Lapisan Pada Kabel Fiber Optik

Lapisan Pada Kabel Fiber Optik

Lapisan Pada Kabel Fiber Optik

Lapisan Pada Kabel Fiber Optik
Lapisan Pada Kabel Fiber Optik
  • Inti

Pada bagian ini jenis  serat kaca sangat berpengaruh pada kualitas kabel fiber Optik tersebut. Diameter inti serat optik memiliki ukuran yang berbeda- beda. biasanya besar dari inti kabel Fiber Optik adalah sebesar rambut manusia. selain itu inti dari kabel fiber optik juga sangat berbahaya jika terkena kulit secara langsung karena bisa masuk kedalam pori – pori dan akan memecahkan pembuluh darah sehingga menyebabkan kematian.

  • Cladding

Untuk bagian ini  komponen terbuat dari kaca yang memiliki fungsi sebagai pelindung inti fiber optik. bagian ini juga sebagai jaket clandding . selain itu clandding juga berfungsi memancarkan cahaya  dari luar kepada inti.

  • Coating

lapisan ini sering kita sbut dengan mantel, Berbeda dengan inti dan clandding yang terbuat  dari kaca. untuk lapisan ini terbuat dari bahan plastik. fungsi dari mantel ini adalah untuk melindungi gangguan dari luar seoerti lengkungan kabbel dan kelembaban udara yang dapat mengakibatkan kerusakan pada lapisan dalam. Setiap mantel memiliki warna yang berbeda – beda , tujuannya adalah agar mudah dalam penyusunan urutan core.

  • Strength Member  & Outer Jacket.

Pelindung Utama berawal  dari lapisan ini. lapisan imi merupakan lapisan terluar dari kabel Fiber Optik, fungsinya adalah melindungi inti  dari gangguan secara langsung.

Sumber: https://www.kuliahbahasainggris.com/