Kronologi Separasi Bayi Kembar Siam Asal Kendari dan Doa dari Sang Ayah

Kronologi Separasi Bayi Kembar Siam Asal Kendari dan Doa dari Sang Ayah

Kronologi Separasi Bayi Kembar Siam Asal Kendari dan Doa dari Sang Ayah

RSUD Dr Soetomo Surabaya kembali menjadi sorotan karena berhasil menyelesaikan operasi kembar siam dempet dada perut atau yang dalam dunia medis disebut thoraco abdominus phagus.

Bayi mungil berusia 17 bulan yang menjadi pasien ke 99 Kembar Siam RSUD Dr Soetomo tersebut adalah Akila Dewi Syabila dan Azila Dewi Sabrina, putri dari pasangan Jayasrin dan Selviana Dewi asal Kendari. Bayi Akila dan Azila pertama kali dikenalkan ke publik oleh Tim Kembar Siam RSUD Dr Soetomo pada Jumat (2/8/2019) lalu.

Dr Agus Hariyanto SpA K Ketua Tim Kembar Siam mengatakan bahwa

sebelum menjalani penanganan tingkat lanjut di RSUD Dr Soetomo, Akila dan Azila telah menjadi pasien yang dipantau oleh tim Kembar Siam RSUD Dr Soetomo, khususnya Dr Agus.

“Selama ini sejak dari awal kehamilan, kelahiran hingga sebelum dibawa kesini (RSUD Dr Soetomo, red), Akila dan Azila sudah dalam pantauan. Saya sering ke Kendari untuk lakukan observasi dan assessment,” ujar Dr Agus.

Menurut penuturan Selviana Akila dan Azila sendiri telah diketahui dalam kondisi kembar siam saat kandungan usia 4 bulan. Sehingga hingga kini, bayi Akila dan Azila selalu dalam pantauan yang cukup ketat.

Pada Senin (5/8/2019) Akila dan Azila mendapat kunjungan istimewa dari

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Khofifah datang untuk memberikan dukungan, semangat dan doa atas kesuksesan operasi separasi. Ia juga turut mengusahakan adanya Spesial Support dari BPJS untuk penanganan medis terbaik Akila dan Azila.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Dirut BPJS untuk mendapatkan spesial

support dalam penanganan kembar siam terkait pemenuhan kebutuhan yang harus dilakukan oleh rumah sakit,” ujar Khofifah kepada beritajatim.com saat itu.

 

Baca Juga :