Connect with us

Hi, what are you looking for?

Business

Lapisan Pada Kabel Fiber Optik Apa Saja?

Lapisan Kabel Fiber Optik

Sekarang ini, Lapisan Pada Kabel Fiber Optik sering dipakai oleh beberapa penyuplai pelayanan internet dan telekomunikasi untuk mengirim gambar, pesan suara dan data. Komunikasi dengan memakai Kabel Fiber optik ini pada intinya sebagai tehnik transmisi data dari 1 posisi ke posisi yang lain dengan pulsa sinar.

Kabel yang dibuat dari plastik atau kaca ini bisa mentransmisikan data dengan cepat dan efisien jika dibanding dengan kabel tembaga biasanya.

Kabel-kabel Fiber Optik atau Serat Optik ini sudah mainkan peran penting dalam industri telekomunikasi khususnya dalam soal transmisi data dan diprediksi akan gantikan kabel tembaga sebagai media transmisi khusus di masa datang.

Pengertian Kabel Fiber Optik

Fiber Optik atau dengan bahasa Inggris disebutkan dengan Optical Fiber atau Fiber Optics ialah tipe kabel yang dibuat dari serat kaca atau plastik lembut yang bisa mentransmisikan signal sinar dari 1 tempat ke tempat yang lain.

Diameter kabel fiber optik biasanya memiliki ukuran seputar 120 mikrometer. Sedang Sumber sinarnya bisa berbentuk cahaya Laser atau cahaya LED.

Keuntungan-keuntungan memakai Kabel Fiber Optik sebagai media transmisi salah satunya ialah tingginya bandwidth yang dipunyainya, tidak rawan pada masalah (interference) jika dibanding dengan kabel tembaga, lebih tipis dan enteng dan bisa mentransmisikan data berbentuk digital.

Lapisan Pada Kabel Fiber Optik

Setelah mengetahui pengertian dari kabel optik, sekarang terbaru.co.id akan membeberkan bagian dari lapisan pada kabel fiber optik.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Inti

Pada bagian ini jenis  serat kaca sangat berpengaruh pada kualitas kabel fiber Optik tersebut. Diameter inti serat optik memiliki ukuran yang berbeda- beda.

Biasanya besar dari inti kabel Fiber Optik adalah sebesar rambut manusia. selain itu inti dari kabel fiber optik juga sangat berbahaya jika terkena kulit secara langsung karena bisa masuk kedalam pori – pori dan akan memecahkan pembuluh darah sehingga menyebabkan kematian.

Cladding

Untuk bagian ini  komponen terbuat dari kaca yang memiliki fungsi sebagai pelindung inti fiber optik. bagian ini juga sebagai jaket clandding . selain itu clandding juga berfungsi memancarkan cahaya  dari luar kepada inti.

Coating

Lapisan ini sering kita sbut dengan mantel, Berbeda dengan inti dan clandding yang terbuat  dari kaca. untuk lapisan ini terbuat dari bahan plastik. fungsi dari mantel ini adalah untuk melindungi gangguan dari luar seoerti lengkungan kabbel dan kelembaban udara yang dapat mengakibatkan kerusakan pada lapisan dalam. Setiap mantel memiliki warna yang berbeda – beda , tujuannya adalah agar mudah dalam penyusunan urutan core.

Strength Member  & Outer Jacket

Pelindung Utama berawal  dari lapisan ini. lapisan imi merupakan lapisan terluar dari kabel Fiber Optik, fungsinya adalah melindungi inti  dari gangguan secara langsung.

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

Jangan Terlewatkan

Advertisement