Kurang Memperhatikan Sektor Luar Negeri

Kurang Memperhatikan Sektor Luar Negeri

Dalam analisis makroekonomi penanaman modal oleh para pengusaha dipandang sebagai faktor terpenting yang menentukan tingkat kegiatan ekonomi; sedangkan sektor luar negeri dipandang tidak memegang peranan sepenting seperti penanaman modal.Di banyak negara berkembang keadaan yang sebaliknya yang lebih banyak berlaku. Sektor luar negeri lebih besar pengaruhnya daripada kegiatan penanaman modal dalam menentukan  gelombang naik turunnya tingkat kegiatan ekonomi.

 Dari sudut ekspor, keadaan ini terutama ditimbulkan oleh salah satu atau gabungan dari kedua faktor berikut: (i) persentase ekspor dari seluruh pendapatan nasional pada umunya lebih tinggi daripada persentase tingkat penanaman modal; dan (ii) di banyak negara berkembang sebagian besar barang – barang ekspor merupakan bahan mentah, di mana dua atau tiga jenis bahan tersebut merupakan bagian besar dari keseluruhan ekspor. Seperti telah dijelaskan, faktor yang kedua ini menyebabkan di negara berkembang jumlah penerimaanekspor cenderung untuk mengalami perubahan yang lebih besar kalau dibandingkan dengan pendapatan ekspor di negara maju.

Dari sudut impor, negara berkembang sangat tergantung kepada negara yang lebih maju dalam melaksanakan pembangunan dan industrialisasi.Sebagian besar barang modal untuk keperluan itu harus diimpor. Maka maju mundurnya kegiatan pembanguan sangat dipengaruhi oleh tersedianya devisa  untuk mengimpor barang – barang tersebut dan bahan – bahan mentah untuk keperluan pembangunan.

Dengan demikian, baik dipandang dari sudut ekspor maupun dipandang dari sudut impor, terdapat kekuatan-kekuatan yang menyebabkan perekonomian menghadapi keadaan naik turun yang lebih besar dalam kegiatannya dari masa ke masa.Fluktuasi ini jauh lebih serius dari fluktuasi kegiatan ekonomi yang ditimbulkan oleh perubahan-perubahan dalam jumlah penanaman modal yang dilakukan oleh para pengusaha.

sumber :

https://radiomarconi.com/