Lembu Sahabat Manusia

Table of contents: [Hide] [Show]

Terbaru.co.id — Adik-adik pernah mendengar hewan yang bernama lembu? Kalau terasa asing, bagaimana dengan sapi? Pasti adik-adik sangat kenal dengan hewan satu ini.
Lembu itu sebenarnya adalah nama lain untuk sapi. Hanya saja kita lebih sering menggunakan istilah sapi daripada lembu.

Hewan Sahabat Kita

Lembu merupakan hewan yang banyak membantu kita. Misalnya membantu para petani membajak sawah atau mengangkut beban yang berat. Peran lembu yang paling besar adalah menghasilkan makanan untuk santapan kita sehari-hari. Daging lembu sangat lezat dibuat berbagai masakan seperti bakso, rendang, juga gulai.
Bahkan lidah, hidung, dan ekor lembu dapat dibuat menjadi masakan enak. Lidah dan ekor lembu bisa dibuat menjadi gulai. Sedangkan hidungnya dapat menjadi rujak cingur.
Satu bahan makanan dan minuman yang sangat kita gunakan dari lembu adalah susu. Susu segar dari lembu dapat kita minum secara langsung ataupun dibuat menjadi aneka makanan lezat.
Es krim, permen, coklat, dan kue-kue adalah sebagian makanan yang salah satu bahan bakunya susu. Dan uniknya lagi, kotoran lembu juga bermanfaat untuk dijadikan pupuk, lho. Hebat ya, si lembu.

Keunikan Lembu

Tahukah adik-adik bahwa lembu memiliki semacam alat penunjuk arah atau kompas dalam tubuhnya. Lembu sangat tahu arah utara dan selatan. Hal ini dapat kita lihat ketika lembu sedang beristirahat. Mereka cenderung mengarahkan tubuhnya ke utara dan selatan.
Selain itu, lembu juga sangat dihormati oleh umat agama Hindu. Lembu adalah simbol ibu pertiwi yang memberikan kesejahteraan pada umat manusia. Namun, perlu diingat bahwa umat Hindu hanya menghormati sapi, bukan memuja layaknya dewa.
Maka dari itulah, sebagian besar umat agama Hindu, pantang makan daging lembu. Tidak heran pula jika kita menemukan banyak gambar atau ukiran bentuk lembu pada peninggalan kebudayaan Hindu.
Sebuah penelitian juga menghasilkan fakta yang sangat menarik. Urin atau air kencing lembu ternyata mengandung semacam zat antiseptik guna mengobati beragam jenis penyakit. Wah, hebat sekali ya si lembu teman kita ini.

Mengamati Lembu

Lembu saat ini merupakan keturunan dari jenis sapi liar yang dikenal sebagai Auerochse atau Urochse, yang telah punah. Meskipun di pasaran kita menemukan beberapa jenis lembu atau sapi, namun semuanya dikelompokkan dalam satu jenis saja.
Adik-adik bisa mengamati lembu-lembu tersebut saat hari raya Idul Adha! Umat Islam sering menggunakan lembu sebagai hewan kurban. Lembu disembelih dan dagingnya dibagikan pada orang yang tidak mampu. Sebelum disembelih, lembu akan diperiksa terlebih dahulu kondisi kesehatannya agar daging lembu aman dikonsumsi. Ayo, siapa yang mau bantu memeriksa kesehatan si lembu?

Share:

admin

Halo, perkenalkan saya merupakan owner dari Terbaru Online. Silahkan kontak kami untuk bekerjasama melalui website ini

Leave a Reply