tengah dan utara, misalnya yang disebut “Daratan dengan 10.000 danau,” adalah bagian dari sisi selatan perisai yang tertutup gletser yang meluas ke negara-negara bagian Minnesota, Michigan, dan Wisconsin.

Share:

admin

Halo, perkenalkan saya merupakan owner dari Terbaru Online. Silahkan kontak kami untuk bekerjasama melalui website ini

Leave a Reply